Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
68
Lapor Hansip
09-04-2021 08:13

Apakah Produktif Harus Selalu Menghasilkan Profit ?

Apakah Produktif Harus Selalu Menghasilkan Profit ?
Gambar ngambil di Google

Pernahkah merasa kurang berguna, mau ngelakuin suatu hal pasti rasanya serba salah. Apalagi soal hobi, ini yang sering terjadi. Contohnya misal ts lagi belajar gitaran di kamar sendirian, tiba tiba mikir kok kayak ngga ada guna belajar gitar karena ngga ngehasilin apa apa dari ngebawain lagu atau ngecover dsb. Dan itu jadi penghancur mood dan ngebuat ts mikir untuk udahan belajar gitarnya.

Sering juga tuh di medsos atau di artikel artikel, banyak yang nulis "kita itu harus produktif selama masa pandemi ini", terus dibuat juga listickle di artikelnya produktifnya kayak ngisi waktu luang dengan hobi. Tapi yang jadi pertanyaan lagi nih ya, apakah produktif itu harus menghasilkan suatu profit? Kalo iya, berarti artikel itu salah dong.. Tapi kalo tidak harus menghasilkan profit, berarti ada yang salah dengan ts yang merasa kurang berguna.

Contoh lain yang membuat ts bertanya tanya adalah ada artikel yang mengatakan bahwa denger podcast itu produktif. Menurut ts, ada kalanya denger podcast itu produktif dan ada kalanya tidak. Misal dengar podcast waktu ngerjain tugas, karena bakalan bingung mau fokus kemana, alhasil pengerjaan tugasnya melambat. Selain itu juga, ngedegar podcast pasti membutuhkan paket internet yang pasti kalo durasinya berjam-jam bakalan ngehabisin paket bisa sampe gigaan byte.

Kalo menurut ts sendiri sih, produktif itu ngga harus ngehasilin profit kayak uang dan keuntungan finansial lainnya, karena produktif juga secara harfiah berarti menghasilkan suatu keluaran yang berguna. Nah mungkin dari gitaran, bisa meningkatkan skill ts dalam bermusik yang sewaktu waktu nanti ada gunanya, ya namanya nasib mana ada manusia yang tau, iya kan?... Tapi pertanyaan ts masih belum terjawab nih yang masalah kenapa rasanya kurang berguna kalo lagi menyalurkan hobi, apakah ts melakukannya diwaktu yang kurang tepat? Atau ts seharusnya menyalurkan hobi yang berbeda?

Mungkin itu saja, sekian keresahan dari ts... Harapannya sih ada yang lebih paham dan bisa menjelaskannya di komentar... Kalo engga juga gapapa, paling tidak ada diskusi pada kolom komentar dibawah.

Terima kasih 🙏
Diubah oleh rizapadlevi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
i.am.legend. dan 21 lainnya memberi reputasi
20
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Apakah Produktif Harus Selalu Menghasilkan Profit ?
10-04-2021 17:25
Saya dulu produktif nulis artikel di blog, tapi gk untung malah buntung, akhirnya saya berhenti blogging
profile-picture
profile-picture
rizapadlevi dan setiapmenit memberi reputasi
2 0
2
profile picture
kaskus holic
10-04-2021 21:48
Nah ini juga nih kasus yang mirip sama ane, kek jadi pematah kita untuk mendalami passion gitu emoticon-Big Grin

Ane tuh sering ikut lomba online tapi ngga pernah menang wkwkwk, jadi males buat ngikut lagi takut cuman ngabisin waktu emoticon-Big Grin

Mungkin ane coba lagi aja kali ya gan, mungkin bukan waktunya aja emoticon-Big Grin
0
profile picture
kaskus maniac
11-04-2021 08:07
@rizapadlevi kalo saya nulis artikel luar biasa bermanfaat dan unik original di blog sendiri gk dapat apa-apa, bahkan komentar pengunjung pun gk ada, padahal viewer banyak,,, eh sekalinya sesekali ikutan lomba nulis, saya selalu menang, karena mayoritas lawan saya orang yg biasa nulis status sosmed (lombanya di sosmed), nah saya biasa nulis artikel ribuan kata di blog.

sekarang saya gk bisa idealis kayak dulu, karena sekarang sudah berkeluarga, kalo saya idealis, anak bini bisa gk makan, idealis gk ada duitnya, kayak saya dulu blogging gk dapat apa-apa, saya peduli dengan orang, tapi tidak sebaliknya, habis baca langsung close tab.
2
profile picture
kaskus holic
11-04-2021 08:40
@luxm4n makasih pengalamannya gan, berarti milih kegiatan produktif apa yang bakal dilakuin juga harus sesuai keadaan
0
profile picture
kaskus maniac
11-04-2021 20:27
@rizapadlevi sama-sama, saya memilih fokus produktif di real life, karena orangnya relatif sopan, terakhir saya aktif mengedukasi netizen, saya dikatain nolep (no life), padahal saya meluangkan waktu hanya untuk sharing.
2
Memuat data ...
1 - 4 dari 4 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
Stories from the Heart
renjana---cinta-tanpa-karena
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
B-Log Collections
Heart to Heart
rindu
B-Log Personal
aldebaran
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia