![ulungrinjani](https://s.kaskus.id/user/avatar/2020/04/11/avatar10840531_8.gif)
![Avatar border](https://s.kaskus.id/images/avatarborder/1.gif)
TS
ulungrinjani
Inilah Alasan Mengapa Kendaraan Komersil Tak Menggunakan Penggerak Roda Depan!
Hola Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar alasan mengapa kendaraan komersil tak menggunakan penggerak roda depan atau yang biasa disebut "FWD".
![Inilah Alasan Mengapa Kendaraan Komersil Tak Menggunakan Penggerak Roda Depan!](https://s.kaskus.id/images/2021/04/25/10840531_20210425095832.jpeg)
Mungkin, Gansis terheran-heran. Ketika melihat sebuah microbus, misalnya Toyota Hiace Premio, Gansis akan menemukan bahwa Hiace Premio menggunakan penggerak roda belakang. Sangat berbeda dikomparasikan dengan LCGC misalnya Toyota Calya yang menggunakan penggerak roda depan.
Lantas, timbul rasa penasaran. "Mengapa kendaraan komersil, seperti truk, pikap, bus, microbus, dan lain sebagainya tak menggunakan penggerak roda depan?"Oleh karena ingin menjawab rasa penasaran Agan dan Sista, ane akan menjawabnya di thread ini.
![Inilah Alasan Mengapa Kendaraan Komersil Tak Menggunakan Penggerak Roda Depan!](https://s.kaskus.id/images/2021/04/25/10840531_20210425100003.jpg)
Yang namanya kendaraan komersil, pasti akan dipakai untuk membawa beban yang jauh lebih berat dibandingkan mobil. Tentunya, kendaraan komersil perlu daya tanjak yang tinggi. Inilah faktor utama kenapa kendaraan komersil menggunakan penggerak roda belakang.
Pada saat melewati tanjakan, beban truk akan terfokus ke roda belakang saja. Roda depan akan kehilangan traksi, oleh karena itu akan terjadi spin pada roda depan yang sangat menyulitkan untuk menaiki tanjakan.
![Inilah Alasan Mengapa Kendaraan Komersil Tak Menggunakan Penggerak Roda Depan!](https://s.kaskus.id/images/2021/04/25/10840531_20210425100336.png)
Dengan penggerak roda belakang, kendaraan komersil akan lebih mudah naik ke atas tanjakan karena traksi di ban bagian belakang truk meningkat. Konsumsi ban depan di tanjakan pun akan jauh lebih irit karena tak perlu lagi bergesekan dengan jalanan aspal.
![Inilah Alasan Mengapa Kendaraan Komersil Tak Menggunakan Penggerak Roda Depan!](https://s.kaskus.id/images/2021/04/25/10840531_20210425100653.jpg)
Ketika melewati jalanan berlumpur dan jalanan ekstrim, kendaraan berpenggerak roda belakang akan lebih tangguh dibanding kendaraan berpenggerak roda depan Gansis.
Sebab, jika dilihat, di lapangan mobil-mobil berpenggerak roda belakang akan lebih tangguh, terlebih kendaraan komersil beratnya terfokus di roda belakang saja. Semakin berat beban suatu axle, maka semakin baik traksi di jalanan berlumpur.
![Inilah Alasan Mengapa Kendaraan Komersil Tak Menggunakan Penggerak Roda Depan!](https://s.kaskus.id/images/2021/04/25/10840531_20210425100808.jpg)
Nah, oleh sebab itu, kendaraan komersil dominan menggunakan penggerak roda belakang Gansis. Entah 6x2, 6x4, 4x2, 8x2, atau 8x4. Dengan penggerak roda belakang, kendaraan komersil akan lebih tangguh.
Ternyata, itulah alasannya. Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ane yang salah!
Sumber: Opini Pribadi
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk mempromosikan maupun menjatuhkan pihak manapun.
Original Written By: @ulungrinjani
![I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia](https://s.kaskus.id/images/smilies/smilies_fb5ly1xu2wka.gif)
![Toast emoticon-Toast](https://s.kaskus.id/images/smilies/smilies_fb5ly1iothbu.gif)
![Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star](https://s.kaskus.id/images/smilies/smilies_fb5ohtvqnpxx.gif)
![Inilah Alasan Mengapa Kendaraan Komersil Tak Menggunakan Penggerak Roda Depan!](https://s.kaskus.id/images/2021/04/25/10840531_20210425095832.jpeg)
Mungkin, Gansis terheran-heran. Ketika melihat sebuah microbus, misalnya Toyota Hiace Premio, Gansis akan menemukan bahwa Hiace Premio menggunakan penggerak roda belakang. Sangat berbeda dikomparasikan dengan LCGC misalnya Toyota Calya yang menggunakan penggerak roda depan.
Lantas, timbul rasa penasaran. "Mengapa kendaraan komersil, seperti truk, pikap, bus, microbus, dan lain sebagainya tak menggunakan penggerak roda depan?"Oleh karena ingin menjawab rasa penasaran Agan dan Sista, ane akan menjawabnya di thread ini.
1. Faktor Daya Tanjak
![Inilah Alasan Mengapa Kendaraan Komersil Tak Menggunakan Penggerak Roda Depan!](https://s.kaskus.id/images/2021/04/25/10840531_20210425100003.jpg)
Yang namanya kendaraan komersil, pasti akan dipakai untuk membawa beban yang jauh lebih berat dibandingkan mobil. Tentunya, kendaraan komersil perlu daya tanjak yang tinggi. Inilah faktor utama kenapa kendaraan komersil menggunakan penggerak roda belakang.
Pada saat melewati tanjakan, beban truk akan terfokus ke roda belakang saja. Roda depan akan kehilangan traksi, oleh karena itu akan terjadi spin pada roda depan yang sangat menyulitkan untuk menaiki tanjakan.
![Inilah Alasan Mengapa Kendaraan Komersil Tak Menggunakan Penggerak Roda Depan!](https://s.kaskus.id/images/2021/04/25/10840531_20210425100336.png)
Dengan penggerak roda belakang, kendaraan komersil akan lebih mudah naik ke atas tanjakan karena traksi di ban bagian belakang truk meningkat. Konsumsi ban depan di tanjakan pun akan jauh lebih irit karena tak perlu lagi bergesekan dengan jalanan aspal.
2. Faktor Ketangguhan
![Inilah Alasan Mengapa Kendaraan Komersil Tak Menggunakan Penggerak Roda Depan!](https://s.kaskus.id/images/2021/04/25/10840531_20210425100653.jpg)
Ketika melewati jalanan berlumpur dan jalanan ekstrim, kendaraan berpenggerak roda belakang akan lebih tangguh dibanding kendaraan berpenggerak roda depan Gansis.
Sebab, jika dilihat, di lapangan mobil-mobil berpenggerak roda belakang akan lebih tangguh, terlebih kendaraan komersil beratnya terfokus di roda belakang saja. Semakin berat beban suatu axle, maka semakin baik traksi di jalanan berlumpur.
![Inilah Alasan Mengapa Kendaraan Komersil Tak Menggunakan Penggerak Roda Depan!](https://s.kaskus.id/images/2021/04/25/10840531_20210425100808.jpg)
Nah, oleh sebab itu, kendaraan komersil dominan menggunakan penggerak roda belakang Gansis. Entah 6x2, 6x4, 4x2, 8x2, atau 8x4. Dengan penggerak roda belakang, kendaraan komersil akan lebih tangguh.
Ternyata, itulah alasannya. Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ane yang salah!
Sumber: Opini Pribadi
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk mempromosikan maupun menjatuhkan pihak manapun.
Original Written By: @ulungrinjani
![I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia](https://s.kaskus.id/images/smilies/smilies_fb5ly1xu2wka.gif)
![Toast emoticon-Toast](https://s.kaskus.id/images/smilies/smilies_fb5ly1iothbu.gif)
![Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star](https://s.kaskus.id/images/smilies/smilies_fb5ohtvqnpxx.gif)
Diubah oleh ulungrinjani 28-04-2021 03:20
![wisudajuni](https://s.kaskus.id/user/avatar/2017/03/01/avatar9629350_1.gif)
![jiresh](https://s.kaskus.id/user/avatar/2020/06/21/avatar10879275_3.gif)
![pulaukapok](https://s.kaskus.id/user/avatar/2020/06/13/avatar10874794_1.gif)
pulaukapok dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.8K
40
![Guest](https://s.kaskus.id/user/avatar/default.png)
![Avatar border](https://s.kaskus.id/images/avatarborder/1.gif)
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
![Otomotif](https://s.kaskus.id/r200x200/ficon/image-28.png)
Otomotif![KASKUS Official KASKUS Official](https://s.kaskus.id/kaskus-next/next-assets/images/icon-official-badge.svg)
27.8KThread•16.1KAnggota
Tampilkan semua post
![blezzernet](https://s.kaskus.id/user/avatar/2009/12/16/avatar1273287_16.gif)
![Avatar border](https://s.kaskus.id/images/avatarborder/1.gif)
blezzernet
#9
plus minus RWD yaitu
- nambah gardan jadi partsnya lebih banyak
- nambah oli gardan yang rutih diganti setiap ganti oli juga (beda sama CV motor matic yang pakai karet)
- mobil tambah berat
nilai plus RWD yaitu
+ tarikan lebih sempurna (gaya dorong bukan gaya tarik) sehingga nanjak pun kuwat
+ penggerak roda belakang bisa 2 tipe mesin yaitu mesin taro didepan dan mesin taro dibelakang (yaiyalah kalo mesin belakang yang muter depan pake gardan juga jatohnya
) kelebihan mesin taro dibelakang panas cepat ngebuang dan gak butuh gardan, kalo mesinnya didepan ya pake gardan udah itu aja sih
- nambah gardan jadi partsnya lebih banyak
- nambah oli gardan yang rutih diganti setiap ganti oli juga (beda sama CV motor matic yang pakai karet)
- mobil tambah berat
nilai plus RWD yaitu
+ tarikan lebih sempurna (gaya dorong bukan gaya tarik) sehingga nanjak pun kuwat
+ penggerak roda belakang bisa 2 tipe mesin yaitu mesin taro didepan dan mesin taro dibelakang (yaiyalah kalo mesin belakang yang muter depan pake gardan juga jatohnya
![Hammer emoticon-Hammer](https://s.kaskus.id/images/smilies/sumbangan/8.gif)
![haloho.kk](https://s.kaskus.id/user/avatar/2017/01/13/avatar9529527_1.gif)
haloho.kk memberi reputasi
1
Tutup