News
Batal
KATEGORI
link has been copied
211
Lapor Hansip
09-06-2021 11:03

Utang PLN Capai Rp 649,2 Triliun, DPR Minta Pemerintah Segera Lunasi

Utang PLN Capai Rp 649,2 Triliun, DPR Minta Pemerintah Segera Lunasi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) diketahui memiliki utang sebesar Rp 649,2 triliun berdasarkan laporan keuangan hingga akhir tahun 2020.

Terkait hal tersebut, Komisi VI DPR, mendesak pemerintah segera melunasi utang tersebut.

Wakil Ketua Komisi VI DPR, Martin Manurung mengatakan, jika pelunasan utang pemerintah kepada PLN tak kunjung dilakukan, kondisinya akan menjadi beban yang berkelanjutan bagi PLN.

"Utang tersebut setahu saya sebagian besar karena penugasan pemerintah kepada PLN. Jadi sebenarnya, pemerintah berkewajiban untuk membayarnya kepada PLN," ujar Martin dalam siaran pers, Selasa (25/5/2021).

Politisi Fraksi Partai NasDem itu juga mengingatkan PLN agar tidak menjadikan masalah utang tersebut sebagai alasan dalam melakukan kenaikan tarif dasar listrik (TDL) yang pada akhirnya membebani masyarakat.

"Jangan sampai terjadi kenaikan TDL dalam masa sulit akibat tekanan dampak pandemi Covid-19 sebaiknya dihindari. Karena beban masyarakat dan dunia usaha juga sudah cukup besar. Mereka bisa bertahan saja sudah syukur," kata Martin.

Dalam laporan keuangan PLN, tercatat total utang sebesar Rp 649,2 triliun pada akhir 2020.

Jumlah tersebut terdiri dari utang jangka panjang sebesar Rp 499,58 triliun dan utang jangka pendek Rp 149,65 triliun.

Berdasarkan laporan keuangan PLN, utang jangka panjang PLN didominasi oleh obligasi dan sukuk sebesar Rp 192,8 triliun, utang bank sebesar Rp 154,48 triliun, utang imbalan kerja Rp 54,6 triliun, liabilitas pajak tangguhan Rp 31,7 triliun, dan penerusan pinjaman Rp 35,61 triliun.

Kemudian, ada pendapatan ditangguhkan Rp 5,6 triliun, utang sewa Rp 14 triliun, utang kepada pemerintah dan lembaga keuangan non bank Rp 3,6 triliun, utang listrik swasta Rp 6 triliun, utang KIK-EBA Rp 655 miliar, utang pihak berelasi Rp 9,4 miliar, dan utang lain-lain Rp 182 miliar.

sumber https://www.google.com/amp/s/amp.kom...-segera-lunasi
Diubah oleh kaskus.infoforum
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 22 lainnya memberi reputasi
23
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Utang PLN Capai Rp 649,2 Triliun, DPR Minta Pemerintah Segera Lunasi
09-06-2021 11:12
Perusahaan monopoli tunggal bisa rugi banyak? emoticon-Bingung

Pecat-pecatin karyawan dong buat efisiensi, takut amat sih! emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 18 lainnya memberi reputasi
17 2
15
Memuat data ...
profile picture
kaskus addict
09-06-2021 17:34
@satop @lupis.manis @sunny.wijaya btw ngemeng ngemeng karyawan bumn kebetulan ane karyawan bumn juga cuma di bidang transportasi, buat mereka yg ngeledek enak kerja di bumn sok mangga dicoba aja emoticon-Ngakak
0
profile picture
kaskus geek
09-06-2021 18:03
@awan.pagi @satop @sunny.wijaya Itu yang di atas paling karyawan outsourcing PLN, gan.
Bukan karyawan langsung PLN.
Makanya waktu ditanya evaluasi kinerja langsung gelagapan ngeles. emoticon-Ngakak
0
profile picture
newbie
09-06-2021 18:08
ane karyawan swasta gan.. kesampingkan soal karyawan bumn, swasta, dll..
yg nama ny di pecat gk enak gan.. anak bini? yg single parent? anak kos?
belum lg perusahaan ny harus ngeluarin dana insentif buat pegawai yg di pecat..
rugi untuk kedua pihak gan
0
profile picture
kaskus addict
09-06-2021 18:09
Suny suny kamu cina kah ?
0
profile picture
kaskus addict
09-06-2021 18:40
@satop @sunny.wijaya @lupis.manis tiap perusahaan ada department dan si yg komen ntuh jujur aja kalo dia ada di department apa dan jelasin aja apa yg sesuai dengan keadaan pada departmentnya aka divisinya, kalo sekelas pelaksana biasanya bisalah setidaknya hafal apa yg terjadi pada atasnya
1
profile picture
kaskus maniac
09-06-2021 19:59
cuma di negri dongeng monopoli pasar rugi emoticon-Wakaka


negri lawak emoticon-Wakaka
2
profile picture
aktivis kaskus
09-06-2021 20:25
Rugi saben tahun,kok gk skalian bangkrut..dah gk sehat pln tu,ruginya ratusan trilyun lg...ane pernah proyek di pln..buset tu lampu,ac dll gak mandang waktu nyala full terus non stop pdhl gk digunain,,blm pengadaan matrial gk masuk akal dana nya,petingginya pd bangun rumah gedong semua,gk ada d situ yg kliatan cemberut ky buruh,muka ceria semua,hhhhh..
1
profile picture
kaskus geek
09-06-2021 20:26
@Nevareth Pindah ke Tatooine gimana, bre? emoticon-Ngakak
0
profile picture
kaskus addict
09-06-2021 21:31
@sunny.wijaya @lupis.manis jadi ngurusin kontrak kerjaan siapa?
Dievaluasi gak?

Ngerjain hal yg sama bertahun2 kok rugi.
Bisa kerja gak? emoticon-Big Grin
Udah gak bisa kerja minta fasilitas shower pula.
2
profile picture
kaskus addict
09-06-2021 21:34
@awan.pagi @lupis.manis @sunny.wijaya ya mebi kerjaan lu gak enak, tapi gaji lu enak.
Kenpa kerjaan lu gak enak? Karena habit kerja lu gak dievaluasi. Udah tau gak enak tapi diulang2 terus dan outputnya sll sama. Tidak enak.
2
profile picture
kaskus maniac
09-06-2021 22:04
@lupis.manis @satop

Goblok yg tanda tangan kontrak listrik itu selevel dirut..
Itu kontrak jangka panjang mengikat selama puluhan tahun?.

Kontrak pembangkit itu mewajibkan PLN untuk beli listrik dalam jumlah minimal kepada pembangkit swasta. Apapun kondisi demand. Kalau gak kena denda..istilahnya take or pay.

Kalau udah kontrak macam gini joko pun gak akan bisa mutusin karena efeknya kemana.

Emang lo kira semacam kontrak outsourcing lo yg paling lama cuma 2 tahun?

Wkwkwkw
0
profile picture
newbie
09-06-2021 22:31
@sunny.wijaya @satop @lupis.manis

BUMN Enak lah.. Kerja ga di target kan, ga terikat kontrak, audit paling itu2 aja.. Remeh temeh beda ama manufacturing, perhotelan swasta lain
0
profile picture
kaskus addict
09-06-2021 23:34
@lupis.manis @sunny.wijaya @satop inilah contoh agan satop yg belum ngerasain tapi udah bisa menilai emoticon-Ngakak
0
profile picture
kaskus addict
09-06-2021 23:47
Ane kerja di BUMN, perusahaan ane juga sehat bebas hutang. Sebelumnya kerja di perusahaan manufaktur asing, beeeuh capek banget
1
profile picture
kaskus addict
09-06-2021 23:55
@sunny.wijaya @satop @lupis.manis @g3channel ini lagi ngomong bumn kerja ga di target emoticon-Ngakak
0
profile picture
kaskus addict
10-06-2021 04:38
@sunny.wijaya @lupis.manis justru dgn adanya kontrak kerja jangka panjang artinya tuh dirut sudah tahu dari awal prioritas kerjanya. Hal2 selain prioritas dievaluasi dan diperbaiki agar kontrak jangka panjangnya tetap bisa dijalankan tapi perusahaan gak rugi. Selevel dirut aja gak mampu mikir kek gini apalagi lu.
Lu dr td bilang ane goblok.
Jadi menurut si sunny.wijaya ini kerja dgn output rugi banyak hutang dn terjadi selama bertahun-tahun itu adalah sebuah kepintaran emoticon-Big Grin
1
profile picture
kaskus addict
10-06-2021 04:42
@awan.pagi @lupis.manis @sunny.wijaya kerja kalo gak enak dievaluasi gan dan diperbaiki
Kalo ttp merasa gak enak berarti ada yg salah, dievaluasi lagi masih gak enak ya resend cr kerjaan yg lebih enak.
Kuncinya dievaluasi dan diperbaiki. Kalo masih ttp bertahan artinya kerjaan lu enak. Mungkin kerjaan lu berat menguras energi dan pikiiran tapi benefit yg lu dpt setimpal. itu artinya kerjaanmu enak. Cape iya, tapi enak.
1
profile picture
kaskus addict
10-06-2021 04:45
@epJay bearti org2 yg pegang perusahaan t4 lu kerja pinter2. On the track. Bisa kerja.
1
profile picture
kaskus maniac
10-06-2021 06:33
@satop tahun berapa terakhir kalinya PLN merugi ?
1
profile picture
newbie
10-06-2021 06:40
@satop
resend ?? resign kali gan emoticon-Ngakak
sebenarnya agan ngerti gk yg lg di omongin?
0
Memuat data ...
21 - 40 dari 68 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia