Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
66
Lapor Hansip
30-01-2021 09:58

5 Kiat Sukses dalam Mengikuti Seleksi Sekolah Kedinasan Versi Ane!

5 Kiat Sukses dalam Mengikuti Seleksi Sekolah Kedinasan Versi Ane!Source Image
5 kiat sukses abdulqadirz dalam mengikuti seleksi sekolah kedinasan IPDN, Alhamdulillah lolos gansis!


5 Kiat Sukses dalam Mengikuti Seleksi Sekolah Kedinasan Versi Ane!


Assalamualaikum dan selamat pagi agan dan sista dimanapun berada. Semoga selalu diberikan kesehatan dan kebahagiaan ya aamiin. Tak lupa juga tetap patuhi protokol kesehatan, dan kalau gak ada keperluan mendesak mending tetap dirumah aja ya.

Di hari sabtu ini, ane bakal sharing pengalaman bagaimana ane ketika mengikuti seleksi sekolah kedinasan. Kedinasan apa itu? Sekolah itu adalah IPDN. Pasti sudah familiar dong dengan sekolah kedinasan yang satu ini. Tapi sebelumnya ane mau bilang dulu kalau thread ini bukan mau pamer, sombong, riya, dan sebagainya ya. Tapi sekedar tips dan sharing saja.

IPDN atau Institut Pemerintahan Dalam Negeri merupakan sekolah tinggi kedinasan dibawah naungan Kementerian Dalam Negeri langsung, yang outputnya adalah sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Memiliki rangkaian seleksi yang panjang, hingga sistem pendidikan semi militer dalam lingkup kehidupan asrama.

Nah sekarang sudah tau IPDN secara definisi nya, sekarang ane share pengalaman ane tentang kiat atau usaha ane dalam mengikuti seleksi sekolah kedinasan ini, sampai Alhamdulillah lolos pendidikan hingga sekarang sudah lulus. So flashback ya gansis hehe. Let's talk about it.

1. Persiapan Administrasi

Administrasi disini segala hal yang berkaitan dengan legalitas surat menyurat ya gansis. Kayak ijazah, akta, ktp, kk, sampai skck. Tapi kalau seleksi sekolah kedinasan seperti IPDN itu syarat administrasi nya hanya ijazah pendidikan terakhir, ktp, kk, dan surat keterangan lulus dari kepala sekolah saja.

Karena yang dites lebih dulu adalah administrasi, makanya yang awal ane lakuin adalah mempersiapkan segala persyaratan yang berkaitan dengan 'hitam diatas putih'. Apa saja itu? Jadi administrasi seleksi IPDN itu meliputi Ijazah SMA/MA (difotocopy), KTP (difotocopy), KK (difotocopy), Surat keterangan lulus dari kepal sekolah, serta lainnya seperti E-mail aktif dan pasfoto.


2. Mempersiapkan Kesehatan


Sebenarnya disini bukan mempersiapkan saja ya gansis, tapi mengecek, memperbaiki, serta menjaga kesehatan yang meliputi fisik luar dan dalam. Maka yang ane lakuin adalah check up ke rumah sakit. Nah check up kan lengkap tuh jadi kita bakal tau apa yang kurang atau perlu diperbaiki agar mencapai standar penilaian seleksi ya gansis.

Waktu itu ane yang kurang cuma gugi berlubang sama berat badan kurang. Maka usaha yang abe lakuin untuk gigi, ada dua opsi yaitu tambal atau cabut. Dan ane cabut aja soalnya sering sakit juga. Nah kalau berat badan, tentunya makan yang banyak dan bergizi, contohnya ane seringin tuh makan pisang karena khasiatnya untuk menambah berat badan manjur.


3. Belajar Psikotest


Untuk psikotest ini kan yang dites psikologi kita ya gansis. Maka yang harus dilakukan hanyalah tetap menjaga kewarasan kita hehe. Kenapa ane bilang begitu? Karena sebenarnya soal-soal yang disajikan dalam tes nanti adalah soal wajar yang pada dasarnya pertanyaan yang berkaitan normal atau tidak normal perbuatan tersebut.

Selain itu ada juga tes menggambarnya dalam psikotes ini. Dan itu butuh trik. Makanya ane disini sampai kursus psikotest. Waktu itu ane ikut kursus psikotest dengan anggota TNI yang ilmunya dalam psikotes sudah sangat high grade. Alhamdulillah disini juga bisa ane lewati gansis.


4. Latihan Fisik/Kesamaptaan


Berhubung ane anak desa yang mainnya kalau gak ke kebun-kebun ya hutan hehe. Jadi untuk fisik ya taulah sendiri kalau misalnya mendaki menuruni lembah gunung atau hutan butuh fisik yang mumpuni. Dan Alhamdulillah ane sudah bisa dibilang terbiasa kalau masalah fisik.

Walaupun begitu kita tidak boleh takabur ya gansis. Ane pun tetap latihan setiap harinya. Seperti lari, push up, sit up, pull up, dan shuttle run. Karena itu juga yang dites nantinya gansis. Ane lakuin utu rutin dan kontinyu, yaitu seminggu libur sehari. Agar apa? Ya itu tadi agar terbiasa dan endingnya pas tes tuh ringan kayak latihan. Alhamdulillah terlewati juga.

5. Perbanyak Doa dan Tawakkal


Nah ini yang tidak kalah penting ya gansis. Karena seperti yang kita ketahui kalau usaha tanpa ada do'a akan sia-sia. Begitu juga sebaliknya. Makanya ane selain usaha-usaha seperti diatas, ane juga mencoba untuk selalu rajin minta sama Allah. Caranya ya perbanyak sholawat, sholat sunnah, sedekah, dan yang sangat penting minta doa ridho orang tua.

Setelah semua usaha dan doa digencarkan supaya diberi izin untuk lulus sekolah kedinasan, maka yang terakhir kita harus lakukan adalah tawakal gansis. Ane sendiri waktu itu tanamkan kuat-kuat dalam hati kalau semuanya sudah diatur sama Allah. Yang kita inginkan belum tentu kita butuhkan menurut Allah. Sehingga kalau dikemudian hari tidak lolos, kita bisa ikhlas.

Nah segitu dulu sharing dari ane dalam thread tentang '5 Kiat Sukses Abdulqadirz dalam Mengikuti Seleksi Sekolah Kedinasan'. Semoga bermanfaat, dan tetap semangat untuk kita semua gansis. Pada dasarnya semua yang diberikan ke kita itu adalah amanah, jadi kita harus selalu lakukan dengan sebaik mungkin dan tentunya ikhlas.

5 Kiat Sukses dalam Mengikuti Seleksi Sekolah Kedinasan Versi Ane!
Sumber: Pengalaman Pribadi
Sumber Gambar: Dokumentasi Pribadi
@abdulqadirz©2021
Diubah oleh abdulqadirz
profile-picture
profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
5 Kiat Sukses dalam Mengikuti Seleksi Sekolah Kedinasan Versi Ane!
30-01-2021 22:09
DUIT yang ini tapi beneran bisa kalah sama duit beneran gan emoticon-Ngakak
profile-picture
abdulqadirz memberi reputasi
1 0
1
profile picture
kaskus maniac
31-01-2021 06:17
Hahahah iya,, tapi harus DUIT yg kapital semua😅
0
profile picture
kaskus maniac
06-02-2021 16:26
@anns123 jangan kalah sama duit yang biasa ya gan. wkwk
0
profile picture
kaskus maniac
08-02-2021 07:57
@richardus96 duit yg biasa mah bisa membutakan orang😁
0
profile picture
kaskus maniac
09-02-2021 17:17
@anns123 akal sehat kalah sama duit emoticon-Ngakak
0
profile picture
kaskus maniac
20-02-2021 13:46
@richardus96 waduu waduuh😅
0
profile picture
kaskus maniac
20-02-2021 19:49
@anns123 udah sering yang begitu. pertemanan aja digadai demi uang
0
profile picture
kaskus maniac
21-02-2021 05:10
@richardus96 ada uang, jadi pada buta ya🥺
0
profile picture
kaskus maniac
21-02-2021 23:24
@anns123 makanya kata orang tuh uang gak kenal keluarga atau temen
0
profile picture
kaskus maniac
23-02-2021 15:43
@richardus96 so sad 😭
Jauh jauh deh dari yg modelannya gini
0
profile picture
kaskus maniac
23-02-2021 16:21
@anns123 tihati gan. banyak soalnya emoticon-Ngakak
0
profile picture
kaskus maniac
23-02-2021 16:29
@richardus96 iya ya.. jadi takut, harus waspada
0
profile picture
kaskus maniac
23-02-2021 20:58
@anns123 yang penting diri sendiri gak gitu aja dulu
0
profile picture
kaskus maniac
24-02-2021 12:14
@richardus96 iyaps, pastinyaa
0
Memuat data ...
1 - 13 dari 13 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia