News
Batal
KATEGORI
link has been copied
107
Lapor Hansip
09-04-2021 17:46

Setelah Membentuk KPK Pemprov DKI, Anies Kembali Bentuk KPK Ibu Kota

VIVA – Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan melakukan berbagai cara untuk mencegah terjadinya praktik tindak pidana korupsi di jajarannya. Salah satunya dengan membentuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ibu Kota.

"Kita lakukan di Jakarta adalah dengan membentuk KPK Ibu Kota," kata Anies di Jakarta, Kamis, 8 April 2021.

Anies menjelaskan, lembaga antirasuah Ibu Kota ini tugasnya untuk membantu gubernur di dalam mengawasi, memantau praktik-praktik yang terjadi di DKI.

"Bila terjadi masalah, maka kita bisa menindak dengan cepat dan akan terus-menerus melakukan peningkatan atau improvement atas sistem kita," ujarnya.

Anies menyebutkan, ada tiga unsur penyebab orang melakukan tindak pidana korupsi di Indonesia.

"Kami melihat ada tiga unsur penyebab mengapa muncul korupsi, saya menggarisbawahi tiga kelompok besar korupsi karena kebutuhan, korupsi karena keserakahan, dan korupsi karena sistem korupsi," kata Anies.

Ia menjelaskan, persoalan kebutuhan itu dapat diselesaikan dengan memberikan pendapatan yang cukup untuk hidup layak. Kalau kebutuhan hidup layak tidak bisa dipenuhi di tempat dia bekerja maka tanggung jawab di rumah yang harus ditunaikan.

"Dia harus cari peluang lain untuk bisa menutup kebutuhannya, bila peluang yang ditemukannya itu merupakan kegiatan di kantor untuk tambahan masih aman tapi bila kewenangan yang dimilikinya kemudian dipandang sebagai cara untuk mendapatkan pendapatan tambahan di sinilah letak masalahnya," katanya.

Hal kedua, lanjut Anies, korupsi karena keserakahan. Menurut dia, serakah itu sesuatu yang tidak ada ujungnya. Maka, cara menghadapinya adalah dengan hukuman yang berat, sanksi yang tegas, sanksi yang tidak pandang bulu ini yang kemudian menjadi solusi.

Ketiga soal sistem. Menurutnya, sistem ini adalah situasi di mana bukan karena kebutuhan, bukan karena keserakahan tapi karena proses yang dikerjakannya, kondisi yang dihadapinya bisa membuat dinilai bahkan terjebak di dalam praktik korupsi.

"Ini yang perlu solusi sistemik. Disinilah terus menerus harus dicari terobosannya dan mereka-mereka yang memiliki niat untuk melakukan korupsi," katanya.

https://id.berita.yahoo.com/cegah-ko...170810836.html


hmmm....cuman bisa koment

#AniesKeren


Setelah Membentuk KPK Pemprov DKI, Anies Kembali Bentuk KPK Ibu Kota
Diubah oleh HadesManes
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ubingaskus dan 17 lainnya memberi reputasi
16
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Setelah Membentuk KPK Pemprov DKI, Anies Kembali Bentuk KPK Ibu Kota
09-04-2021 18:05
lha dia sendiri biang korupsi kok, berhubung masih ada sepupunya si mata satu di KPK makanya aman2 aja emoticon-Imlek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
14145 dan 19 lainnya memberi reputasi
20 0
20
profile picture
kaskuser
09-04-2021 23:07
pake bahasa yang sopan dong gan, misalnya masih keturunan cyclops gitu emoticon-Big Grin
2
profile picture
kaskus addict
10-04-2021 00:52
Mata satu yang bakalan nonggol kalo mo kiamat ya?
1
profile picture
kaskus geek
12-04-2021 11:49
@fvckboyz123 nick furry ? emoticon-Big Grin
1
profile picture
kaskus addict
12-04-2021 16:37
orang ketimpa musibah, malah diolok2, serendah itukah moral buzzer??
-6
profile picture
kaskuser
19-04-2021 16:06
@poetra09 terlepas dari musibah, dan mengolok2, memang begitu adanya kok
0
profile picture
kaskus addict
21-04-2021 13:24
@poetra09 @Jiuhere mang dia mata satu bukan? Terus dibilang apa dong?
0
profile picture
kaskus addict
21-04-2021 18:22
@Jiuhere terlepas dari apa adannya , itu namannya mengolok2 orang yg sedang tertimpa musibah, moral compass orang yg mengolok2 orang yg tertimpa musibah perlu dipertanyakan keberadaannya
0
profile picture
kaskus addict
21-04-2021 18:23
@Jiuhere @aaaa1 sebut saja namannya, setiap manusia pasti ada kekurangnnya, emank nya elu suka kalu dipanggil dengan kekurangan lu??
0
profile picture
kaskus addict
21-04-2021 18:23
@Jiuhere @poetra09 justru ksrena era skrg gk brani sebut nama gan, kan ada UU ITE.
0
profile picture
kaskus geek
21-04-2021 18:30
@poetra09 kadrun pecundang cam kaw bicara moral compass? liat cermin drun emoticon-Leh Uga
0
profile picture
kaskus addict
02-05-2021 08:56
@aaaa1 @poetra09 @Jiuhere itu di atas udah ada yang bilang Nick Fury biar lebih keren emoticon-Malu
0
profile picture
aktivis kaskus
07-05-2021 13:01
@poetra09

Trus moral orang yg nyiksa, nyetrum, nembak orang yg disangka pencuri sarang walet gimana???????

Dapat salam dr Toean SATOEMATA (warkop DKI)
0
profile picture
kaskus addict
08-05-2021 04:01
@artyudha kasih sini link berita kalau yg elu klaim udah diaminin/diiyakan sama hakim, jd bukan sebatas klaim2, kalau cuma sebatas klaim cebong kadrun juga pintar kalau cuma begitu
0
Memuat data ...
1 - 13 dari 13 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia