Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
263
Lapor Hansip
04-04-2021 10:41

MENGAPA ORANG JAWA SANGAT TIDAK MENYUKAI IKAN

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Semoga kita semua masih diberikan kesehatan dan keberkahan


Langsung aja ya ke topik.

Ikan


Ikan adalah lauk pauk yang berasal dari perairan. Ikan adalah salah satu lauk pokok penduduk indonesia. Selain rasanya yang enak, ikan juga mengandung protein tinggi dan omega 3 yg berguna untuk perkembangan otak. Ikan juga merupakan lauk favorit di berbagai daerah di indonesia. Tapi ada alasan mengapa di daerah jawa (jawa tengah, yogyakarta, dan jawa timur) kurang menyukai ikan. Mari kita ulas

Pada dasarnya orang jawa adalah agraris, hal ini yg membuat orang jawa bergeser dari yg dahulunya bekerja di sektor maritim, beralih ke agraris. Begitupun peralihan makanan dari makanan ikan ke makanan daging (khususnya unggas).

Namun tidak semua orang jawa tidak menyukai ikan, nyatanya di daerah pesisir seperti semarang dan jepara menggemari ikan. Berbeda dengan daerah lainnya yg kurang menyukai ikan, terutama di yogyakarta sangat kurang sekali konsumsi ikan.

Beberapa alasan mengapa orang jawa tidak menyukai ikan antara lain:

1


2


3


4


Hal inilah yg membuat saya terheran heran, mengapa di jawa khususnya di JATENG, DIY, JATIM, sangat jarang bahkan tidak ada makanan khas asli sana yang berbahan dasar ikan.

Bahkan sebaliknya, jika kita mau mencari makanan berbahan dasar lauk ayam, sangat mudah mencarinya. Mulai dari:
- Ayam goreng
- Ayam gudeg
- Soto ayam
- Mi ayam
- Ayam bumbu laos
- Garang asem ayam
- Ayam lodho
- Ayam bakar
- bubur ayam

Pengalaman saya di jawa, khususnya di jogja selama 6 tahun membuat saya sadar bahwa masakan ayam adalah primadona kuliner disana. Mulai dari prasmanan, tenda pecel lele, warung penyetan, sampai warung makan padang kebanyakan menghadirkan makanan berbahan dasar ayam, bukan ikan.

Memang ada sih rumah makan yang menghadirkan masakan seafood & ikan, tapi itupun tidak banyak dan rata2 pengkonsumsinya dari luar jawa.

Pernah juga saya ke pasar ikan depok, parangtritis. Yang membuat saya heran, ternyata semua ikan nya berasal dari semarang dan jepara. Padahal secara geografis, jogja adalah daerah yg lebih dekat ke pesisir selatan.

Ikan


Rendahnya konsumsi ikan di jawa sebenarnya juga terlihat dari konsumsi ikan per kapita. Rata-rata konsumsi ikan per kapita nasional di tahun 2020 adalah 54,6 kg/kapita. Hal ini berbeda sekali dengan di jateng, DIY, jatim dimana hanya 29 kg/kapita. Artinya konsumsi ikan masih sangatlah rendah.

Padahal menurut saya, ikan adalah lauk no 1. Mau dibuat apapun enak, tanpa harus melalu tahapan yang ribet.

Pernah di tahun 2018 ketika saya dengan istri dan anak saya ke solo (ke rumah nenek dari istri), istri saya membuat pindang patin ala palembang. Dan beginilah reaksi keluarga di solo:

Istri: “ini sudah saya buatkan pindang patin”
Bude: “IKI OPO NDUK?”
Istri: “ini pindang patin bude”
Bude: “ih emoh aku, moso iwak urip dipangan”

Ikan Pindang


Seketika istri saya langsung kecewa karena sudah masak ikan banyak tapi keluarga disana gak ada yg mau makan. Akhirnya saya dan istri saja yg makan pindang patin berdua, sedangkan keluarga istri makan ayam goreng hahaha.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
songosongo dan 14 lainnya memberi reputasi
11
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
MENGAPA ORANG JAWA SANGAT TIDAK MENYUKAI IKAN
04-04-2021 18:13
sebagai orang pantura yg menghabiskan separo hidupnya mengkonsumsi ikan laut segar (& ikan sungai), rasanya agak anomali dengan pernyataan TS. Daerah pantura khususnya utk konsumsi harian plg sering di jumpai olahan ikan laut dari yg diasinkan sampai yg plg ultimate "diasap" (kota2 sepanjang pantura rata2 punya industri pengolahan ikan (baik rumahan maupun industri besar), hasil dari industri rumahan biasanya utk konsumsi umum. Bisa dibilang konsumsi ikan segar mungkin ga sebesar daerah lain tapi untuk konsumsi ikan olahan bisalah bersaing sama sumber protein lain. Di kota asal ane makanan favorit saat siang hari adalah ikan pe (pari) pecak sambal + sayur asem.
Diubah oleh yoxchuy
0 0
0
profile picture
kaskus maniac
04-04-2021 18:56


buat TS Jawa itu cuma suku Jawa yang tinggal macam di Yogya atau Surabaya dan sekitarnya, sisanya Alien

padahal satu pulau Jawa itu banyak suku yg disitu banyak kulturnya juga
0
profile picture
04-04-2021 19:48
kayanya mau dibuat penggiringan opini, makan ikan = lebih pinter, gk makan ikan = bodoh, suku yang gk makan ikan=....(isi sendiri) intinya mau bilang kaya gitu
0
profile picture
kaskuser
04-04-2021 20:36
@bandarjimat87 thanks gan, ane termasuk yg pinter dong selama di kampung hampir tiap hari makan ikan "nyar2an" (ikan fresh yang setelah lelang kemudian dijual retail di pasar seputaran TPI dan langsung diolah jadi lauk hari itu juga)
0
profile picture
04-04-2021 20:45
@yoxchuy emg ente kampung dmn?
0
profile picture
kaskuser
04-04-2021 21:34
@bandarjimat87 pantura ngapak bre
0
Memuat data ...
1 - 5 dari 5 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia