News
Batal
KATEGORI
link has been copied
132
Lapor Hansip
24-04-2021 20:02

Muhammadiyah Usul Toa Masjid Hanya untuk Azan-Ikamah

Quote:

Jakarta - Artis Zaskia Adya Mecca memprotes cara membangunkan sahur dengan teriakan melalui Toa masjid. PP Muhammadiyah mengusulkan agar Toa masjid hanya digunakan untuk azan dan ikamah (panggilan segera berdiri untuk salat).
"Toa masjid harus ada aturan penggunaannya. Supaya tidak mengganggu masyarakat sekitar, cukup azan dan ikamah saja," kata Ketua PP Muhammadiyah Dadang Kahmad saat dihubungi, Jumat (23/4/2021).


Dadang mengatakan sebetulnya tidak ada masalah menggunakan Toa masjid untuk memberitahukan waktu sahur. Namun, dia menegaskan, pemberitahuan itu tidak disampaikan terus-menerus sehingga mengganggu masyarakat.

"Ya mungkin bisa pakai Toa masjid hanya memberitahukan waktunya sahur, cukup satu atau dua kalimat saja, tidak terus-terusan sehingga mengganggu keheningan orang yang sedang salat malam, munajat, atau anak bayi yang sedang tidur, supaya tidak mengganggu ibunya menyiapkan makan sahur keluarga," ucapnya.

Lebih lanjut Dadang juga menyarankan agar masyarakat tidak saling membangunkan sahur jika dalam lingkungannya yang masyarakatnya heterogen atau beragam agama. Sementara itu, jika dalam masyarakat homogen muslim, kata dia, tidak ada masalah penggunaan Toa untuk memberitahukan waktu sahur.

"Bagi daerah perkotaan yang heterogen berbagai umat tidak usah ada membangunkan sahur karena semua orang punya alarm jam, baik yang ada di HP maupun di weker. Bagi yang daerah homogen kaum muslim saja boleh pake Toa, tapi hanya sekali, tidak terus-menerus," ujarnya.


Sebelumnya, dalam video yang diunggah di Instagram seperti dilihat Jumat (23/4/2021), Zaskia Adya Mecca bertanya-tanya model membangunkan sahur dengan berteriak di Toa masjid. Dia bingung kalau cara itu disebut tengah jadi hits alias tren.

"Cuma mau nanya ini bangunin model gini lagi HITS katanya?! Trus etis ga si pake toa masjid bangunin model gini?? Apalagi kita tinggal di Indonesia yang agamanya pun beragam.. Apa iya dengan begini jadi tidak mengganggu yang lain tidak menjalankan Shaur?!" tulis Zaskia Adya Mecca.


https://news.detik.com/berita/d-5544...263.1617901736


Bikin juga spesifikasinya minimal pake JBL, biar agak merdu didengar emoticon-Imlek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 17 lainnya memberi reputasi
18
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Muhammadiyah Usul Toa Masjid Hanya untuk Azan-Ikamah
25-04-2021 08:41
kok jadi eluh yg usul.

yg keganggu masyarakat yg usul malah elu lagi elu lagi.

suara toak azan ajam masih begitu kerass mengganggu, kok malah ditambah ikamah.


gw muslim , gw beribadah sholat TIDAK PERLU PAKAI TOAKK. toak itu dipake akhir2 ini saja , dan penggunaannya meluas dan itu Salah.

profile-picture
profile-picture
Jangan.maling dan Makati2019 memberi reputasi
2 0
2
profile picture
newbie
25-04-2021 09:20
Buat orang yang tidak sholat di masjid memang tidak memerlukan toa, tapi buat seorang muslim yang ingin menjaga shalatnya di masjid penggunaan toa saat azan dan iqamah itu sangat perlu. Penggunaan toa untuk azan dan iqamah itu sudah yang paling pas, yang lebih dari itu baru perlu dihiilangkan.
Anda merasa terganggu dengan suara azan dan iqamah yang mungkin tidak lebih dari 5 menit? Dan kalau dikali 5 waktu sholat maka tidak lebih dari setengah jam. Anda mungkin menghabiskan waktu anda berjam-jam mendengarkan musik atau menonton film, tapi anda merasa terganggu mendengar suara azan dan iqamah yang tidak lebih dari setengah jam dalam sehari, dan anda mengaku muslim?
0
profile picture
kaskus geek
25-04-2021 10:17
@almuhibb Sholat ga perlu toak. Masih bantah saja . olalaaaa. Ga di rumah ga dipadang pasir sholat ga butuh toak. Gtu aja ga paham. Sampe bawa bawa ayat pertahanin toak.
0
profile picture
kaskus geek
25-04-2021 10:32
@TheTenant dari komen aja kliatan lo cuman ngaku2 doang atau cuman status di ktp doang
emoticon-Traveller
0
profile picture
newbie
25-04-2021 10:34
@TheTenant
Ya kalau anda tidak pernah sholat di masjid dan tidak pernah tertarik untuk sholat di masjid ya anda tidak akan paham gunanya toa.

Tapi seorang muslim yang waras dan ingin sholat di masjid pasti paham gunanya toa saat azan dan iqamah, ketika mendengar suara azan berarti waktu sholat telah tiba dan saatnya untuk bersiap-siap, ketika mendengar suara iqamah berarti sholat akan dilaksanakan dan saatnya untuk berangkat ke masjid. Alhamdulillah seorang muslim sangat merasakan manfaat dari penggunaan toa.

Zaman dahulu tidak ada toa, tapi ketika waktu sholat tiba muazin akan naik ke menara masjid atau tempat yang tinggi untuk kemudian melakukan azan dan iqamah dengan suara yang sekeras-kerasnya. Jadi anda ingin kembali ke cara jadul seperti itu?
Alhamdulillah penggunaan toa sudah memberi kemudahan bagi para muazin dan juga orang ingin sholat di masjid.
0
profile picture
kaskus geek
25-04-2021 10:50
@hantupuskom lu yg ngaku2 doang. Sholat kok butuh toak. Islam mana hoyy kayak gtu.
0
profile picture
kaskus geek
25-04-2021 10:53
@almuhibb toak
mulai ada kapan ? Ngomong sok bener nyatanya cuma pembenaran kesalahan yg bertahun tahun terjadi. Jaman gw kecil di mesjid dan langgar tidak pake toak. Elu aja yg memang males. Sekali kali toak lu hadapin depan rumah elu. Jangan ngadap ke rumah yg lain.
0
profile picture
newbie
25-04-2021 11:33
@TheTenant
Wah sepertinya anda sudah tua juga ya? Atau memang desa anda yang lambat mengikuti perkembangan zaman? Toa itu sudah digunakan di Indonesia sekitar tahun 60-an, dan selama berpuluh-puluh tahun tidak ada yang mempermasalahkan penggunaan toa di masjid, baik yang non muslim apalagi muslim, tentu selama masih dalam batas wajar (hanya digunakan untuk azan dan iqamah saja).

Yang mempermasalahkan penggunaan toa buat azan dan iqamah ya cuma orang yang berpenyakit hati seperti anda saja. Semoga Allah subhanahu wa ta'ala menghilangkan dari hati anda kebencian terhadap suara azan.
0
profile picture
kaskus geek
25-04-2021 11:45
@almuhibb tahun 1960 ga bisa buat pembenaran elu kencengin toak. Masih lebih lama keberadaan jaman tanpa toa. ya karena gw mengalami ga cuma teori. Ada yg keganggu toa itu juga nyata , ga mengada ada. Walopun muslim gw mengerti pentingnya menghargai yg lain. Mengjarhai kuping yg lain. Ini juga berlaku pada orang kristen yg stel spikerr kencang saat ibadah. Jadi ga cuma toak doang.Sesama muslim pun elu juga harus hargai jangan disamaratakan setuju suara toak. Belum twntu setuju suara toak kayak gtu.kalo elu masih lakukan pembenaran atas kesalahan kealahan sepetti itu ya maklum gw dengan cara pikir lu. Sekali kali coba lah lu tanya dan keliling skitaran rumah atau kampung yg tiap hari kena kencangnha suara hebat dari toak. Jawaban jujur atau ketakutan akan keliatan kok.

Sudah dibilang sholat itu ga butuh TOAK.
Tapi masih ngeyel. Egoisnya udah mendarah daging.


Allah ga suka orang yg berlebihan.
0
profile picture
kaskus addict
25-04-2021 12:57
@TheTenant @almuhibb Agan @almuhibb sudah pernah survei tidak ada yg mempermasalahkan penggunaan toa sejak bertahun-tahun khususnya di kalangan non muslim? Tolong share dong datanya
0
profile picture
newbie
25-04-2021 13:22
@Makati2019
Coba saja anda cari sendiri, apakah ada komplain dari kalangan non muslim tentang penggunaan toa untuk azan dalam batas wajar sejak bertahun-tahun yang lalu? Kayak gitu mah gak perlu survei2an, kalau memang ada coba yang protes coba saja anda tunjukkan dan apa alasannya, kalau gak ada berarti ya aman2 saja.

Salah satu bukti bahwa penggunaan toa untuk azan itu pada dasarnya tidak mengganggu bahkan bagi kalangan non muslim sekalipun, adalah kumandang azan yang bebas bergema di banyak negara yang minoritas muslim seperti di eropa, amerika serikat, dan yang lainnya.

Yang mengganggu itu bukan suara azannya, tapi kebencian yang ada di hati.
0
profile picture
kaskus addict
25-04-2021 13:48
@almuhibb Makanya ane tanya ente kenapa ente bisa terlalu maju mengambil kesimpulan tanpa bukti. Di pengadilan aja seorang diputuskan bersalah harus ada 3 bukti menguatkan, ente kasi 1 bukti aja kagak bisa

Bisa bandingkan zaman dulu n zaman now dgn sistem telnologi yg sudah berbeda n kebebasan mengeluarkan pendapat n gaya kepemimpinan penguasa yg juga berbeda n masyarakat juga yg sudah mulai kritis n tak takut.

Si risik kebanggaan kaum ente itu,yg sampai dibela-bela kalau di zaman mbah sudah gak kedengaran lagi suaranya krn adanya PETRUS

Di Eropa n US, ente buat kesimpulan lagi tanpa bukti akurat. Gak usah bawa2 negara luar deh, data dimari aja yg ente bilang gak ada yg mempermasalahkan ente belum kasi bukti
1
profile picture
kaskus addict
25-04-2021 14:22
@almuhibb
Jadi gak usah berkilah jelas suara toa mengganggu bukan hanya non muslim tapi muslim juga sebenarnya cuma takut bicara jujur.

Ente bayangkan gimana kalau semua rumah ibadah dari agama lain melakukan hal yg sama seperti masjid.Toa dipasang di atap gedung utk mamggil umatnya ibadah,mengingatkan utk berdoa n acara yg dilakukan didalam rumah ibadah juga pakai toa

Satu hal lagi kalau ada kebencian dari non muslim, masjid ente pasti sudah di bom dari dulu.
0
profile picture
newbie
25-04-2021 15:41
@Makati2019
Logika anda gimana sih? Kebalik mas, justru kalau anda bilang ada yang masalahin anda yang harus ngasih bukti, kalau anda gak bisa ngasih bukti berarti gak ada, paham sampai sini?
Anda bilang takut bicara jujur, lagi2 klaim tanpa bukti, anda minta sy ngasih bukti omongan sy, tapi anda sendiri buat asumsi tanpa bukti. emoticon-Cape deeehh

0
profile picture
kaskus addict
25-04-2021 20:05
@almuhibb Ente yg ngaco makanya jangan buat opini pribadi tanpa bukti itu namanya asbun. Kalau komen komen aja tapi gak usah buat kesimpulan yg ente tidak tahu kebenarannya. Wong edan juga bisa ngomong kayak ente kalau begituemoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)

Ente saja baru nyebut kalau ane claim tanpa bukti ketika ane bilang muslim juga banyak yg terganggu dgn suara toa tapi takut jujur berarti ente sudah secara langsung emoticon-Wkwkwkmengakui bhwa claim ente tidak ada yg mempermasalahkan toa sejak bertahun-tahun sudah ente patahkan sendiri dgn statement terakhir enteemoticon-Najis
Bahwasanya kesimpulan ente juga hanya asumsiemoticon-Bettytanpa bukti
Mudah banget ente kena jebakan, I got youemoticon-Ngacir2
0
profile picture
kaskus addict
26-04-2021 06:55
@almuhibb @TheTenant Orang permasalahkan toa dibilang benci azan. Sudah main agama nih yee?

Orang protes terorisme nanti dibilang benci Islam. Asyik ya main drama terdzalimi?

Agama kok buat mainan, agama itu buat bekal akhirat, jangan kau mainkan! emoticon-shakehand
0
profile picture
kaskus geek
26-04-2021 08:41
[mention][/mention] @almuhibb toaknya yang ganggu bahlulll, lu adzan tanpa toak sana . atau kalau dengan toak hadapin toaknya deket pintu rumah lu. Gw ngomong juga gw pakai perasaan yg ada di masyarak. Trutama yg tinggalnha deket musolla atau mesjid yg ada toaknya. Satu perkampungan padat penduduk saja musolla bisa sampai empat pake toak semua , dan
saut sautan karena jadwal mereka juga berbeda beda, ga sinkron. Emang orang2 yg kena kerasnya suara toak berani komplen.? Kagak berani mereka , belum lagi orang sakit. Makanya sekali kali toak lu hadapin pintu rumah elu. Biar tau rasanya. Mau sholat kok harus pakai toak . Suara kebisingan lain juga gw protes bukan cuma suara toak l, termasuk spikerr buat ibadah orang kristen.
1
Memuat data ...
1 - 16 dari 16 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia