News
Batal
KATEGORI
link has been copied
148
Lapor Hansip
19-04-2021 13:59

Kata Orang RI Tanah Surga, Bawang Putih Saja Masih Impor Bos!

Kata Orang RI Tanah Surga, Bawang Putih Saja Masih Impor Bos!

Jakarta, CNBC Indonesia - Impor barang konsumsi rata-rata mengalami kenaikan di kuartal I tahun ini. Mulai dari beras, daging lembu hingga bawang putih.
Untuk bawang putih, kenaikan impor di kuartal I ini bahkan mencapai 165% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Bahkan secara bulanan impor ini juga naik.
Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) yang dikutip Senin (19/4/2021), tercatat impor pada kuartal I ini sebanyak 53.536,9 ton atau naik 165,23% dari kuartal I-2020 yang tercatat sebanyak 20.184,98 ton.

Jika dilihat dari bulan ke bulan (month to month/mtm) impor juga alami kenaikan yang signifikan. Bahkan impor naik hampir 300%.
Pada Maret, impor bawang putih tercatat 5.825,5 ton atau naik tajam 294,21% dibandingkan dengan Februari 2021 yang sebanyak 1.477,7 ton.

Sedangkan, dibandingkan Maret 2020, impor bawang putih alami penurunan yang cukup dalam yakni 66,91% yang tercatat sebanyak 17.606,5 ton.
Ada empat negara pengimpor utama bawang putih ke Indonesia pada Maret ini. Namun yang paling mendominasi adalah bawang putih asal China.

Berikut negara pengimpor bawang putih pada Maret 2021:
1. China sebanyak 5.796 ton dengan nilai US$ 6,9 juta
2. Amerika Serikat sebanyak 25,5 ton dengan nilai US$ 157.330
3. India sebanyak 3,8 ton dengan nilai US$ 7.640
4. Jerman sebanyak 60 kg dengan nilai US$ 265

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...asih-impor-bos
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 23 lainnya memberi reputasi
22
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Kata Orang RI Tanah Surga, Bawang Putih Saja Masih Impor Bos!
19-04-2021 14:06
bawang emang susah tumbuhnya di indonesia, gampangan bawang merah

lantas ngapain maksa nanam di indonesia kalau hasilnya jelek dan prosesnya mahal?

eropa konsumsi coklat dan kopi kaga maksa nanam coklat dan kopi disana
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
profile picture
kaskus geek
19-04-2021 14:11
bawang putih itu tanaman subtropis, sama kek kedele, klo pun tumbuh akan lebih kecil ketimbang di alam aslinya
6
profile picture
kaskus maniac
19-04-2021 14:15
@tukangbeling7 naa ini, penjelasan sip
2
profile picture
kaskus addict
19-04-2021 18:32
bawang putihnya lagi mbabu atau malah pacaran sama pangeran
0
profile picture
aktivis kaskus
19-04-2021 20:18
isu yang selalu di mainkan kadrun tiap kali ada berita soal impor bawang putih untuk ngejatuhin Jokowi. Faktanya Indonesia itu impor bawang putih udah sejak 25 tahun lalu jauh ketika Jokowi belom jadi presiden...tapi Kadrun yg pada goblok mana ngerti, punya kuota cuman dibuat untuk nyebarin hoaks atau dengerin ceramah dari para ulama khawarij mereka yg gemar sekali ceramah provokasi kebencian.

Kata Orang RI Tanah Surga, Bawang Putih Saja Masih Impor Bos!

Fakta bahwa bawang putih selalu impor adalah karena memang iklim Indonesia kurang cocok untuk menanam bawang putih, bersama juga komoditas kedelai dan juga gandum.

Bisa sih maksa untuk di tanam dan bisa panen, tapi nilai ekonomisnya akan jauh lebih kecil ketimbang impor dari produsen utama komoditas tersebut. Untuk komoditas gandum bahkan Indonesia itu adalah negara pengimpor gandum terbesar di dunia loh, karena konsumsi untuk pangan yang berbasis gandum seperti tepung juga sangat besar. Indonesia adalah produsen mie instan terbesar di dunia loh dan konsumen mie instan terbesar kedua setelah China, belum lagi kebutuhan olahan pangan lainnya yang memakai bahan baku tepung terigu.
1
profile picture
kaskus maniac
19-04-2021 21:00
[MENTION]justice league[/MENTION]
Tapi ketergantungan terigu di Indonesia udah sangat tinggi. Dari gorengan pinggir jalan sampai roti tart Jan Ethes pasti ada terigunya. Ini kalo dibiarkan berlarut-larut malah akan jadi bom waktu, apalagi jika ada embargo terigu dari negara eksportir.
1
profile picture
kaskus maniac
19-04-2021 21:31
Soal terigu, sebenarnya, apakah gandum juga tanaman subtropis?

Atau gandum bisa ditanam di tanah tropis, tapi ga ada tempatnya, karena memang kita utamanya ke padi buat nasi?
0
profile picture
aktivis kaskus
19-04-2021 21:33
@Gailham
Bener sekali bre..dengan impor sekitar 11 juta ton lebih di tahun 2020, Indonesia merupakan importir gandum terbesar di dunia, karena emang kebutuhannya juga besar bahkan tiap tahun selalu naik
.
Dan untuk memenuhi kebutuhan yang besar itu untungnya ada Australia yg merupakan produsen gandum terbesar di dunia yg udah sejak lama jadi mitra tradisional Indonesia dan penyediaan suplai gandum untuk kebutuhan pangan turunan dan pakan ternak. Kerjasama ini menjadi hubungan mutualisme antara keduanya, letak geografis yg saling berdekatan menjadi faktor yg paling menguntungkan yg mempertemukan antara produsen terbesar dan konsumen terbesar.
Produsen tepung domestik Indonesia bahkan mengatakan bahwa gandum Australia adalah yg paling cocok untuk kebutuhan industri mie dan produk pangan yg ada di Indonesia.

Tapi situasi ini disisi bisa menjadi hal mengkhawatirkan. Kebutuhan gandum pd umumnya dan terigu pd khususnya yg makin tinggi yg hanya bisa di penuhi lewat impor bisa menjadi ancamam kemandirian dan kedaulatan pangan Indonesia.
Ketergantungan Indonesian terhadap impor gandum dari Australia bisa dibayangi ancaman adanya gangguan hubungan diplomatik yg berimbas pada hubungan dagang di antara keduanya, dlm hal ini adalah keran impor gandum ke Indonesia bisa saja di tutup. Dan kalo itu terjadi tentu akan berdampak pada stabilitas makro ekonomi indonesia yg berkaitan dgn industri pangan.

Untuk mengatasi hal ini mau gak mau ketergantungan terhadap terigu itu harus ada upaya untuk mengubah pola kebutuhan pangan masyarakat indonesia. Salah satunya lewat program diversifikasi penyediaan pangan alternatif. Tahun lalu presiden Jokowi lewat Menhan Prabowo telah mengadakan proyek sejuta hektar lahan singkong sebagai bentuk program ketahanan pangan. Di harapkan dengan meningkatnya suplai singkong di Indonesia maka kebutuhan tepung atau pangan yg berbasis dari singkong akan makin meningkat juga dan pelan-pelan bisa mengubah kebiasaan makan masyarakat indonesia.
1
profile picture
kaskus maniac
19-04-2021 21:44
[MENTION]justice league[/MENTION]
Singkong tanpa disadari banyak orang emang udah jadi raw material buat berbagai industri gan, gak cuma pangan aja. Sekarang sentra singkong utamanya ada di Lampung.

Lalu ada mocaf yang bisa jadi alternatif terigu. Sayang prospek produk turunan singkong ini masih belum cerah, masih lebih mudah dan lebih murah impor gandum. Jadi tantangan juga ini.
1
profile picture
aktivis kaskus
19-04-2021 22:26
@Gailham

Setuju bre.. belom banyak yang sadar emang tentang kebermanfaatan singkong ini dan selama ini keberadaannya pun dipandang sebelah mata karena olahan pangan berbasis singkong atau produk turunan singkong mungkin belom sekaya terigu.

Tapi dengan program food estate lewat singkong yg di kawal oleh Prabowo ini mudah-mudahan bisa bikin prospek singkong makin cerah bre... Secara iklim dan tanah Indonesia yg subur itu emang cocok banget untuk singkong, kan gampang banget tuh tanam singkong..tinggal tancap saja batangnya tar lama2 tumbuh deh tuh pohonnya. Makin subur tanahnya (atau makin kuat pupuknya) makin gede singkongnya, belum lagi daunnya yg juga bisa di makan.

Mudah-mudahan aja sih tuh program bisa berjalan scr kontinyu siapa pun presidennya, sebab 20-25 tahun lagi klo konsisten dijalankan maka singkong bisa jadi komoditi yg penting tuh. Dengan melimpahnya suplai singkong pasti industri atau pasar akan menyerapnya dan melihat potensi pengolahannya, nah dari situ siapa tau akan muncul inovasi-inovasi olahan pangan yg berbasis singkong. Misal Kalo selama ini udah ada mie dari terigu (mie instan, mie ayam dsb), mie dari beras (bihun), barangkali nanti ada inovasi mie dari tepung singkong...who knows kan.

Dan kalo dah gitu sodara dari singkong yaitu ubi bisa jadi ikutan keangkat tuh yg mana pada akhirnya diversifikasi pangan jadi lebih banyak yg berimbas pada kemandirian pangan dan ketergantungan akan terigu.
1
profile picture
kaskus addict
20-04-2021 08:32
Iya sama padi juga susah tumbuh di indonesia ngapain nanem kalo bisa improttt emoticon-Malu
0
profile picture
kaskus maniac
20-04-2021 09:21
@BamzDelonge padi susah tumbuh di indonesia? lu cacad mental? padi import karena semua se NKRI dipaksa makan nasi, jadinya ga cukup kebutuhan di sini
0
profile picture
kaskus addict
20-04-2021 10:10
@Rasuna Fakta dilapangan ga ada alesan Imprott emoticon-Malu TKP1 TKP2
0
profile picture
kaskus maniac
20-04-2021 11:03
@Gailham [mention]justice league[/mention] stop makan indomie, stop makan mie ayam dan segala hal yang berbau mie...suruh 1 indonesia laksanakan niscaya impor gandum bisa kurang dari 50 persen...
1
profile picture
aktivis kaskus
20-04-2021 12:12
@Pitrelli @Gailham

Gile lu bre.. suruh stop makan indomie trus tar nasib anak kos akhir bulan yg tidak dipelihara oleh negara itu pegimane bre...emoticon-Hammer2
1
profile picture
kaskus maniac
20-04-2021 13:06
@Gailham [mention]justice league[/mention] jiahahaha suruh makan singkong aja lah, murah sekilo cuma 7000 perak, tinggal titip ibu kos rebusin, lo pakein micin dah...mirip2 rasa indomi jadi nya
0
profile picture
kaskus geek
20-04-2021 13:43
@Gailham [mention]justice league[/mention] singkong itu masa tanam 8 bulan & tepung yg dihasilkan gak akan sama dgn terigu
0
Memuat data ...
1 - 16 dari 16 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia