News
Batal
KATEGORI
link has been copied
161
Lapor Hansip
16-06-2021 19:10

Satelit RI Disusupi Mata-mata, Pemerintah Diminta Segera Bertindak

Satelit RI Disusupi Mata-mata, Pemerintah Diminta Segera Bertindak

Ketua DPD RI, AA La Nyalla Mahmud Mattalitti menaruh perhatian pada laporan Badan Intelijen Negara (BIN) yang menyebut banyaknya peralatan negara ditempeli satelit mata-mata asing. Adapun La Nyalla meminta pemerintah untuk segera mengambil tindakan. Salah satunya, mengganti semua peralatan negara yang disusupi satelit mata-mata.


"Ini bukan persoalan sepele. Harus mendapat perhatian serius dari pemerintah dan perlu ada evaluasi menyeluruh terhadap seluruh sistem maupun peralatan negara karena ini menyangkut ketahanan nasional," tutur La Nyalla dalam keterangannya, Rabu (16/6/2021).

Dia juga menambahkan, diperlukan pengecekan terhadap seluruh peralatan ketahanan negara sesegera mungkin sebagai antisipasi terjadinya kebocoran data. Untuk itu, dia meminta BIN merinci peralatan mana saja yang sudah disusupi pihak asing.

"BIN satu-satunya institusi yang kedudukannya sebagai 'State Intelligence' perlu menyampaikan informasi detail mengenai peralatan-peralatan yang dijadikan mata-mata asing tersebut," tuturnya.

La Nyalla juga meminta BIN bekerja sama dengan instansi terkait agar masalah penyusupan mata-mata asing ini bisa ditangani dengan sebaik mungkin. Termasuk dengan TNI sebagai penjaga pertahanan negara.

"Kita harus duduk bersama untuk mengatasi persoalan ini. Jangan sampai ada ego sektoral yang akhirnya justru merugikan dan mengancam ketahanan nasional yang akan berdampak terhadap kehidupan bangsa," tegas La Nyalla.

Mantan Ketua Umum PSSI ini berharap pemerintah menanggapi serius permintaan BIN agar Indonesia bisa memiliki satelit sehingga tidak bergantung kepada satelit pihak lain yang akhirnya menyebabkan kebocoran. La Nyalla menilai, perlu ada peran serta dari jajaran akademisi dan berbagai instansi yang berhubungan dengan teknologi.

"Sudah saatnya Indonesia memiliki teknologi sendiri untuk menjamin keamanan setiap data yang kita miliki. Ini harus menjadi kebijakan pemerintah, apalagi Indonesia kini sudah memiliki BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional)," tegasnya.

La Nyalla mengimbau masyarakat untuk tenang. Dia juga mengingatkan supaya persoalan adanya mata-mata asing tidak dijadikan pro dan kontra.

"Kita harus berpegangan tangan, bersatu untuk bisa sama-sama menyelesaikan persoalan kemungkinan adanya kebocoran data. Tidak perlu saling menyalahkan, tapi mari kita cari solusi bersama demi tegaknya kedaulatan negara tercinta," kata La Nyalla. 

Diubah oleh kaskus.infoforum
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 18 lainnya memberi reputasi
17
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Satelit RI Disusupi Mata-mata, Pemerintah Diminta Segera Bertindak
16-06-2021 19:58
Beneran ga nih??.. emoticon-Malu (S)

Masa gw mau nanya link gisel versi longdur aja mesti nanya ke CIA ato mossad??.. emoticon-Mad (S)

emoticon-Blue Guy Bata (L)

Lagipula indo ga perlu gentar.. Selama si mbah S-60 masih bisa konak.. Satelit mata2 pun akan dg mudah d tembak jatuh.. emoticon-Malu (S)

Satelit RI Disusupi Mata-mata, Pemerintah Diminta Segera Bertindak

emoticon-Ngacir

emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr9
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
profile picture
kaskus geek
16-06-2021 20:23


setdah ... bisa konak emoticon-Wakaka
3
profile picture
kaskus geek
16-06-2021 21:11
Astajiim ..

S60 msh ada yaaa ..

Bukannya kita sdh punya rudal nasams



emoticon-Traveller
3
profile picture
kaskus addict
16-06-2021 21:24
@Likpaimin si mbah itu gada matinya.. emoticon-Malu (S)

Satelit RI Disusupi Mata-mata, Pemerintah Diminta Segera Bertindak


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
5
profile picture
kaskus geek
16-06-2021 21:30
Pakai app Android?
3
profile picture
kaskus geek
16-06-2021 21:49
@valkyr9

Yooi ..
Sdh diupgrade mbahnya

Layar lcd type gorilaglass
Ram 6
Os android terbaru


emoticon-Traveller

6
profile picture
aktivis kaskus
16-06-2021 22:06
Wuih pajang poto mbah di mari. Mbah masih sakti kok. S60 @100biji rasanya udah kayak pantsir kok emoticon-Recommended Seller
4
profile picture
kaskus maniac
17-06-2021 09:03
ente gak takut kualat ? lagian ko dijejerin 5 bisa jd s-300
4
profile picture
kaskus addict
17-06-2021 13:03
emoticon-Ngakak
bangke antara ngakak atau sedih ini mah
2
profile picture
17-06-2021 16:44
si mbah kasian yak, ga pensiun2.
1
profile picture
kaskus geek
17-06-2021 16:58
S-60 bisa menjatuhkan satelit, F22, F35, Sukhoi, dll....






kalo kena...emoticon-Ngacir
2
profile picture
kaskus addict
17-06-2021 17:00
Simbah setroooonnkkkk
1
profile picture
kaskus addict
17-06-2021 17:01
@jagotorpedo The power of darto alias radar moto.
3
profile picture
kaskus geek
17-06-2021 19:24
Jir msh punya aj yg analog emoticon-Hammer2
2
profile picture
kaskus addict
17-06-2021 20:32
@ruuuruuu anti jamming dan anti EMP.. emoticon-Malu (S)

Persiapan perang cyber dan nuklir dong ah.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngacir

emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
1
profile picture
kaskus addict
19-06-2021 00:42
@valkyr9 @ruuuruuu Alatnya sih kebal serangan pernikaodern macam jamming, ECM...tp operatornya pake pernika gaib tetep nyungsep alias disantet 😂
0
Memuat data ...
1 - 15 dari 15 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia