LordFaries4.0Avatar border
TS
LordFaries4.0
Timbulkan Kontroversi, BTS Meal McD Jadi Topik Soal UAS di Unesa

Meal di McDonald's (McD) sempat membuat kerumunan di beberapa daerah di Indonesia. Seperti di tiga gerai McD Surabaya. Hal tersebut pun menjadi inspirasi dan bahan soal UAS pada program studi Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Surabaya (Unesa) angkatan 2018 dan kelas Nasional Permata.

Di dalam soal uang dibuat oleh Dosen Ilkom Unesa mata kuliah Social Media Life, Vinda Maya Setianingrum, mahasiswa diminta untuk memberikan analisis mengapa BTS Meal di McD sampai diserbu dan menimbulkan kerumunan, sehingga menutup layanan. Mahasiswa harus menjelaskan dalam perspektif teori Social Media Strategy in the Consumer Revolution by Keith Quesenberry.

"McDonald's baru saja mengeluarkan paket BTS Meal yang membuat gerai mereka diserbu pelanggan. Satgas Covid dan Satpol PP bahkan sampai menutup layanan karena imbas kerumunan. Dalam perspektif teori Social Media Strategy in the Consumer Revolution by Keith Quesenberry, apakah case tersebut merupakan strategi bisnis ? Jelaskan analisis anda, mengapa hal itu bisa terjadi dan berikan minimal tiga peluang usaha lain yang muncul akibat BTS Meal tersebut?," tulis soal yang dibuat pada Kamis (10/6/2021).

Vinda mengatakan, alasannya membuat soal mengetahui jawaban dari para mahasiswanya. Sebab, yang ada di sosial media sebenarnya penggerak pikiran konsumen. Terlebih KPop di Indonesia banyak digemari dan diikuti.

"McD tahu persis itu. Dijadikanlah strategis bisnis. Karena hal-hal yang berkaitan dengan KPop mudah di gerakkan. Di Indonesia KPopers punya suara tersendiri," kata Vinda kepada detikcom, Kamis (10/6/2021).

Dalam soal UAS 3 SKS yang diberikan itu, agar mahasiswa bisa menjelaskan korelasi marketing dengan ilmu komunikasi. Strategi marketing yang digunakan dengan cara mengkomunikasikan kepada para KPopers saat pandemi COVID-19 agar tidak menimbulkan dampak seperti saat ini.

Selain McD, dengan branding BTS juga bisa menjadi daya tarik untuk FnB lainnya. Pasalnya, pengikut boy band asal Kore Selatan di Indonesia jumlahnya tidak sedikit. Terbukti dengan membludaknya di hari pertama peluncuran BTS Meal.

"Bisa jadi. Dalam strategi bisnis dengan model ini, bisa jadi ada follower yang mengadopsi," ujarnya.

Dalam mata kuliah Social Media Life ini tidak hanya diikuti oleh mahasiswa Unesa saja. Melainkan pesertanya dari se-Indonesia atau dari pertukaran mahasiswa. "Mahasiswa yang ikut Permata (Pertukaran Mahasiswa Nusantara). Jadi dari kampus-kampus luar propinsi juga," pungkasnya.

https://www.detik.com/edu/perguruan-...l-uas-di-unesa

Spoiler for PENETRAL:
davecchio
b.omat
screamo37
screamo37 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
3.5K
61
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Dunia Hiburan
Berita Dunia HiburanKASKUS Official
24.7KThread4KAnggota
Tampilkan semua post
lupis.manisAvatar border
lupis.manis
#1
Ane jawab 3 peluang usaha lain yang terinspirasi BTS:
1. Umroh feat. BTS.
2. Investasi kebun kurma feat. BTS.
3. Infaq ke Pilistini bonus sarung dan mukena sablon BTS.

Gimana, thoyib kagak ane? emoticon-Salaman
muhamad.hanif.2
nowbitool
L0ST
L0ST dan 7 lainnya memberi reputasi
8
Tutup
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.