Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
260
Lapor Hansip
02-05-2021 14:21

Mengulas Ritual Pesugihan Babi Ngepet yang Tengah Naik Daun Lagi

Mengulas Ritual Pesugihan Babi Ngepet yang Tengah Naik Daun Lagi

Sumber: link gambar


Selamat siang Agan dan Sista. Semoga selalu dalam keadaan sehat dan baik-baik saja.


Beberapa hari belakangan ini, tepatnya pada tanggal 26 April 2021 di Kecamatan Sawangan Kota Depok, Jawa Barat warga dihebohkan dengan adanya kemunculan seekor babi. Konon, ada yang berasumsi bahwa sosok babi yang muncul di rumah warga itu adalah jelmaan dari siluman babi ngepet. Alhasil babi itu pun ditangkap dan dipenggal kepalanya hingga mati.


Padahal Gansis kabar yang beredar itu hanyalah sebuah asumsi dan belum tentu terbukti benar bahwa adanya sosok babi yang ditemukan di Kota Depok tersebut merupakan jelmaan dari siluman babi ngepet.


Adanya kabar heboh ini, membuat ane pribadi tertarik ingin mengulas tentang fenomena babi ngepet ini.


Pengertian babi ngepet secara sederhana adalah siluman babi untuk pesugihan dalam legenda masyarakat.


Babi ngepet


Menurut pendapat Guru Besar Pendidikan Bahasa Jawa pada Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Prof. Suwardi Endraswara, dalam bukunya Dunia Hantu Orang Jawa yang diambil dari sumber Wikipedia.


Quote:
Beliau memamaparkan bahwa babi ngepet adalah mitos setempat atau sebuah daerah sebagai penjelmaan dari seseorang yang menggunakan ilmu hitam pesugihan dengan cara mengubah dirinya untuk sementara menjadi babi siluman sehingga dapat dengan mudah melakukan pencurian.


Kemudian, mitos juga menceritakan bahwa tindakan pesugihan tersebut dilakukan pada waktu malam hari tertentu saja dan biasanya dilakukan oleh sepasang suami istri. Dimana si suami akan bertindak sebagai tuan yang akan berubah wujud menjadi seekor babi sedangkan istrinya menjadi pembantunya.


Ritual pesugihan babi ngepet ini pun tidak dilakukan secara sembarangan dan harus didahului dengan melakukan puasa selama beberapa hari sebelum melakukan aksi.


Pada saat melakukan aksi ritual pesugihan babi ngepet harus disertai dengan sesaji atau sesajen yang terdiri dari kembang setaman, minyak wangi, kopi pahit, jajan pasar, kemenyan atau setanggi dan darah ayam cemani atau ayam berwarna hitam. Selain itu ritual sesaji juga dilengkapi dengan baskom berisi air yang di tengahnya ditaruh sebatang lilin atau lampu minyak kecil (senthir).


ilustrasi jaga lilin


Langkah selanjutnya, si suami yang bertugas menjadi tuan akan membungkus dirinya dengan kain hitam dan secara ajaib berubah bentuk menjadi seekor babi.


Nantinya, babi ngepet ini akan keliling kampung dengan hati-hati agar tidak terlihat sedang melakukan aksi pencurian. Ajaibnya, menurut mitos hanya dengan menggesekkan tubuhnya ke dinding rumah, maka uang dan perhiasan pemilik rumah akan terambil begitu saja.


Si babi ngepet akan pulang ke rumah sebelum fajar dan berubah bentuk kembali menjadi manusia. Kain hitam yang dibawanya berisi hasil curiannya tersebut.


Quote:Ada satu hal penting pada saat si tuan atau babi ngepet melakukan aksi pencuriannya. Si istri alias pembantu harus siap siaga menjaga api lilin tetap menyala. Apabila nyala lilin atau lampu bergoyang atau meredup, itu menandakan bahwa si tuan dalam bahaya, misalnya tepergok dan dikejar orang.


Quote:Saat dalam kondisi demikian si pembantu harus mematikan lilin atau lampu tersebut agar si tuan dapat segera berubah bentuk kembali menjadi manusia dan menghilang kembali ke rumah dengan selamat. Apabila si pembantu lalai, maka si tuan mungkin tertangkap atau bahkan terbunuh dan lilin atau lampu akan padam dengan sendirinya.


ilustrasi pesugihan babi ngepet


Dulu sekali, kalau tidak salah di televisi ane pernah menonton film horor lawas tentang pesugihan babi ngepet ini dengan adegan cerita kurang lebih seperti yang telah dibahas di atas tadi. Memang menegangkan sekali dan menjalankan aksi ritual pesugihan babi ngepet tersebut seolah nyawa adalah taruhannya. Pasalnya, jika si babi ngepet ketahuan mencuri maka nyawanya bisa melayang.


Ritual pesugihan babi ngepet bisa dikatakan adalah mencari uang atau kekayaan dengan jalan yang instan , tetapi dengan cara yang salah. Apalagi hal ini juga bertentangan dengan nilai-nilai Agama dan juga merugikan orang lain yang semisal hasil kerja kerasnya justru diambil orang tanpa izin alias nyolong.


Itu tadi Gansis sedikit mitos tentang ritual pesugihan babi ngepet yang beredar di kalangan masyarakat. Untuk kebenaran faktanya tentang ritual pesugihan babi ngepet ini ane pribadi belum pernah melihatnya secara langsung. Baik itu di lingkungan warga sekitar rumah TS atau di lain daerah yang dulu pernah ane singgahi. Cuma kalau dulu pas ane di Bogor pernah ada kejadian hantu Wewe yang konon katanya menculik seorang ibu usianya hampir paruh baya.


Sekali lagi di era yang sudah modern ini, seharusnya sih kita lebih bijak dan peka melihat fenomena apa saja yang terjadi di sekitar kita. Jangan mudah berasumsi sendiri apalagi sampai menuduh orang lain tanpa bukti yang valid.


Sekian thread dari Richy211. Terima kasih untuk jejak komentarnya 😁.



Sumber: referensi dan opini Ts
Diubah oleh Richy211
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 39 lainnya memberi reputasi
40
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Mengulas Ritual Pesugihan Babi Ngepet yang Tengah Naik Daun Lagi
03-05-2021 05:28
Babi ngepet mirip donk ya ama Cinderella, harus pulang dalam batas waktu tertentu..

Bisa jadi keduanya kerjaan peri yang sama ini..

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan anns123 memberi reputasi
2 0
2
profile picture
kaskus maniac
03-05-2021 06:24
Wkwkwk bisa aja nih nyambunginnya.. tapi sayangnya babi ngepet ga ada pangeran yg nyari yaa dan dijadikan istri.
Cerita yg serupa, tapi ending yg berbeda🤣
0
Memuat data ...
1 - 1 dari 1 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia