News
Batal
KATEGORI
link has been copied
369
Lapor Hansip
29-03-2021 18:01

Soal bom Makassar, Husin Shihab sentil MUI: Mereka takbir,syahadat,itu bukan Islam?

Soal bom Makassar, Husin Shihab sentil MUI: Mereka takbir,syahadat,itu bukan Islam?

Bom bunuh diri yang meledak di depan Gereja Katedral Makassar pada Minggu (28/3) pagi kemarin menggegerkan publik. Sejumlah pihak pun angkat suara, termasuk MUI alias Majelis Ulama Indonesia. MUI meminta peristiwa bom di Makassar ini tidak dikaitkan dengan agama.

Pernyataan MUI itu pun segera mendapat tanggapan dari berbagai pihak, salah satunya Ketua Cyber Indonesia, Husin Alwi Shihab. Dalam tulisannya, Husin Shihab menyentil MUI atas pernyataan yang mengatakan peristiwa bom Makassar jangan dikaitkan dengan agama.

Husin Shihab mengatakan, jikalau teroris tersebut bukan orang beragama Islam, MUI seharusnya bisa menjelaskan aliran apa yang dianut oleh teroris itu. Tak cuma itu, kata Husin Shihab, MUI juga seharusnya bisa mengeluarkan fatwa terkait hal tersebut.

“Orang kafir nih, @MUIPusat? Kalau memang teroris itu bukan Islam mestinya MUI menjelaskan apa aliran yg dianutnya dan keluarkan fatwanya,” tulis Husin Shihab melalui akun Twitter miliknya, dilansir Hops.ID pada Senin, 29 Maret 2021.

Soal bom Makassar, Husin Shihab sentil MUI: Mereka takbir,syahadat,itu bukan Islam?

Lebih lanjut, Husin Shihab juga menerangkan bahwa para teroris tersebut berteriak mengucapkan kalimat takbir, serta membaca dua kalimat syahadat, yang mana merupakan syarat untuk menjadi pemeluk agama Islam. Karena itu, Husin Shihab pun mempertanyakan kepada MUI, apakah teroris tersebut bukan beragama Islam.

“Mereka itu bertakbir “Allahu akbar” dan juga membaca dua kalimat syahadat, syarat wajib menjadi muslim. Apa itu bukan Islam??” pungkas Husin Alwi.

Dalam cuitannya, Alwi Shihab juga menyertakan foto kedua pelaku pengeboman sebelum keduanya beraksi. Di situ terlihat kedua pelaku berboncengan memakai skuter matik berwarna oranye.

Satu pelaku yang merupakan pria terlihat mengenakan penutup kepala seperti sorban sementara pelaku yang perempuan mengenakan cadar berwarna hitam yang menutup wajah dan hanya menyisakan bagian matanya.

Seperti diketahui, sebelumnya MUI melalui Wakil Ketua Umum Anwar Abbas, menyampaikan kutukannya terhadap serangan bom di depan Gereja Katedral Makassar pada hari Minggu kemarin.

Anwar Abbas kemudian menyatakan bahwa perisitwa pengeboman ini jangan dikaitkan dengan suatu agama atau suku tertentu di Indonesia, karena bisa memperkeruh suasana.

“MUI meminta supaya masalah ini jangan dikait-kaitkan dengan agama atau suku tertentu di negeri ini karena hal demikian akan semakin membuat keruh suasana,” ujarnya disitat Antara.

Anwar Abbas menyatakan bahwa tindakan pelaku pengeboman tidak bisa ditolerir karena sangat tidak manusiawi dan bertentangan dengan ajaran agama mana pun.

Pihaknya pun mendesak Polri bertindak cepat untuk menangkap pelaku peledakan tersebut.

“MUI meminta pihak aparat untuk mencari dan menangkap pelaku serta membongkar motif dari tindakan yang tidak terpuji ini,” paparnya.






https://www.hops.id/soal-bom-makassa...ab-sentil-mui/

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sickmaster dan 33 lainnya memberi reputasi
32
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Soal bom Makassar, Husin Shihab sentil MUI: Mereka takbir,syahadat,itu bukan Islam?
29-03-2021 18:10
bagaimana menentukan islam sebagai mayoritas di indonesia?
ya KTP
mau elu sunni syiah maupun ahmadiyah
walau saling hujat, sering di persekusi
tapi tetap di hitung sebagai islam

tapi begitu giliran teroris
langsung di anggap ga beragama emoticon-DP

sebelum jadi teroris pasti melalui tahap intoleransi
tapi intoleransi tidak hanya di biarkan
tapi terus menerus DICIPTAKAN

yang paling baru saja
pemaksaan jilbab pada kafir
itu sampai 15 tahun
jika ga ada perlawanan dan viral di medsos
mau sampai kapan?

jika tidak mampu mementingkan nyawa manusia dengan revisi kitab
maka setidaknya wajib BERTINDAK saat adanya kasus intoleransi
bukan hanya TUTUP MATA DAN TELINGA

intoleransi muncul dari KELOMPOK ELU
maka hanya KELOMPOK ELU LAH yang bisa menghilangkannya

orang lain campur tangan?
kena kasus penistaan agama adanya

emoticon-DP emoticon-DP emoticon-DP
profile-picture
profile-picture
profile-picture
superandroid dan 43 lainnya memberi reputasi
42 2
40
profile picture
kaskus maniac
29-03-2021 22:19
nice emoticon-Toast
0
profile picture
kaskus holic
29-03-2021 23:31
Agama Damai jangan diusik atau mau jembhutmu dicukur??

#religionofpiss
0
profile picture
kaskus addict
30-03-2021 00:52
Well said brother!
0
profile picture
kaskus addict
30-03-2021 03:42
Agreed gan, ga bs dipungkirin dalam satu agama pasti akan bnyk aliran/cabang.. namun klw ad yg sampe menyimpang nyerang tempat ibadah lain ngebunuh ky gni apa ga ad langkah "internal" dr sesama aliran utk ngebenerin, kalian it lho berlindung dlm satu payung yg sama
1
profile picture
kaskuser
30-03-2021 05:46
Lah gimana mau sosialisasi agama damai kalau Yang sesamanya tapi beda pandangan dalam hal apapun juga mereka bilang kafir.
0
profile picture
kaskus maniac
30-03-2021 06:46
Jadi penasaran isi MUI koq kayaknya sekarang tambah bikin panas aja. Padahal dulu ane taunya MUI tu ngurus label halal ama penentuan lebaran.
0
profile picture
kaskus geek
30-03-2021 06:49
Setuju..... Mulai dari hal kecil aja dulu.... Itu aja ga bisa kok... Akhirnya berkembang jadi terrorisme
0
profile picture
kaskus geek
30-03-2021 09:04
Setuju banget nich sama pendapat ini....
0
profile picture
kaskus addict
30-03-2021 10:24
ngapain revisi kitab
UU lalin diubah naikin denda tetep aja ga cegah orang ga pake helm

Bom bunuh diri bukan ajaran Islam.
Quote:
Syaikh Abdul Aziz bin Baz menjelaskan, “Bunuh diri adalah salah satu dosa besar. Allah Ta’ala berfirman:

وَلاَ تَقْتُلُواْ أَنفُسَكُمْ إِن اللّهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيمًا * وَمَن يَفْعَلْ ذَلِكَ عُدْوَانًا وَظُلْمًا فَسَوْفَ نُصْلِيهِ نَارًا وَكَانَ ذَلِكَ عَلَى اللّهِ يَسِيرًا

“Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu. Dan barangsiapa berbuat demikian dengan melanggar hak dan aniaya, maka Kami kelak akan memasukkannya ke dalam neraka. Yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.” (QS. An Nisa: 29-30).

...

Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

مَن قتل نفسه بشيء في الدنيا عذب به يوم القيامة

“Barangsiapa yang membunuh dirinya dengan sesuatu, ia akan di adzab dengan itu di hari kiamat” (HR. Bukhari no. 6105, Muslim no. 110).

Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam juga bersabda:

من قتلَ نفسَهُ بحديدةٍ فحديدتُهُ في يدهِ يتوجأُ بها في بطنِهِ في نارِ جهنمَ خالدًا مُخلدًا فيها أبدًا ومن قتَلَ نفسَهُ بسَم فسَمهُ في يدهِ يتحساهُ في نارِ جهنمَ خالدًا مُخلدًا فيها أبدًا من تردى من جبلٍ فقتلَ نفسَهُ فَهوَ يتردى في نارِ جَهنمَ خالدًا مخلدًا فيها أبدًا

“Barangsiapa yang membunuh dirinya dengan besi, maka besi itu kelak akan berada di tangannya dan akan dia gunakan untuk menikam perutnya sendiri di dalam neraka Jahannam, kekal di sana selama-lamanya. Barangsiapa bunuh diri dengan minum racun, maka kelak ia akan meminumnya sedikit-demi sedikit di dalam neraka Jahannam, kekal di sana selama-lamanya. Barangsiapa yang bunuh diri dengan menjatuhkan dirinya dari atas gunung, maka dia akan dijatuhkan dari tempat yang tinggi di dalam neraka Jahannam, kekal di sana selama-selamanya” (HR. Bukhari no. 5778, Muslim no. 109).
0
profile picture
kaskus geek
30-03-2021 10:28
@abizaidan silahkan belajar ntong apa yang disebut harokah istisyhadiyah. paham sampai disini?
0
profile picture
kaskus addict
30-03-2021 10:44
@slider88
mereka itu khawarij, lemah akalnya, membaca alquran tapi ga sampe lewat pangkal tenggorokan
jadi saya ga kaget yang suka ngebom jidat item, berjenggot, gamis, bercadar.
0
profile picture
kaskus geek
30-03-2021 11:01
@abizaidan gak ada buktinya mereka khawarij sama seperti gak ada bukti bahwa kau ini islam yang sesuai tuntunan
0
profile picture
kaskus addict
30-03-2021 11:41
khawarij itu paham
meskipun kitab nya sama, tapi paham khawarij tidak sesuai pemahaman sahabat, generasi terbaik umat Islam
atau mereka skip Quran surat An Nisa: 29-30?
secara fitrah juga ga masuk akal.. bunuh diri kok masuk surga
ada Nabi yang bunuh diri?

khawarij berani memberontak pemerintah
demonstrasi saja saya ga bakal ikut
0
profile picture
kaskus geek
30-03-2021 11:44
@abizaidan sudah loe pahami belum apa itu harokah istisyhadiyah? loe yang gak paham kok nyalahin teroris.
0
profile picture
kaskus addict
30-03-2021 13:49
@slider88
terserah kamu mau bilang harokah istisyhadiyah beda dengan teroris
seperti da'i terkenal yg bilang demikian
bagi saya sama khawarijnya
seperti riba dan bunga beda nama hakikatnya sama
0
profile picture
kaskus geek
30-03-2021 15:03
@abizaidan gw tanya bedanya dimana sok
0
profile picture
kaskuser
30-03-2021 19:13
Islam inteloran sudah abisa yg minoritas bro
0
profile picture
kaskus addict
31-03-2021 02:31
@ichsanwin32 Masi berlindung pada satu payung yg sama kan? Klw mereka begitu berbeda meski sepayung, seharusnya ga sulit kan memisahkannya dr yg lain? Semisal yahh ada sepiring nasi ini yg mengandung racun, apakah lantas sepiring nasi ini mau dibuang? Atau difilter sebaik mungkin agar racun ini terpisah dan mudah membersihkannya??
0
profile picture
kaskus addict
02-04-2021 14:16
@slider88
ga paham yg saya maksud ya?

saya ga sependapat dengan da'i yang bilang "jangan katakan ini bom bunuh diri, tapi katakan harakh isthisyhadiyah"
hati-hati dengan da'i yang mengatakan demikian.. banyak syubhat nya

saya yakin pelaku teror bundir tersebut muslim, tapi bodoh dalam beragama,
semangat beragama tapi salah berguru.
bagi saya "BOM BUNUH DIRI BUKAN JIHAD"
0
profile picture
kaskus geek
02-04-2021 14:19
@abizaidan loe cuman berasumsi bahkan gak ngomong alasan kenapa dia bisa salah. sedang somad jelas bawa dalil dan logikanya kenapa itu disebut jihad. dan ingat MUI juga secara nggak langsung bilang bom bunuh diri itu jihad cuman dia bilang haram karena indon bukan daerah konflik padahal situasi konflik atau damai masih bisa di debat atau faktor lainya
0
Memuat data ...
1 - 20 dari 35 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia