News
Batal
KATEGORI
link has been copied
65
Lapor Hansip
07-06-2021 19:21

Heboh Laporan Produk Nestle Tak Sehat, Ini Bocoran Daftarnya

 Heboh Laporan Produk Nestle Tak Sehat, Ini Bocoran Daftarnya

Jakarta, CNBC Indonesia - Beberapa produk makanan dan minuman yang diproduksi oleh Nestle dilaporkan tidak sehat. Hal ini diketahui dari dokumen internal Nestle yang beredar dan diterima oleh Financial Times, Minggu (6/6/2021).

Disebutkan bahwa lebih dari 60% produknya tidak bagus untuk tubuh jika dikonsumsi terlalu banyak dan setiap hari. Bahkan, dari dokumen tersebut diketahui bahwa hanya 37% dari produk makanan dan minuman Nestle yang memperoleh rating atau bintang di atas 3,5 dari Australia Health Rating System.

Rating 3,5 adalah ambang batas untuk mengakui kesehatan produk. Dokumen tersebut juga menuliskan bahwa beberapa produk perusahaan tidak akan pernah sehat meski dilakukan banyak pembaharuan.

Bukan hanya itu, 96% dari minuman Nestlé, tidak termasuk kopi murni, dan 99% dari portofolio permen dan es krimnya juga tak baik untuk kesehatan. Hanya 82% produk minuman dan 60% produk susu yang memenuhi ambang batas kesehatan yakni bintang 3,5.

"Kami telah membuat peningkatan signifikan pada produk kami... [tetapi] portofolio kami masih berkinerja buruk dibandingkan definisi eksternal kesehatan dalam lanskap di mana tekanan peraturan dan permintaan konsumen meroket," tulis dokumen tersebut.

Meski demikian, mengutip media yang sama, data tersebut tidak termasuk susu formula bayi, makanan hewan, kopi dan divisi ilmu kesehatan, yang membuat makanan untuk orang-orang dengan kondisi medis tertentu. Produk-produk ini dinilai menyumbang sekitar setengah dari pendapatan tahunan Nestlé sebesar £72,7 miliar (Rp 1.260 triliun).

Kepala Eksekutif Nestlé Mark Schneider menolak jika produk perusahaannya dinilai tidak sehat. "Dokumen internal bertentangan dengan klaim ini," katanya ke Financial Times.
Sementara itu, menurut Down to Earth, 100 gram cokelat KitKat Nestle mengandung 49% gram gula. Di mana ini adalah dua kali lipat dari batas atas kebutuhan gula yang direkomendasikan dalam sehari.

Begitu juga mie Maggi mengandung 3,7 gram garam. Ini adalah sebanyak 75% dari jumlah kebutuhan garam yang dibutuhkan tubuh dalam sehari.


Dalam wawancaranya dengan Reuters, Nestle mengatakan saat ini sedang melakukan pembaharuan strategi nutrisi dan kesehatan untuk seluruh produknya.

"Upaya kami dibangun di atas fondasi kerja yang kuat selama beberapa dekade. ... Misalnya, kami telah mengurangi gula dan natrium dalam produk kami secara signifikan dalam dua dekade terakhir, sekitar 14-15% dalam tujuh tahun terakhir saja."

SUMBER


60 Persen Produk Nestle Tak Sehat, YLKI Desak Investigasi

 Heboh Laporan Produk Nestle Tak Sehat, Ini Bocoran Daftarnya

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mendesak Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk mengklarifikasi dan melakukan investigasi terhadap dokumen internal Nestle yang bocor. Dalam dokumen itu disebutkan lebih dari 60 persen produk makanan dan minuman (mamin) tidak memenuhi standar kesehatan yang berlaku.


Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi menyebut BPOM sebagai lembaga yang memberikan sertifikasi keamanan makanan-minuman dan obat-obatan memiliki peran dan bertanggung jawab terhadap temuan tersebut.

"Kalau betul dokumen menyatakan tidak sehat, tentu harus diinvestigasi. Kalau secara rasional BPOM harus melakukan investigasi lebih detail untuk meyakinkan perlindungan kepada konsumen karena menyangkut keamanan pangan," jelasnya kepada CNNIndonesia.com, Senin (7/6).

Selain itu, Tulus juga mendesak BPOM untuk memberikan penjelasan terkait terminologi dan standar kesehatan yang diterapkan karena konsumen berhak diinformasikan terkait standar yang berlaku.

Klarifikasi, menurut dia, bersifat krusial karena menyangkut kredibilitas BPOM sebagai lembaga pengawasan keamanan makanan dan obat-obatan yang beredar di pasar.

Mengingat Nestle merupakan korporasi multi nasional, Tulus juga berharap lembaga internasional, seperti World Health Organization (WHO) dapat turun tangan dalam menginvestigasi hal tersebut.

"Kalau tidak aman, tentu sifatnya bisa tanggung renteng (tanggung jawab bersama) Nestle juga dan BPOM selama ini sebagai pemberi sertifikasi bagaimana," bebernya.


Sebelumnya, diungkapkan sebuah dokumen internal Nestle yang menyatakan 60 persen produk mamin raksasa konsumer asal Swiss tersebut tidak memenuhi standar kesehatan yang berlaku.

Hal tersebut juga diakui oleh perusahaan. "Beberapa kategori dan produk kami tidak akan pernah sehat bagaimanapun caranya banyak yang kami renovasi," ungkap Nestle, dilansir Financial Times, Minggu (6/6).

Menurut dokumen internal Nestle yang ditinjau Financial Times, hanya 37 persen dari produk perusahaan mendapat peringkat di atas 3,5 dalam sistem peringkat kesehatan Australia.

Perhitungan itu tak termasuk untuk produk susu formula bayi, makanan hewan peliharaan dan nutrisi medis khusus.

Sistem peringkat itu menilai produk makanan dengan memberi angka maksimal 5. Sementara, 3,5 merupakan ambang batas produk makanan yang sesuai dengan standar kesehatan.

Perhitungan itu meliputi makanan dan minuman secara keseluruhan. Ada sekitar 70 persen produk Nestle gagal memenuhi ambang batas itu. Lebih rinci, sebanyak 96 persen minuman dan 99 persen produk manisan dan es krim Nestle.

Pun demikian, sebanyak 82 persen produk air dan 60 persen produk susu memenuhi nilai ambang batas.

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi...ak-investigasi


Lebih dari 60% Produk Makanan & Minuman Nestle Tidak Sehat

 Heboh Laporan Produk Nestle Tak Sehat, Ini Bocoran Daftarnya

Jakarta, CNBC Indonesia - Produk makanan dan minuman yang diproduksi oleh Nestle diketahui banyak yang tidak sehat. Bahkan, lebih dari 60% produknya tidak bagus untuk tubuh jika dikonsumsi terlalu banyak dan setiap hari.

Hal ini diketahui dari dokumen internal Nestle yang beredar dan diterima oleh Financial Times. Dari dokumen tersebut diketahui bahwa hanya 37% dari produk makanan dan minuman Nestle yang memperoleh rating atau bintang di atas 3,5 dari Australia Health Rating System.

Adapun Nestle menetapkan rating 3,5 adalah ambang batas untuk mengakui Kesehatan produk-produknya. Sementara itu, sisa produk Nestle lainnya dianggap tidak sehat.

Dokumen tersebut juga menuliskan bahwa beberapa produk perusahaan tidak akan pernah sehat meski dilakukan banyak pembaharuan. Dokumen tersebut juga menuliskan hal yang mengejutkan bahwa 96% dari minuman Nestlé hampir semua produknya tidak termasuk kopi murni dan 99% dari portofolio permen dan es krimnya tidak sehat.

Selain itu, hanya 82% produk minuman dan 60% produk susu yang memenuhi ambang batas kesehatan yakni bintang 3,5.

"Kami telah membuat peningkatan signifikan pada produk kami... [tetapi] portofolio kami masih berkinerja buruk dibandingkan definisi eksternal kesehatan dalam lanskap di mana tekanan peraturan dan permintaan konsumen meroket," tulis dokumen tersebut yang dikutip Minggu (6/6/2021).

Menurut Financial Times, data tersebut tidak termasuk susu formula bayi, makanan hewan, kopi dan divisi ilmu kesehatan, yang membuat makanan untuk orang-orang dengan kondisi medis tertentu. Produk-produk yang dinilai menyumbang sekitar setengah dari pendapatan tahunan Nestlé sebesar £72,7 miliar (Rs 7,45 lakh crore).

Diketahui, Nestle adalah Perusahaan besar yang memproduksi makanan olahan seperti susu bubuk dan kemasan, air mineral, KitKat dan sebagainya.

Terkait hal ini, Kepala Eksekutif Nestlé Mark Schneider menolak jika produk perusahaannya dinilai tidak sehat.

"Dokumen internal bertentangan dengan klaim ini," kata Financial Times.

Menurut Down to Earth, 100 gram cokelat KitKat Nestle mengandung 49% gram gula. Dimana ini adalah dua kali lipat dari batas atas kebutuhan gula yang direkomendasikan dalam sehari.

Begitu juga mie maggi mengandung 3,7 gram garam. Ini adalah sebanyak 75% dari jumlah kebutuhan garam yang dibutuhkan tubuh dalam sehari.

Dalam wawancaranya dengan Reuters, Nestle mengatakan saat ini sedang melakukan pembaharuan strategi nutrisi dan kesehatan untuk seluruh produknya.

"Upaya kami dibangun di atas fondasi kerja yang kuat selama beberapa dekade. ...Misalnya, kami telah mengurangi gula dan natrium dalam produk kami secara signifikan dalam dua dekade terakhir, sekitar 14-15% dalam tujuh tahun terakhir saja."

https://www.cnbcindonesia.com/tech/2...le-tidak-sehat
Diubah oleh kaskus.infoforum
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 6 lainnya memberi reputasi
7
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Heboh Laporan Produk Nestle Tak Sehat, Ini Bocoran Daftarnya
07-06-2021 19:40
Mau ada racun pun kaga pada peduli orang sini. Kalo ada babi baru ribut se-Indonesia emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
emol dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
profile picture
kaskus addict
07-06-2021 22:15
selama ga mengandung babi ya... Padahal babi sudah teruji dan dikonsumsi rutin oleh banyak orang, juga ga ada yang cacingan, malah pinter2 orangnya.

Tapi ikan lele yang katanya makan t@i juga ga masalah
-1
profile picture
kaskus addict
07-06-2021 23:50
Iyeh .. 😄
0
profile picture
Auto Banned
08-06-2021 02:21
@warnacemerlang Israel nga makan babi tapi bisa kuasai negara pemakan babi
1
profile picture
kaskus maniac
08-06-2021 04:48
@loungerkaskus iraq syiria ga makan babi tapi nyungsep ke bawah orang orang nya
-1
profile picture
kaskus maniac
08-06-2021 09:55
@gaygene
arab ga makan babi, negaranya kaya
0
profile picture
kaskus maniac
08-06-2021 10:11
@Cikklancang amerika makan babi negaranya kaya + super power
0
profile picture
kaskus maniac
08-06-2021 10:16
@gaygene china makan kalelawar, satu dunia kena getahnya
0
profile picture
kaskus maniac
08-06-2021 10:22
0
Memuat data ...
1 - 8 dari 8 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia