News
Batal
KATEGORI
link has been copied
187
Lapor Hansip
12-06-2021 22:54

Komentari Foto Jokowi Takziah, Noval Assegaf: Haram Hukumnya Mendoakan Mayit Kafir

Komentari Foto Jokowi Takziah, Noval Assegaf: Haram Hukumnya Mendoakan Mayit KafirSuaraBatam.id - Pengamat politik yang juga aktif di media sosial Noval Assegaf mengkritik foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang nampak tengah berdoa di depan jenazah istri Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Elisye W.

Ia lantas mempertanyakan apa yang dilakukan Presiden Jokowi di depan jenazah Elisye lantaran nampak seperti tengah berdoa. Ia juga mengaitkannya dengan hukum mendoakan mayat orang kafir.

Dalam potret yang diunggah tersebut, Jokowi nampak mengenakan kemeja putih tengah berdiri di depan jenazah Elisye W. Noval Assegaf melalui akun Twitter-nya pada Jumat (11/6/2021) lantas menuliskan pertanyaannya.

Sebelumnya, ia sempat menanggapi pertanyaan seorang netizen pengguna Twitter AkhdanZiyaad yang mengunggah foto Jokowi itu.

Akun netizen tersebut mempertanyakan apakah muslim boleh mendoakan jenazah non-muslim kepada Noval.

“Bukankah tidak boleh muslim mendoakan jenazah non muslim. Apakah ini dibenarkan pak de NovalAssegaf?” tanya netizen AkhdanZiyaad melansir Terkini.id (jaringan Suara.com).

Menanggapi pertanyaan tersebut, ia lantas menjelaskan apabila muslim takziah ke non-muslim selama tidak ada ritual agama dalam acara itu maka hal tersebut diperbolehkan.

“Takziah ke non muslim boleh selama tidak pada atau ada ritual agamanya,” tulis Noval Assegaf.

Namun demikian, ia menggaris bawahi, beda halnya jika muslim mendoakan jenazah non-muslim yang disebutnya dengan istilah kafir.

Menurut Noval Assegaf, perbuatan yang dilakukan Jokowi tersebut hukumnya haram berdasarkan ketentuan Al Quran dan Ijma.

"Mengenai mendoakan pada non muslim meninggal Imam Nawawi rahimahullah mengatakan: ‘Adapun menyalati dan mendoakan mayit kafir, agar diampuni dosanya, hukumnya HARAM berdasarkan ketentuan Alqur’an dan Ijma’,” ujarnya.

https://batam.suara.com/read/2021/06...t-kafir?page=2

Begitu mudahnya mengharamkan tanpa tau doa yg di lakukan JKW apa...
Allah maha besar,maha tau dan maha bijak.
Anda jgn berlaku wakil Tuhan di dunia.emoticon-Traveller
Diubah oleh samsol...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinandya dan 21 lainnya memberi reputasi
22
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Komentari Foto Jokowi Takziah, Noval Assegaf: Haram Hukumnya Mendoakan Mayit Kafir
13-06-2021 00:35
masuk akal juga kalo mereka menolak menghormati bendera dan mendoakan para pahlawan yang juga isinya kafir emoticon-Big Grin

Dibiarkan sama pemerintah kan?
Kurang subversif apa coba pola pikir begini?
emoticon-Ngakak emoticon-Leh Uga emoticon-Ngakak emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinandya dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
profile picture
kaskus addict
13-06-2021 06:42
Semoga di masa depan ada pemimpin yang mau menggenosida para biadab ini dan membungkam paham kehancuran ini... Kalau terus dibiarkan taruhannya masa depan bangsa dan negara...
emoticon-Takut
2
profile picture
kaskus maniac
13-06-2021 08:49
masa' gitu aja subversif? cemen dan dungu betul elu
-1
profile picture
kaskus maniac
13-06-2021 08:55
@serapionIeo
ndak lah, terlalu naif opini elu itu.

masa depan bangsa ini ancur, kalo . . . .
elu cuman jargon kurs Rp 10.000/USD
kekayaan emas papua terus dikeruk asing.
kekayaan nikel sulawesi terus dikeruk aseng.
korupsi kayak kemplang BLBI ampe ratusan triliun.
cina klaim laut natuna selatan.
hukum nggak adil
kopid nggak bisa diredam pemerintah
ekonomi meroket ke bawah.

kalo masalah doa itu, itu masalah sepele, nggak akan bikin kurs Rp/USD jadi anjlok atou naek. nggak akan bikin exim berubah.
0
profile picture
kaskus addict
13-06-2021 09:49
@The.Lord.of.Uni tidak mau meghormati atau mengakui bentuk negara dan dasar negara yang sudah disepakati bersama memang bukan tindakan subversif bagi pengasong khilafuck seperti teroris semacamlo tod.

Teroris ngentooood emoticon-Big Grin
1
profile picture
kaskus maniac
13-06-2021 14:16
@pemburu.onta
lha, kok jadi ke masalah bentuk negara dan dasar negara?

dungunya elu, emang unlimited.

emangnya dalam UUD'45 ada keharusan hormat bendera ama doain pahlawan yang kafer?
0
profile picture
kaskus addict
13-06-2021 15:13
@The.Lord.of.Uni emang dalam ketentuan upacara penghormatan dibedain pahlawan non islam dan islam?

Dasar negara berubah tidak mengakomodir negara islam kan gara-gara interfensi non islam di dalam bpupki tod emoticon-Big Grin

Terima kenyataan tod….
Mimpi negara islam mu sudah hancur berkeping tanpa bisa diteruskan kecuali pertumpahan darah emoticon-Big Grin
0
profile picture
kaskus holic
13-06-2021 21:48
@pemburu.onta @The.Lord.of.Uni

UU 24/2009 pasal 15

Pada waktu penaikan atau penurunan Bendera Negara, semua orang yang hadir memberi hormat dengan berdiri tegak dan khidmat sambil menghadapkan muka pada Bendera Negara sampai penaikan atau penurunan Bendera Negara selesai.

Penaikan atau penurunan Bendera Negara sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat diiringi Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.
1
profile picture
kaskus maniac
14-06-2021 13:14
@pemburu.onta
elu bisa nggak sih bedain antara penghormatan dan mendoakan?

dungunya elu tetep nggak ilang ilang.

negara Islam?
baru dengan adanya perda syariah aja, elu udah kelonjotan.
0
profile picture
kaskus addict
14-06-2021 13:17
@The.Lord.of.Uni mengheningkan cipta itu bukan mendoakan?
Lo sekolah dimana sih?
Sekolahlo ditempat binaan teroris ya sampe ga tau kalo mengheningkan cipta itu berdoa?
0
profile picture
kaskus addict
14-06-2021 13:20
@pemburu.onta percuma ente ngomong sama manusia berotak hewan kayak gitu... Adab dan nuraninya sebagai manusia udah mati... emoticon-Leh Uga
1
profile picture
kaskus addict
14-06-2021 13:25
@serapionIeo pas banget gan…
Manusia berotak dan adab hewan
emoticon-Shakehand2
0
Memuat data ...
1 - 11 dari 11 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia