Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
156
Lapor Hansip
07-04-2021 17:11

Merebus Daging Agar Empuk dan Irit Gas Cukup 12 Menit? Gunakan Cara Ini!

Merebus Daging Agar Empuk dan Irit Gas Cukup 12 Menit? Gunakan Cara Ini!
sumber
Hai hai Agan dan Sista, setelah sebelumnya ane telah berbagi tips cara elegant mengusir ayam tetangga dari teras rumah, kali ini ane ingin berbagi tips tentang dunia per-dapur-an nih, GanSist. Bagaimana cara merebus daging biar empuk nggak pake lama plus hemat gas? Berapa lama biasanya GanSist merebus daging? Sejam, dua jam, atau sampe kelupaan pas lagi merebus saking lamanyaemoticon-Cape d.... Bisa dibayangkan stok gas pastinya akan lebih cepat habis dari pemakaian biasanya.

Di daerah ane untuk membeli gas melon ada jadwalnya, GanSist, telat sedikit bakalan kehabisan yang berujung ane harus muter-muter ke tiap warung dan harus rela merogoh kocek lebih dalam. Harga gas yang dijual bisa selisih Rp. 5000 dari agen dekat rumah. Jadi, kalo ane ngerebus daging, kacang hijau, ketan hitam, atau apa pun yang membutuhkan waktu lama ane menggunakan trik 5-30-7. Merebus menggunakan kompor hanya membutuhkan waktu 12 menit sajaemoticon-Wow

Trik 5-30-7 adalah cara memasak memakai waktu, GanSist. Untuk 5 menit pertama bahan makanan semisal daging direbus di atas kompor dengan api sedang. Setelah daging direbus selama 5 menit, kemudian matikan kompor lalu tutup rapat panci rebusan daging tersebut. Tahap dua, 30 menit didiamkan dalam keadaan tertutup rapat, ya, GanSist. Jangan dibuka selama setengah jam, setelah 30 menit, nyalakan kembali kompor dan rebus selama 7 menit.
Merebus Daging Agar Empuk dan Irit Gas Cukup 12 Menit? Gunakan Cara Ini!
sumber
Ane sudah menggunakan metode 5-30-7 untuk bahan makanan yang butuh perebusan lama, semisal daging, kacang hijau, dan ketan item. Kalo untuk daging, seperti balungan atau iga, waktu perebusan ane tambahkan selama 10 sampe 15 menit, biar lebih empuk. Untuk ketan item, kalo dulu ane bisa masak berjam-jam sekarang mah cukup 12 menit perebusan. Ane gak perlu was-was kehabisan gas pada saat memasak.

Metode merebus tersebut ane gunakan tentunya untuk menghemat gas, GanSist. Mungkin ada yang bertanya, kenapa nggak pake presto aja sih, kan lebih cepat matengemoticon-Cape deeehh Meskipun ane punya panci presto, ane merasa lebih praktis pake metode 5-30-7 untuk memasak bahan makanan yang jumlahnya sedikit.

Metode ini juga cocok buat emak-emak di rumah yang tidak punya panci presto dan ingin agar gas melonnya tidak boros, apalagi sebentar lagi bulan Ramadhan dan Lebaran. Metode ini juga bisa digunakan untuk memasak ketupat atau lontong, ya, GanSist. Ane nggak menyarankan untuk memasak bahan makanan yang membutuhkan bumbu meresap dengan sempurna ya, GanSist, semisal rendang. Oiya, trik ini ane dapatkan di salah satu grup memasak yang ane ikuti di FB.

Ane pamit undur diri, sampai jumpa di thread ane selanjutnya. Semoga bermanfaat, sehat dan bahagia selalu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
betiatina dan 47 lainnya memberi reputasi
46
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Merebus Daging Agar Empuk dan Irit Gas Cukup 12 Menit? Gunakan Cara Ini!
09-04-2021 02:33
afaik kalau masak daging nunggu airnya mendidih dulu baru dimasukin dagingnya bukan? kalau 5-30-7 itu setau ane 5menit pertama didihkan air, baru masukin daging & ditutup selama 30menit, baru disimmer(api kecil) selama 7-10 menit cmiiw
profile-picture
viensi memberi reputasi
1 0
1
profile picture
kaskus maniac
10-04-2021 16:04
Setau ane malah 5 menit itu kondisi hitungan ketika daging udah masuk gan. Jadi ngrebus air dulu sampe mendidih, nah baru dimasukin dagingnya 5 menit direbus trus matiin selama 30 menit baru direbus lagi selama 7 menit..
Btw klo kek agan 5 menit mendidih trus masukin daging tutup selama 30 mwnit emanfnya mateng gan? Kan selama 30 menit itu kompor mati?? emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
0
profile picture
kaskus addict
10-04-2021 16:26
@marikemana oiyaya thanks pencerahannya gan, biasanya gitu sih ane kalau ngerebus daging, empuk juga gan hehee pas 7menit pake api kecilnya baru deh tambahin bahan pelengkapnya buat jadiin soup/apa aja.. kalau dimarinade dulu (direndem di cuka, asam, garem, merica dll) apalagi kalau pake tenderizer cepet bgt lunaknya soalnya gan..
0
profile picture
kaskus maniac
14-04-2021 16:44
@keenan09 emang jadi lebih praktis sih gan, lebih hemat lpg juga jadinya. Bener klo mau dimasak yg berkuah mah langsung aja tambahin bahan2 pelengkapnya, kuahnya dipake buat kaldunya jadi makin enak ..
Ane belom pernah marinade daging pake tenderizer, btw tenderizer apaan yak?
0
profile picture
kaskus addict
14-04-2021 20:07
@marikemana bahan pelunak gitu gan, powder gitu
0
profile picture
kaskus maniac
15-04-2021 08:34
@keenan09 oh kek ada yg nyaranin pake soda kue juga, mirip kek begitu lah ya
0
Memuat data ...
1 - 5 dari 5 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia