Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
22
Lapor Hansip
04-03-2021 07:16

Olah Raga Sambil Traveling Gratis dengan Gowes Sepeda Gunung

Olah Raga Sambil Traveling Gratis dengan Gowes Sepeda Gunung

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Selamat datang Agan dan Sista di thread ane


Pandemi covid-19 yang telah berlangsung lebih dari satu tahun ini, membuat ane kelimpungan dalam menjalani hari-hari. Ane yang biasanya bekerja di pabrik dengan gaji teratur setiap bulan yang lumayan, kini harus menjalani kerja beberapa minggu saja setiap bulan. Otomatis gaji pun berkurang.

Nah, selama libur di rumah makin hari kejenuhan makin terasa. Ane yang mempunyai hobi traveling pun geraknya menjadi terbatas karena isi dompet menipis. Berhubung kegemaran olah raga ane adalah gowes, akhirnya untuk mengurangi kepenatan ane memilih gowes sambil traveling gratis. Apalagi rumah ane yang berada di lereng gunung Lawu menjadikan jalanan menuju ke sana sebagai rute. Nikmat, kan, Agan Sista?

Dokpri


Saat gowes, ane memilih sepeda gunung sebagai sarana traveling gratis. Tujuan ane sih, menjaga kebugaran tubuh iya, menikmati keindahan alam juga iya. Traveling tipis-tipis bin gratis ala ane untuk mengurangi kejenuhan.

Rute kawasan sekitar gunung Lawu bisa ditempuh dari beberapa jalur. Kalo ane yang tinggal di Karanganyar, terkadang ane memilih rute melewati pedesaan di daerah Mojogedang, Karangpandan, dan Matesih, tinggal pilih aja salah satu. Rute-rute pedesaan itu pemandangan alam khas pegunungannya tak jauh beda, GanSist. Dari hamparan persawahan, hutan pinus, karet, jati, perkebunan teh, taman dan tempat singgah gratis untuk rehat sebentar seperti Astana Mangadeg. Ane pernah istirahat melepas lelah di halaman depan tempat itu. GanSist juga bisa, lho, mampir ke pasar Matesih untuk membeli durian dari petaninya langsung dengan harga miring. Dengan catatan jika gowes pas musim durian.

Dokpri

Saat gowes, ane seringnya sih bersama teman atau tetangga dekat yang mempunyai hobi sama. Karena, bagi ane rame-rame itu menyenangkan. Iya, gak, GanSist? Rame-rame melakukan kegiatan untuk kebugaran tubuh dan rame-rame traveling gratis.

Dokpri


Selama pandemi covid-19 bersepeda menjadi olahraga yang digandrungi masyarakat. Ane salah satunya, meskipun gowes telah lama ane menyukainya. Bersepeda ini tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa saja, animo anak-anak pun lebih bersemangat.

Quote:Gowes memang banyak bermanfaat bagi tubuh. Meski begitu, kalau tidak dilakukan secara benar, bersepeda justru akan menyebabkan nyeri pada leher, punggung dan bagian tubuh lainnya.

Untuk menghindari hal di atas, ane melakukan tips berikut sebelum berangkat gowes:

-Mengatur sepeda terlebih dahulu, dimulai dari posisi sadel agar aman dan nyaman, karena posisi sadel sangat berpengaruh pada postur tubuh saat bersepeda. Atur sadel agar jaraknya ideal dengan stang. Hal ini dilakukan untuk menghindari nyeri bahu, leher dan punggung bagian bawah.
-Lakukan peregangan otot atau pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan gowes.


Nah, karena ane melakukan gowes sambil traveling tipis-tipis alias gratis, ane mempersiapkan hal berikut sebelum berangkat:

-Cek kondisi sepeda terutama ban dan rem
-Bawa bekal makanan dan minuman dari rumah
-Bekal uang di dompet secukupnya jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti ban bocor dan sebagainya



Saat ini ane menggunakan sepeda gunung merk Polygon yang harganya sekitar 2 jutaan. Menurut ane body atau desain sepeda ini sederhana tetapi elegan. Rangkanya begitu ringan, tetapi jangan salah, GanSist, meskipun ringan tetap kokoh dan kuat, kok. Selama memakainya ane baru sekali saja mengganti sparepart sepeda ini, yaitu ban dalam yang telah bocor di beberapa bagian. Kalo baru bocor satu kali sih cukup tambal aja. Tenang, GanSist untuk onderdil lainnya mudah sekali didapatkan di toko sparepart sepeda atau di bengkel sepeda ontel. Pemilik bengkel biasanya juga menyediakan.

Tak hanya diri sendiri yang harus dirawat, GanSist. Sepeda gunung pun perlu perawatan. Biasanya sehabis dipakai gowes, ane langsung cuci begitu sampai di rumah. Kalo pun tidak dipakai, tetap ane rawat sekedar mengelap saja agar terhindar dari debu dan tetap kinclong.

Saat gowes, komunitas sepeda ane hanya teman-teman dan tetangga. Meskipun begitu tetap asyik, kok. Toh, biasanya kalau pas gowes juga ketemu komunitas lain di jalan. Seru dan menyenangkan gowes sambil traveling gratis.

Cukup sekian thread ane kali ini. Semoga bermanfaat, GanSist.

Terima kasih
Sampai jumpa lagi
Wassalam


Sumber: Opini pribadi
Pict: Dokpri





profile-picture
profile-picture
profile-picture
suciasdhan dan 8 lainnya memberi reputasi
9
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Olah Raga Sambil Traveling Gratis dengan Gowes Sepeda Gunung
04-03-2021 16:38
Keren ya, sepedaan sambil traveling gratis. Apalagi pemandangannya jalan desa area pegunungan. Adem dan asri.
profile-picture
abahaquarius memberi reputasi
1 0
1
profile picture
kaskuser
04-03-2021 16:47
Iya dong.
0
Memuat data ...
1 - 1 dari 1 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia