Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

Β© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dwisfan89Avatar border
TS
dwisfan89
[Share Info] Honda Spacy Helm in - on KASKUS (SPACioUS) - Part 4
tata604
grg.
nona212
nona212 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
98.4K
519
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 2
Kendaraan Roda 2KASKUS Official
19.1KThreadβ€’9.5KAnggota
Tampilkan semua post
merahde5Avatar border
merahde5
#451
Sharing Spacy mei 2016 - now (almost 5 years).
Ga terasa hampir 5 tahun riding spacy tapi nyaman aje dng kondisi yg gue sesuaikan. 2 kali masuk banjir sampai kerendem mesin, masih jalan 30 KM sebelum ganti oli, ganti oli mesin & gardan udah warna putih susu campur air πŸ˜‚.
Alhamdulillah ga parah karena mesin udah dilapisi keramik by aditif oli ceratec (tahan 50.000 km dipakai team mobil dragrace). Ini kunci ketahanan mesin awet buat Honda apalagi merk sebelah yg mesinnya ringkih.
Padahal gue cuma dapet sisa 20 cc yg mestinya 60 cc buat motorku, gue tuang tahun 2016, sampai sekarang mesinku kayak motor baru suaranya, desingan mesin saat nyala atau lepas gas, seperti motor baru πŸ˜‚. Padahal kilometer sudah 55 ribu (mungkin sudah 80 ribu atau 100 ribu KM karena kawat speedometer sempat putus tak kuganti selama 2,5 tahun πŸ˜‚). Baru awal januari 2021 kuganti kabel speedometer πŸ˜‚
Penunjuk bensin ga fungsi, untung gue anak vespa 1963 jadi ngerasa kapan bensin mau abis, ketolong tangki bensin spacy yg gede 5,5 liter. Pernah malam dari kelapa dua ke bintaro sektor 7 dng kondisi bensin di tangki udah kelihatan logam tengah tangki πŸ˜‚ nyampe bintaro sektor 7 langsung isi 1 liter masih bisa pulang ke cililitan πŸ˜‚

Pernah pusing suka mati sendiri (curiga lubang hawa di tutup tangki bensin kurang baik), sekarang udah jarang mati seh, mesinnya kepanasan kali yee, ciri khas injection. Atau sensor suhu mesin udah ngaco atau ketutup debu.
Pernah mesin suka langsam tinggi, di ahass divonis ganti sensor TP 450 ribu, gile aje motor baru 2 tahun divonis biaya Β½ juta 😑. Akhirnya lihat u tube, reset ECU, Alhamdulillah 2018 sampai sekarang ga ngadat langsam tinggi πŸ˜‚

Shock belakang sempat pakai shock vario 33 cm tapi keras, balik lagi ke shock bawaan spacy yg empuk stabil ditambah peninggi shock besi padat 6 cm di las titik biar aman. Standar tengah buat parkir di rumah meski goyangΒ² ga pp, masih susah buat terguling. Standar samping dibor lalu diberi 2 jalu stang supra, pas banget standar sampingnya.
Tinggi banget, gue yg 170 cm agak jinjit tapi enak kok kayak trail, meski shock depan ga pakai peninggi tapi tetap stabil πŸ˜‚
Ban pakai Corsa Cross S yg kembang semi offroad, enak buat napak tanah becek dan lumayan bisa rebah di tikungan aspal, tangguh buat luar kota.
Ban semi offroad lain juga boleh seperti aspira terreno, GP5, dll. Tapi hindari swallow karena mudah habis bannya.
Ban belakang wajib tubeless, ban depan boleh tubeless atau pakai ban dalam.
Untuk jalan jauh, bawa ban dalam buat cadangan karena jagaΒ² ban bocor & hindari beli ban dalam mahal ga jelas πŸ˜‚

Lampu utama pakai LED Osram T19 dng jalur diubah DC, spacy paling mudah dirubah ke DC lampu utamanya.
Lampu tembak pakai D2 Laser Led Focus dng kuning lampu dekat, putih lampu jauh, sangat berguna untuk kondisi Hujan deras, kabut, penerangan malam sangat gelap. Arus langsung dari accu gel dng saklar on off & pass beam.
Klakson keong PIA tanpa relay kutanam dng dudukan baut pegangan accu, tersembunyi.

Sudah kucoba jakarta ke rangkasbitung 120 KM jam 10 malam - 2 pagi lewat BSD Cisauk kondisi hujan deras, jalanan tetap terang dng lampu kuning focus merata (Di tengah malam hujan deras, nMax, vario 150, aerox, vixion, bahkan moge, lampu semuanya menyerah hadapi hujan deras karena ga tembus πŸ˜‚)
Balik lagi jam 7 pagi ke jakarta lewat jasinga-leuwiliang - bogor - jakarta 130 KM. PP 250 km lebih.

Nyaman 250 KM PP tubuh pinggang ga sakit karena shock belakang empuk, shock depan ganti per supra, jok full latex. πŸ˜‚

Roller enak pakai selingan 8 dan 10 gram (atau rata 9 gram) , per kopling CLD 1500 rpm, sudah enak tanjakan & akselerasi.
Kasi olesan sabun colek buat kanvas kopling, lumayan bantu hilangkan gredek. Trik ini dari bengkel vespa jaman dulu yg pakai sabun colek untuk rem pakem karena kanvas rem lebih gigit tromol. Prinsipnya sama dng kanvas kopling matic. Kanvas jadi lebih gigit mangkok.

Pakailah minimal oli XTen (Full Sintetic Ester seperti Motul) & kanvas merk aspira / merk planet ban dari aspira juga (oli & kanvas rem ada di planet ban), mesin lebih enak & rem lebih pakem.
Lebih bagus pakai kanvas bendix keramik (harga 2 X kanvas aspira).
Karena kanvas rem AHM makan disk cakram/tromol, tidak pakem, tidak tahan panas dan cepat aus. (Sudah ada korban disk asli bawaan spacy yg tipis di tahun kedua dng kanvas AHM)
Safety utama loh.

Malas ganti motor kecuali ntar mau beli moge 500 cc baru deh mau ganti πŸ˜‚.

Edited :
Masih pakai Spacy 2023 ini karena motor ini satu²nya yg udah pernah bonceng almarhumah ibuku yg wafat desember 2021 😭
Meski awal 2023 ini jatuh dng Spacy sampai kaki dijahit 5 jahitan tapi tetap bertahan dng spacy motor pertama.
Kelak mau beli motor kedua Honda Forza 250 / ZX25R / cruiser buat touring aza, tapi jual tanah dulu 🀭.
Atau mobil buat online ...

Spacy ku :
Shock YSS DTG Evo non tabung 330mm (450 ribu), roller 9/11 gram, rumah roller papas 13,8Β°, ganjal tatakan pelor, belt Gates, kanvas kopling Daytona nmax, mangkok kartel, all led.
Led Utama Spacy yg bagus langsung plek soket H6 adalah VOXX M30 (120 ribu), kalau buka mika bisa Vinyx V9 (200 ribu) / Matrix Aegis P9 (330 ribu), wajib arus DC.
Led Tembak 1 buah : D4 Vinyx (120 ribu) / Aegis R2 (150 ribu) / Aegis U14 (250 ribu).


Diubah oleh merahde5 24-01-2023 16:42
ditokosa14
House0fPain
paking.disgrace
paking.disgrace dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Tutup
Ikuti KASKUS di
Β© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.