Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
43
Lapor Hansip
03-12-2019 08:28

Kenalkan Penis dan Vagina Pada Anak (Sex Education)

Kenalkan Penis dan Vagina Pada Anak (Sex Education)




Assalamualaikum AganSis dimanapun berada. Semoga selalu sehat wal afiat dan penuh keceriaan mengingat udah tanggal muda.


Seberapa besar pengetahuan AganSist tentang sex? pasti banyak yang langsung jawab "udah expert". Hehe..


But, now im talking about sex education. Pendidikan sex khususnya untuk para orang tua dan calon orang tua yang nantinya bisa diterapkan pada putra putrinya.


Dari cerita diatas, sungguh amatlah miris ketika ada seorang anak yang berusaha mengeluhkan tentang hal pribadi kepada gurunya, namun sang guru belum sepenuhnya memahami maksud dari cerita anak tersebut.


Bukan salah sang guru yang gagal faham dengan maksud sang anak, namun bisa jadi kesalahan ada pada orang tuanya yang memberikan pengertian yang berbeda kepada anak. Terlebih pada organ vital yang sering dinamai dengan sebutan-sebutan yang sebenarnya untuk menghindari penyebutan yang dianggap tabu oleh mereka.


Dan inilah pentingnya sex education bagi siapapun. Para orang tua dan anak-anaknya. Agar hal seperti ini tidak terjadi lagi dikemudian hari pada siapapun.


Hal yang paling utama yang seharusnya dipahami oleh para orang tua adalah, jangan menamakan organ vital anak dengan nama-nama pengganti. Contohnya, t*t*t, burung, anu, itu, cockies, dsb.


Terlebih pada anak usia dibawah 10 tahun yang sudah lancar berbicara. Baiknya, ajarkan mereka untuk bilang "penis" (alat kemaluan laki-laki) atau "vagina" (alat kemaluan perempuan). Karena tidak semua anak mau bercerita hal yang mengerikan kepada orang terdekatnya. Terkadang karena takut, mereka memilih diam. Sekalipun si anak terbiasa banyak bicara, namun trauma membuat mereka menjadi anak yang pendiam. Dan ini banyak sekali terjadi. Kejadian terungkap, ketika si anak didesak untuk berbicara, bukan atas inisiatifnya sendiri untuk bercerita.


Kita tidak akan pernah tahu bahayanya nafsu yang seketika menutupi logika manusia. Siapapun bisa menjadi pelakunya. Sekalipun orang terdekat.


Dan di thread ini ane mau menyampaikan bahwa, mengenalkan penis dan vagina sebagai organ intim adalah penting. Bukan suatu perkataan yang kotor atau jorok. Kemudian selanjutnya perkenalkan kepada anak-anak kita mana bagian yang boleh disentuh dan mana yang tidak, siapa saja yang boleh menyentuh, dan tindakan apa yang harus mereka lakukan ketika ada yang menyentuh organ intim mereka. Ajarkan anak untuk berteriak, ketika sesuatu terjadi. Ini penting. Sedari kecil, anak harus memiliki self difence atas tubuh mereka.


Nah lu sendiri udah mraktekin belon?


Sebagai seorang ibu, ane juga sedang belajar. Anak ane cowok juga sudah mulai ane ajarkan untuk bilang penis pada kemaluannya. Dan.. biasakan anak untuk punya rasa malu. Contohnya anak ane kalau mau mandi di tempat lain, dia selalu mau bajunya dilepas di depan kamar mandi. Karena dia merasa malu ketika ada yang melihat dia hanya memakai kaos dan celana dalam saja.


Budaya malu itu penting lho AganSist. Terlebih di jaman se ekstrim ini. Semoga kita termasuk orang-orang yang malu. Malu kalau mau berbuat yang tidak baik. emoticon-Jempol


Demikianlah thread dan sharing dari ane AganSist. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi semua khalayak ramai. Terlebih para orang tua. Sebagai pembelajar untuk anak-anaknya kelak. Mungkin diantara AganSist belum menerapkan ini, its okay. Perlahan-lahan, karena untuk memulai sesuatu yang baru/kebiasaan baru memang terkadang butuh proses. Kalian tetap Ibu dan Ayah yang terhebat bagi anak-anak kalian. So, tetep semangat.. Demi masa depan yang cerah. Hehe..


Eh iya, jangan lupa cendolnya ya.. Thanks anyway.


Malang, Awal Desember 2019
Emak-emak berdaster yang peduli sex education
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jonwongndeso dan 7 lainnya memberi reputasi
8
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Kenalkan Penis dan Vagina Pada Anak (Sex Education)
14-05-2021 13:41
Klo ane dlu diajarinnya pake bahasa daerah emoticon-Big Grin soalnya istilah "penis" sama "vagina" ga familiar bgt di daerah ane

Anak2 jaman now mmg udah harus diperkenalkan alat kelamin sejak dini
profile-picture
profile-picture
Remif dan falashaf memberi reputasi
2 0
2
profile picture
aktivis kaskus
14-05-2021 18:09


Betul gan. Semakin anak tau lebih dini semakin anak bisa menjaganya dari hal2 yg tdk diinginkan.
2
profile picture
kaskus addict
17-05-2021 11:58
Nah ini jg buat pelajaran, harus dikenalkan dg istilah yg benar sejak kcl..kebanyakan hal seperti ini dianggap vulgar pdhl perlu edukasi jg sejak kecil sesuai porsi.
Jgn sampe dia heran liat punya bpknya atau ibunya kok beda sm punya dia..wkwkwk
1
profile picture
aktivis kaskus
19-05-2021 10:30
@Remif betul. Penamaan akan hal yg bersifat pribadi itu sebaiknya dihindari. Karena kdg byk yg dijadikan bahan lelucon bagi yg belum faham. Seperti penamaan baik, ntr dilaguin baik baik tuit tit baik tuit
1
profile picture
kaskus addict
19-05-2021 12:33
@falashaf
Tp kdg krn di lingkungan sekitar seperti teman² sekolah jg jarang yg menyebut dg nama yg benar sehingga jd lbh terbiasa dg sebutan² yg tdk benar.
1
profile picture
aktivis kaskus
19-05-2021 12:45
@Remif yup. Lingkungannya tdk terbiasa dengan penamaan yg sesuai. Jd lbh memilih penyebutan2 asal. Maka dari itu peran org tua penting untuk memperkenalkan nama yang benar utk masing2 kelamin
1
profile picture
kaskus addict
19-05-2021 12:46
@falashaf
Ya itu yg sedang ane terapkan sekarang sm anak²..terutama anak cowo ane, jgn sampai kurang pengetahuan sprti bini ane. Hahaha
1
profile picture
aktivis kaskus
19-05-2021 12:48
@Remif alhamdulillah
1
Memuat data ...
1 - 7 dari 7 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia