News
Batal
KATEGORI
link has been copied
126
Lapor Hansip
20-03-2021 13:39

Belasan Tahun Dicengkram PKS, Rektor UNP:Rata2 Warga Sumbar Cuma sampai Kelas VII SMP

PADANG, KOMPAS.com - Rektor Universitas Negeri Padang (UNP), Sumatera Barat, Ganefri mempertanyakan jargon Sumbar sebagai daerah industri otak yang menghasilkan orang-orang cerdas dan berkontribusi secara nasional.

Hal itu menyikapi kondisi dan fakta statistik terkini, di mana tingkat pendidikan Sumbar masih tertinggal dibandingkan daerah lain di Sumatera.

“Dilihat dari indeks pembangunan manusia sektor pendidikan, ternyata rata-rata lama sekolah di Sumbar hanya sampai kelas VII SMP. Lebih rendah dibandingkan Provinsi Riau dan Kepulauan Riau,” kata Ganefri dalam wisuda ke-122 UNP di Padang, Jumat (19/3/2021).

Baca juga: Dugaan Mark Up Dana Covid-19 di Sumbar, KPK: Laporan Sudah Ada, Kita Pelajari Dulu

Ganefri juga menyoroti data statistik yang membeberkan penurunan angka partisipasi murni atau persentase jumlah anak pada kelompok usia sekolah tertentu yang sedang bersekolah.

“Ini harus jadi perhatian Pemerintah Sumbar secara serius.Terjadi pengurangan anak masuk atau melanjutkan sekolah. Masuk SD berkurang, begitu pula untuk SMP dan SMA. Ini ada apa? Apakah masih layak Sumbar disebut sebagai daerah industri otak?” ujar Ganefri.

Menurut Ganefri, dirinya telah mendiskusikan hal itu dengan Gubernur Sumbar Mahyeldi beberapa waktu lalu.

Ganefri mengatakan, UNP siap berkontribusi untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Sumbar dengan mencetak guru-guru yang kompeten.

"Tapi tidak selesai sama kita saja, sebab dibutuhkan kepedulian dari pemerintah daerah dan seluruh stakeholder terkait. Kita cetak guru, dan pemerintah daerah harus berkomitmen memajukan pendidikan," kata Ganefri.

Adapun wisuda UNP kali ini menghasilkan 2.256 orang wisudawan dari seluruh fakultas.

https://amp.kompas.com/regional/read...mpression=true

DULU MELAHIRKAN KAUM INTELEKTUAL PEJUANG KEMERDEKAAN,

KINI JADI PROVINSI TERBODOH AKIBAT MABOK AGAMA HASIL TIPU2 PARTAI SELANGKANGAN PKS DAN GUBERNUR PKS. DIRUSAK BINATANG TENGKUZUL TUKANG JUDI SABUNG AYAM
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 49 lainnya memberi reputasi
42
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Belasan Tahun Dicengkram PKS, Rektor UNP:Rata2 Warga Sumbar Cuma sampai Kelas VII SMP
20-03-2021 18:24
Aceh yang tidak duanya dalam agamis dan wisata halal malah menjadi provinsi termiskin di Indonesia. Sekarang sumbar yang menunjukan kebolehannya dalam agamis malah dianggap pengurangan intelektual. Makanya kalu di India terjadi pengurangan sekolah yang berbasis agama.
profile-picture
aniespawangair memberi reputasi
1 0
1
profile picture
kaskus addict
20-03-2021 18:25
Lebih miskin NTT, Papua,Maluku..
0
Memuat data ...
1 - 1 dari 1 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia