News
Batal
KATEGORI
link has been copied
47
Lapor Hansip
15-06-2021 10:59

Pendekatan Indonesia ke Israel Perlu Diubah Jika Ingin Bantu Palestina Lebih Jauh

Pendekatan Indonesia ke Israel Perlu Diubah Jika Ingin Bantu Palestina Lebih Jauh

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia disarankan untuk melakukan terobosan pendekatan jika ingin membantu menyelesaikan konflik Israel-Palestina dengan pemerintahan baru Israel. Terlebih mengingat cara lama Indonesia terbukti tidak efektif.

“Cara-cara yang dipakai Indonesia sejak 1948 terbukti tidak efektif, sudah mentok bahkan. Karena kekuatan Palestina sebagai suatu entitas politik pun makin tercerai berai,” ujar Dinna Prapto Raharja, Praktisi dan Pengajar Hubungan Internasional kepada Kompas.com pada Senin (14/6/2021).

Menurutnya, membangun hubungan dengan Israel menjadi suatu hal yang tidak terhindarkan saat ini.


Adapun dalam kenyataannya, sudah bertahun-tahun Indonesia dan negara-negara pesaing di Asia, menggunakan produk dan teknologi Israel yang memang terdepan di tingkat global.

Falam kenyataannya juga, menurut pandangan ahli membuka hubungan diplomatik tidaklah sama dengan mengakui, bahwa tindakan Israel kepada Palestina adalah benar.

“Hubungan diplomatik itu ada banyak dimensi, yang penting adalah kita punya strategi jelas, sigap dan taktis,” ujar Dinna yang juga pendiri Synergy Policies.


Posisi Indonesia dalam konflik Israel Palestina saat ini juga dinilai bisa lebih berpengaruh dan berpotensi mampu menekan "Negeri Zionis", yang kini dibawah pemerintahan Perdana Mentri baru Israel Naftali Bennett.

Hal itu terlihat dari sejumlah faktor seperti kondisi neraca perdagangan Israel yang defisit dengan Indonesia dan negara-negara ASEAN. Artinya, Indonesia memiliki keunggulan tertentu yang bisa dijadikan kekuatan untuk menekan Israel.

Selain itu, pasca terpilihnya pemerintahan baru Israel saat ini, kondisi di dalam “Negeri Zionis” sedang koyak persatuannya.

Masuknya kubu Arab ke koalisi pemerintah, dikhawatirkan justru membuat mereka kehilangan alasan untuk berbeda pendapat dengan kubu-kubu partai kanan di dalam Israel.

Faktor ketiga yang bisa menguatkan posisi Indonesia adalah karena Liga Arab dan OKI terbukti tidak bisa mengangkat isu Israel-Palestina. Apalagi saat ini, perekonomian mereka tertekan akibat Covid-19 dan kegagalan melakukan diversifikasi ekonomi.

“Indonesia bisa menjadi kekuatan alternatif di luar negara-negara Arab itu,” terang Dinna.

Jika serius membantu Palestina lebih jauh, Indonesia menurutnya sudah punya jalur untuk berinteraksi dengan berbagai pemangku kepentingan di dalam Israel dan Palestina.

Terlebih ketika jalur komunikasi, ekonomi dan politik dibuka.

“Indonesia juga punya alasan untuk lebih sigap dan akuntabel tentang perjuangan membela Palestina, dibandingkan kalau pasif saja seperti sekarang.”


https://www.kompas.com/global/read/2...page=all#page2

The definition of insanity is.. doing the same thing over and over.. and expecting different results.

--Albert Einstein--


Quote:“Cara-cara yang dipakai Indonesia sejak 1948 terbukti tidak efektif, sudah mentok bahkan. Karena kekuatan Palestina sebagai suatu entitas politik pun makin tercerai berai,”ujar Dinna Prapto Raharja, Praktisi dan Pengajar Hubungan Internasional kepada Kompas.com pada Senin (14/6/2021).

Menurutnya, membangun hubungan dengan Israel menjadi suatu hal yang tidak terhindarkan saat ini.




emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr9
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Pendekatan Indonesia ke Israel Perlu Diubah Jika Ingin Bantu Palestina Lebih Jauh
15-06-2021 11:30
Tidak ada solusi dua negara.
Tidak ada negara Israel.
Yang ada hanya negara Palestina, yang isinya orang orang Palestina dan imigran illegal Yahudi / Israel.

Fakta sejarah tak terbantahkan, tidak ada wilayah bernama Israel sebelum tahun 1948 di permukaan bumi ini, apa lagi di Timur Tengah, apa lagi di Palestina.

Israel tak lebih dari imigran illegal, pendatang haram di Palestina, sejak awal 1900an, kemudian merampok mengagressi tanah wilaya palestina, Israel membunuh dan mengusir orang Palestina dari Palestina dengan bantuan dan dukungan Inggris dan AS, kemudian mendirikan negara haram illegal Israel.

Negara haram illegal Israel harus batal dan bubar demi hukum, kemanusiaan dan demokrasi. Negara haram illegal Israel tak memiliki legal standing, baik dari sisi historis maupun dari sisi wilayah.

Saat ini Israel sedang menjalankan politik dan kebijakan biadab di Palestina, bernama politik apartheid.

Soekarno, sebagai salah satu Founding Father Indonesia, menolak Israel, mendukung penuh Palestina, bahkan atas perintah Soekarno, Timnas Indonesia menolak bertanding melawan Israel. Padahal kalo tanding, bisa dibantai dan dihancurkan itu tim negara haram illegal Israel.

Indonesia, sesuai UUD’45, mendukung penuh Palestina, menolak Israel, seperti yang tercantu dalam pembukaan UUD,45, seperti yang dilakuin oleh Soekarno.

Orang Indonesia yang dukung Israel, adalah pengkhianat bangsa, anjing penjilat penjajah, sebaiknya hengkang aja dari Indonesai, tinggal aja di bulan atau Mars dengan bantuan tehnologi Israel yang dibangga banggain itu.

Tidak ada damai dengan negara haram illegal Israel biar seluruh orang Palestina terusir dari Palestina, karena kebiadaban negara israel.

Tidak ada damai dengan negara haram illegal Israel, tapi bisa berdamai dengan Israel hidup dalam satu Negara bernama Negara Palestina.
profile-picture
profile-picture
Mistaravim dan valkyr9 memberi reputasi
1 1
0
Memuat data ...
profile picture
kaskus geek
16-06-2021 15:25
@The.Lord.of.Uni ngebacot modal kencing onta lagi emoticon-Wakaka orang yahudi pny sejarah ribuan tahun tinggal disitu, sebelum berdiri israel modern sdh ada 3 suku asli yahudi disana (9 lainnya mnyebar di belahan dunia lain), sementara suku bangsa filistin (asalnya jg dr bangsa2 eropa sekitar mediterania) itulah orang "palestina" asli, orang arab baru kemudian datang ke sana emoticon-Wakaka
-1
profile picture
kaskus holic
16-06-2021 23:16
@The.Lord.of.Uni @tukangbeling7

Ada yang ga bisa bedain Filistin (Philistine) sama Palestina (Palestine).

Filistin sudah hancur oleh invasi Nebukadnezzar II dari Babylonia. Dia juga turut menguasai Israel pada masa itu.

Palestina sekarang etnicity nya sudah Arab, bahasa resminya saja bahasa Arab.
0
profile picture
kaskus maniac
17-06-2021 08:09
@angopmaksimal
Juri?, tak perlu juri, cukup liat fakta sejarah.

Dari semenjak jaman Yesus, sampe tahun 1948, tak ada wilayah bernama Israel di permukaan bumi ini, apa lagi di Timur Tengah, apa lagi di Palestina.

Israel melakukan imigrasi ke Palestina secara besar besaran sejak awal 1900-an.

Tragedi Nakba, adalah sejarah kebiadaban Israel yang membunuh dan mengusir orang Palestina dari Palestina atas dukungan Inggris dan AS. Gimana mungkin, Ingris dan AS, yang ngaku bangsa beradab, pejuang HAM dan Demokrasi, kok dukung negara haram illegal biadab Israel yang barbar dan barbarianisme.

Itu fakta sejarah, udah cukup untuk membuktikan bahwa negara Israel memang harus bubar dan batal demi nilai nilai kemanusiaan dan demokrasi.

Soekarnoa, presiden pertama, salah satu Founding Fahter Indonesia, pun menolak Israel dan dukung Palestina.

Lha, elu siapa?, lebih hebat dari Soekarno?

Kok bisanya dukung negara haram illegal biadab Israel barbar barbarianisme.
0
profile picture
kaskus maniac
17-06-2021 08:32
@tukangbeling7
woi, orang Arab datang ke Palestina, mereka nggak ngusir orang Palestina, apa lagi membunuh. mereka berasimilasi, jadi orang Palestina, mereka nggak diriin negara Arab.

beda dengan pendatang haram, imigran illegal Israel, tak berasimilasi sama sekali, jalankan kebijakan apartheid, dirikan negara haram illlegal biadab Israel.

yang udah jelas babr bar dan barbarianisme begitu, kok masih aja elu dukung?
itu lah akibatnya kalo elu udah termakan dogma "tanah perjanjian" dan "bangsa pilihan", bangsa barbar dan barbarianisme pun elu dukung.
0
profile picture
kaskus maniac
17-06-2021 08:38
@tukangbeling7 @jaguarxj220
woi cui, Palestina tetep Palestina, orang Arab datang, nyebarkan Islam, berasimilasi, jadi bangsa Palestina, dan akhirnya pake bahasa Arab.

Sebelum masuk Islam ke Palestina, Palestina itu dijajah Romawi, bahasa yang digunakan juga bahasa Greek, dan Aram (katanya). Bahkan masih ada silang pendapat, apa bahasa asli Yesus, apakah bahasa Greek, bahasa Yahudi, atau bahasa Aram.

tapi fakta sejarahnya, sejak jaman Yesus, tak ada wilayah bernama Israel di atas permukaan bumi ini.
0
profile picture
kaskus freak
17-06-2021 10:01
Jadi kapan jihad (biar mati syahid) ke Palestina, mumpung kemarin Israel nyerang Gaza lagi

emoticon-Ngakak
0
profile picture
kaskus maniac
17-06-2021 11:27
@The.Lord.of.Uni yaelah.... Udah dijelasin juga...

Palestina punya fakta sejarah.
Yg ente anggap benar.

Israel jg punya fakta sejarah.
Yg mereka anggap benar.


Soekarno/indonesia boleh dukung palestina.
Amerika jg boleh donk dukung israel.

Ente menganggap palestina berhak menguasai seluruh daerah israel.

Israel jg boleh, kalo menganggap mereka berhak menguasai daerah palestina.

Kl palestina semau2nya sendiri, israel jg boleh semaunya sendiri.

Yaudah....
Emang maunya berantem terus. Mampus2 sono.....
0
profile picture
kaskus maniac
18-06-2021 09:10
@Mistaravim
karena gua belum siap untuk jihad, maka gua dukung Palestina melalui opini, dan elu sekauman pada misuh mewek termehek mehek
0
profile picture
kaskus maniac
18-06-2021 09:22
@angopmaksimal
Akhirnya elu cuman beropini tanpa dasar, hanya demi bela kebiadaban dan barbarianisme negara haram illegal Israel.

fakta sejarah ak terbantahkan, tak ada formal legal standing Israel untuk dirikan negara Israel di Palestina, karena memang fakta sejarahnya, sebelum tahun 1948, tak ada wilayah bernama Israel di permukaan bumi ini, apa lagi di Timur Tengah, apa lagi di Palestina,

fakta sejarah kebiadaban dan barbarianisme Israel, tragedi Nakbah, Israel membunuhi dan mengusir orang Palestina dari Palestina.

Soekarno?Indonesia, bukannya boleh dukung Palestina, tpi memang harus dukung Palestina sesuai dengan semangat dan kesepakatan bangsa Indonesia yang tertulis dalam Pembukaan UUD’45.

Pendukung Israel adalah manusia biadab penganut barbarianisme, tidak layak tinggal di Indonesia karena bertentangan dengan Pembukaan UUD’45. Itu mungkin karena sudah termakan hoaks dogmatis tentang “tanah perjanjia” dan “bangsa pilihan tuhan”

Bahkan saat terjadi peristiwa Holocoust, saat pengungsi Yahudi sampe di Amerika, ditolak oleh pemerintah Amerika, makanya balik ke Eropa dan ngungsi ke Palestina.
0
profile picture
kaskus freak
18-06-2021 10:11
@The.Lord.of.Uni Mewek? Termehek-mehek?

Gede bacot aja lu, ama anak kecil aja kalah. Cuman bisa ngebacot di Kaskus...

Kalah ama anak kecil emoticon-Wkwkwk

Pendekatan Indonesia ke Israel Perlu Diubah Jika Ingin Bantu Palestina Lebih Jauh
Pendekatan Indonesia ke Israel Perlu Diubah Jika Ingin Bantu Palestina Lebih Jauh

Malu maluin lu!! Dasar keyboard warrior emoticon-Busa

emoticon-Ngakak

0
profile picture
kaskus maniac
19-06-2021 07:47
@Mistaravim
elu, udah kehabisan argumen, habis akal, akhirnya cuman bisa nyasar ke personal. ad hominem namanya itu.

orang yang punya akal waras dan sehat, pasti akan dukung Palestina sebisa dan semampu mungkin.

lha, elu bukannya dukung Palestina, malah belain kebiadaban Israel.

elu itu, belain Israel, palingan karena udah termakan dogmatis tentang "tanah perjanjian" dan "bangsa pilihan tuahan"

0
profile picture
kaskus freak
19-06-2021 09:30
@The.Lord.of.Uni Jadi kapan jihad ke Palestina? Masa kalah ama anak kecil?

emoticon-Big Grin
0
profile picture
kaskus maniac
20-06-2021 11:22
@Mistaravim
nunggu elu mampus dulu lah
wk wk wk wk wk
0
profile picture
kaskus freak
20-06-2021 15:09
@The.Lord.of.Uni Wwkekekeke...si banci bin bacot emoticon-Ngakak

Dahh...bosen ama keyboard warrior alias banci kek lu emoticon-Betty
0
profile picture
kaskus maniac
21-06-2021 10:23
@Mistaravim
gua seneng aja ngeladeni elu, lucu liat elu misuh mewek termehek mehek.

gagal argumen, larinya ke personal, ad hominem itu sudah namanya.
0
profile picture
kaskus freak
21-06-2021 10:25
@The.Lord.of.Uni Jadi kapan? emoticon-Ngakak
0
profile picture
kaskus maniac
21-06-2021 12:47
@Mistaravim
elu aja masih ngaskus, kapan elu mampusnya?

kalo elu udah mampus, kasih kabar, jadi gua langsung jihad

emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
0
Memuat data ...
21 - 37 dari 37 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia