News
Batal
KATEGORI
link has been copied
70
Lapor Hansip
28-03-2021 14:21

14 Orang Jadi Korban Bom Bunuh Diri di Gereja Katedral Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.com – Selain pelaku bom bunuh diri di Gereja Katedral Jalan Kajolalido Makassar, sebanyak 9 orang menjadi korban dalam ledakan tersebut dan kini dirawat di beberapa rumah sakit. Hal tersebut diungkapkan Kapolda Sulsel Irjen Polisi Merdisyam saat ditemui wartawan di lokasi kejadian. Menurut dia, ledakan bom bunuh diri di gereja menelan korban total sebanyak 10 orang. “Saat ini kita sedang menangani menjaga perimeter dan pengamanan TKP. Sementara data awal yang kita sampaikan, satu korban yang dipastikan sebagai pelaku bom bunuh diri tersebut dan 9 masyarakat,” ungkapnya.

Merdisyam menjelaskan, korban 9 dari masyarakat terdiri atas 5 petugas gereja dan 4 jemaat. Kesembilan korban luka dalam ledakan bom bunuh diri tersebut sedang dalam perawatan di beberapa rumah sakit di Kota Makassar. “Jadi kejadian itu di gereja sedang dilakukan misa rangkaian kegiatan pasca yang dilakukan secara protokol kesehatan. Makanya jemaatnya tidak terlalu banyak,” jelasnya.   Merdisyam mengatakan, pihaknya bersama Densus 88 sedang melakukan olah TKP dan mengumpulkan bukti yang ada. “Saat ini yang dapat kita pastikan ada satu jasad yang diduga adalah pelaku bom bunuh diri tersebut. Untuk data dan identifikasinya masih sementara olah data, kita belum bisa menyampaikan,” tuturnya. Merdisyam mengatakan, di jalan ada satu motor yang mau masuk ke dalam parkir dan sempat ditahan oleh petugas gereja. Saat itulah terjadi ledakan yang mengakibatkan korban. “Kalau dilihat dari TKP yang ada, jasad yang ada dengan kendaraan menyatu diduga belum turun karena sempat ditahan sama petugas gereja. Ini tentunya sedang dilakukan pendalaman,” katanya Para korban luka dibawa ke Rumah Sakit Stelamaris, Pelamonia, dan Bhayangkara.

Update

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol E Zulpan mengatakan, korban luka akibat bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar bertambah menjadi 14 orang. "Jadi 14 saat ini sedang dirawat di rumah sakit tentunya berasal dari korban luka, ledakan bom di TKP. Ada sebagian jemaat," katanya.

Ia mengatakan, pelaku diperkirakan dua orang. Ada satu orang coba menerobos dan dihalangi pihak keamanan, sehingga tidak sampai masuk ke dalam. Jadi korban dari jemaat di luar saja yang terkena ledakan dan tidak ada meninggal.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "14 Orang Jadi Korban Bom Bunuh Diri di Gereja Katedral Makassar", Klik untuk baca: https://regional.kompas.com/read/202...dral-makassar.
Penulis : Kontributor Makassar, Hendra Cipto
Editor : Farid Assifa
Diubah oleh gaygene
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
14 Orang Jadi Korban Bom Bunuh Diri di Gereja Katedral Makassar
28-03-2021 14:34
rumah ibadah yg 1 pake satpam buat takut ada yg mau meleduk/terror disana


rumah ibadah laen ada yg seharusnya pake satpam juga tuh........ buat ngejagain sendal ilang. emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
profile picture
kaskus addict
28-03-2021 14:42
Sandal ilang itu bukan ada yg malingin blog... Tp ketukar krn mirip Atau dipake wudu trus naroh ga ditempatnya lagi...
Besok ente ke masjid lagi... Bakal nemukan lagi sandal ente dsana...
-1
profile picture
kaskus addict
28-03-2021 14:49
Jadi maksud ente yg ke masjid rata2 b0d0h gitu? Ga bisa ngenalin sendalnya sendiri? Gua aja disuruh pake sendal merk sama, ukuran sama, gua bisa ngenalin ini sendal gua yg biasanya ape bukan.

Mau wudu pake sendal orang laen trus naroh ga ditempatnya lagi? Ya iya lah! Ngambilnya di masjid, taronya abis itu di teras rumahnya pas pulang. Bisa dibenarkan hal2 seperti ini? Kok perilaku seperti kera ga bisa ngenalin barang sendiri & ngambil barang orang lain seenaknya?

14 Orang Jadi Korban Bom Bunuh Diri di Gereja Katedral Makassar
4
profile picture
kaskus holic
28-03-2021 14:51
@TERA.SERVO



" Besok ente ke masjid lagi... Bakal nemukan lagi sandal ente dsana ..


ituuu fastii cerita komik di negerii 1001 dongeng ...


Ngoahaha emoticon-Leh Uga

7
profile picture
kaskus maniac
28-03-2021 16:25
@TERA.SERVO salah y slh aja ga usah dibela mati-matian, mental maling itu, bukan g sngaja ketukar.
2
profile picture
kaskus maniac
28-03-2021 16:43
Ada pengalaman unik, keluarga besar ane bikin acara 7 harian meninggal mertua laki. Pas yang ngaji bubar, ada yang sendalnya ilang. Ini bukan di masjid lho. Ini dirumah posisinya, jemaahnya dikit. Tapi ada sendal yang ilang. Yang ilang sendal kang doanya lagi, malu2in njay. Sampe di kasih sendal yang punya rumah buat ganti
4
profile picture
kaskus addict
28-03-2021 17:16
Anjir malah bahas sendal
emoticon-Wkwkwk
1
profile picture
kaskus holic
28-03-2021 17:16
Yang gak pernah ke masjid sibuk ngurusin sendal ilang di mesjid emoticon-Cape deeehh
2
profile picture
kaskus addict
28-03-2021 17:51
@tanah.deli kajian internal ya bre? emoticon-Malu
1
profile picture
kaskus holic
28-03-2021 19:04
Barang apa aja kalo udah banyak numpuk jadi satu pasti aja ada yg ilang ...
Coba aja orang yg nonton bola di stadion lu suruh buka sendal trus taro di depan pintu masuk... jamin lu gk ada yg ilang ???? emoticon-Cape d...
1
profile picture
kaskus maniac
28-03-2021 22:05
rumah ibadah pun jadi sasaran orang tak beradab
2
profile picture
kaskus addict
28-03-2021 22:56
@tanah.deli yg ga pernah ke gereja malah ngebom gereja nya.... Duhhh
2
profile picture
kaskus geek
29-03-2021 09:33
Barang yg hilang bukanlah milik kita
- wan abud
1
profile picture
kaskus addict
29-03-2021 10:39
@tanah.deli Lu bandingin 1 masjid kecil ama 1 stadion bola yg luasnya bisa 100x masjid. Otak lu ude kopong ape didengkul? Disekolah gua dulu masuk perpus jg ga bole pake sepatu jg sepatu gua ga pernah ilang. Bahkan temen gua yg kristen yg dulu rajin kebaktian di gerejanya, setau gua kalo gereja rumahan dulu jg rata2 ga bole pake sendal masuk. Ga pernah keilangan sendal tuh orang.
2
profile picture
kaskus geek
29-03-2021 10:52
@TERA.SERVO Udah ada 2 temen gue yg kehilangan sepatu saat salat jumat di masjid deket kantor. Itu tiap minggu salat jumat yg sama, buktinya kagak ketemu juga sampe detik iniemoticon-Ngakak (S).
Mayoritas orang kayaknya pernah ngerasain kehilangan atau ketuker alas kaki saat ke masjid, entah saat jumatan atau tarawih.
1
profile picture
KASKUS Plus
29-03-2021 11:06
Ni knp DISKUSINYA LARI KE SANDAL ILANG YAK...???? emoticon-Wakaka
2
Memuat data ...
1 - 15 dari 15 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia