News
Batal
KATEGORI
link has been copied
241
Lapor Hansip
16-02-2021 13:52

Indonesia Jadi Negara Maju 2045? Maaf, Masih Jauh Dari Angan

Indonesia Jadi Negara Maju 2045? Maaf, Masih Jauh Dari Angan

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia tampaknya masih jauh dari cita-cita untuk bisa mewujudkan menjadi negara maju di 2045. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.

Suharso mengatakan Indonesia belum bisa menjadi negara maju atau high income country pada 2045, lantaran adanya tekanan ekonomi di dalam negeri karena pandemi Covid-19.

Seperti diketahui, berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS) terkontraksi atau -2,07%. Kontraksi ekonomi pertama sejak krisis moneter pada 1998 lalu.

Kontraksinya pertumbuhan ekonomi pada 2020 tersebut, juga membuat masyarakat miskin semakin miskin. Hal ini terbukti dari pendapatan per kapita masyarakat Indonesia tahun lalu yang turun cukup drastis.

Pendapatan perkapita 2020 menjadi US$ 3.911,7 atau setara Rp 56,9 juta dari sebelumnya US$ 4.174,5 atau setara Rp 59,1 juta di 2019.

"Akibat jangka panjang, kalau tingkat pertumbuhan ekonomi hanya 5% misalnya, untuk lepas dari middle income itu jauh sekali. Bahkan 2045 pun belum masuk high income," kata Suharso dalam konferensi pers, Selasa (9/2/2021).

Dalam jangka pendek, pemerintah mewaspadai adanya jebakan negara kelas menengah (middle income trap). Alasannya karena pandemi covid-19, Indonesia kembali masuk sebagai negara berpendapatan menengah setelah akhir 2019 naik ke upper middle income.

Kendati demikian, Suharso optimistis, Indonesia bisa menjadi negara maju. Caranya adalah dengan mendorong pertumbuhan ekonomi lebih tinggi ke depannya. Bahkan, bukan tidak mungkin Indonesia bisa menjadi negara maju pada 2030, asalkan pertumbuhan ekonomi bisa dicapai hingga 7%.

"Dengan keadaan yang kita alami, mudah-mudahan apabila tingkat pertumbuhan 2021 mencapai 4,5% sampai 5,5%, tahun depan bisa 5%, maka kita akan kembali ke angka di atas US$ 4.000 (pendapatan per kapita) sehingga masuk lagi upper middle," tuturnya.

"Kalau pertumbuhan ekonomi bisa 6%, mudah-mudahan sebelum 100 tahun kita bisa mencapai negara high income country. Kalau bisa 7%, kita di tahun 2030-an bisa mencapai di atas US$ 12 ribu (pendapatan per kapita)," kata Suharso melanjutkan.

Untuk diketahui, berdasarkan perhitungan Bank Dunia, ada empat kategori negara berdasarkan pendapatan per kapita.

Pertama, negara berpendapatan rendah (low income) dengan pendapatan per kapita di bawah US$ 995 per tahun. Kedua, negara berpendapatan menengah ke bawah (lower-middle) pada kisaran US$ 996 - US$ 3.895 per tahun.

Ketiga, negara berpendapatan menengah ke atas (upper-middle income) US$ 3.896 - US$ 12.055. Keempat, negara pendapatan tinggi (high income) alias negara maju dengan pendapatan per kapita di atas US$ 12.056 per tahun.

Artinya, saat ini Indonesia masuk ke dalam negara berpendapatan menengah ke atas (upper-middle income), karena pendapatan perkapita Indonesia 2020 sebesar US$ 3.911,7 atau setara Rp 56,9 juta.

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...auh-dari-angan

Memangnya sekarang indonesia bukan negara maju ya? Saya lihat kemegahan Jakarta dan Bali saja takjub emoticon-Matabelo
Diubah oleh lpdp
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fc88 dan 36 lainnya memberi reputasi
35
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Indonesia Jadi Negara Maju 2045? Maaf, Masih Jauh Dari Angan
16-02-2021 14:32
mutu pendidikan harus diperbaiki kalau mau maju. pendidikan kita sekarang mayoritas cuma menghafal & membebek.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
profile picture
16-02-2021 21:19


Setujuh gan, kita cuman diajari menghafal tapi tidak diajari memahami
Kaya matematika kita diajarin integral tapi ga tau aplikasi di dunia kerja atau kehidupan sehari2 itu buat apa
Lah wong saya tanya guru pas sma aja ga bisa jelasin fungsinya apa kita belajar gituan
Cmn dijawab "pokoknya wajib bisa" biar lulus sekolah
Ahh sudahlah
0
profile picture
kaskus maniac
17-02-2021 07:26
@krisnafebriyant eleh, kalo dijelasin alasannya yang lebih detail juga malah bikin lu tambah males belajar, nuduh guru lo kebanyakan bacot gaje. Sebab implementasi integral ada banyak di berbagai cabang ilmu alam dan ilmu ekonomi, dan otak lo ketika SMA gak akan nyampek, gak akan paham alasannya.

gini aja deh, langsung ke tujuan akhir, tujuan belajar matematika integral adalah untuk mencapai kesejahteraan, pendapatan lo gede, tajir, punya rumah mewah, istri cantik, mobil tesla keluaran terbaru. dah gitu aja, termotivasi gak?
0
profile picture
kaskus maniac
17-02-2021 07:35
menghafal itu setengah dari ilmu, artinya tanpa hafalan terlebih dahulu, bagaimana mungkin seseorang itu paham???
0
profile picture
kaskus geek
17-02-2021 09:25
silakan aja agan menghafal, pemahaman itu bukan lahir dari hafalan tapi hasil melatih orang berpikir logis, kritis, sistematis.
0
profile picture
kaskus geek
17-02-2021 09:34
saya pernah kerja di resor eksklusif. pernah suatu waktu ada tamu rombongan dari american school, salah satu sekolah paling mahal di negara tersebut. nah, saya belajar kenapa amrik begitu hebat & orang2 kayanya makin kaya, karena mereka oleh guru2nya nggak diajar menghafal tapi diajarkan mengerti. nggak ada tuh diajarkan tanggal atau tahun pahlawan berperang. tahun itu cuma disebutkan sebagai konteks (when) dari suatu kejadian, tapi mereka lebih fokus pada why & how.
0
profile picture
kaskus maniac
17-02-2021 10:39
@billyns anda bercerita sperti itu apakah dulunya sedang tidak menghafal/mengingat? tau negara amerika namanya amerika apakah itu bukan dari hafalan?

orang yang paham, pasti hafal. orang yang gak mau hafal, selamanya gak akan pernah paham dan gak akan mau paham.

pemahaman itu muncul ketika hafalan sudah masuk ke otak. bagaimana mungkin memahami pembicaraan bahasa asing, tanpa menghafal kosa kata bahasa asing???

bahkan yang namanya matematika ada kok hafalan, anda bisa hitung basis 10 itu kan dari menghafal simbol angka 0 - 9 emoticon-Cape d....

pemahaman itu hasil dari hafalan terlebih dahulu.

amerika kaya raya bukan karena berdebat soal pemahaman lebih penting daripada hafalan, atau ribut soal why and how.

Akan tetapi amerika kaya raya krn orangnya fokus pada cari kekayaan sebanyak banyaknya. bukan karena rebutan juara olimpiade matematika atau berusaha menjadi manusia yang paling paham soal matematika emoticon-Cape d...

untuk menjadi orang kaya gak perlu memahami tanggal dan tahun peristiwa sejarah. akan tetapi untuk menjadi seorang yang ahli dibidang sejarah, menjadi orang yang paham sejarah, ente harus hafalin dulu tahun dan tanggal peristiwa sejarah. gak cukup cuman baca, mengerti abis itu amnesia hilang ingatan emoticon-Cape d...

tolong berfikir yang lebih spesifik, indonesia maunya apa? maju, kaya raya, atau gengsi, pilih salah satu. misal pilih maju, definisi maju itu apa dulu? kalo cuman sekedar ingin titel maju sih mudah, tinggal bahasakan sesuai rezim yang pengen kayak gimana definisinya, tapi gak menjamin rakyatnya sejahtera.

indonesia kayak sperti skarang ini bukan karena kekurangan SDA dan SDM tapi lebih kepada gak jelas tujuan akhirnya. yang gw amati malah kecenderungannya lebih kepada ingin tampil eksis berprestasi, haus pengakuan, takut direndahkan bangsa lain. emoticon-Cape d... apaan dah gak penting.

gw sendiri kerja di bidang pendidikan dan menyaksikan sendiri bahwa mind set perguruan tinggi saat ini bukan soal problem solving permasalahan bangsa dan negara, melainkan cuman sekedar ajang perlombaan pamer prestasi, naikin akreditasi emoticon-Cape d...
0
Memuat data ...
1 - 6 dari 6 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia