News
Batal
KATEGORI
link has been copied
333
Lapor Hansip
27-01-2021 12:37

Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka

Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka

Quote:BeritaHits.id - Cendekiawan Muslim Emha Ainun Najib atau Cak Nun menilai pandangan publik mengenai penggunaan jilbab saat ini terlalu berlebihan.

Belakangan, isu mengenai penggunaan jilbab kembali menjadi sorotan publik usai muncul kabar siswi di Padang dipaksa memakai jilbab meskipun ia tak beragama Islam.

Melalui video berjudul 'Caknun - Guru jangan Paksa Siswi Memakai Jilbab! Tapi Anjurkan Dengan Cara yang Bijaksana' yang dibagikan oleh kanal Adonara Shop TV pada Minggu (24/1/2021), Cak Nun memberikan pandangannya tentang pemikiran publik soal jilbab.

"Mosok rambute ketok titik metu teko jilbab sak lembar i mlebu neroko cobo. Cek angele urip iki (masak rambutnya kelihatan sedikit keluar dari jilbab sehelai saja masuk neraka coba. Kok sulit sekali hidup ini)" kata Cak Nun seperti dikutip Suara.com, Selasa (26/1/2021).

Cak Nun menyoroti komentar di dunia maya yang kerap kali menghakimi para wanita yang tak mengenakan jilbab.

Kebanyakan orang langsung menjatuhkan vonis kepada perempuan tak berjilbab akan menjadi penghuni neraka.

"Dikit-dikit neraka. Ya Allah kok banyak sekali takmir neraka ini. Yang menentukan dan mendaftari orang masuk neraka itu lho. Sekarang coba, orang tidak jilbaban kan langsung kalau di medsos tu 'ini penghuni neraka'" ungkapnya.

Penulis puisi 'Lautan Jilbab' itu mencontohkan beberapa perempuan muslim yang tak mengenakan jilbab. Mereka adalah istri Buya Hamka dan juga ibunya sendiri.

Kedua perempuan muslim itu tak mengenakan jilbab, melainkan sebuah kerudung.

Bahkan, sebelum 1980 tak ada satupun perempuan muslim yang berangkat ke sekolah mengenakan jilbab.

Cak Nun tak mampu membayangkan jika perempuan muslim tak berjilbab masuk neraka, maka penghuni neraka ternyata berisi para leluhur.

"Lha bayangkan, penghuni neraka banyak sekali ternyata mbah-mbah, ibu-ibu kita, ya Allah," tuturnya.

Cak Nun mengajak umat Muslim untuk tidak terlalu kaku dalam memahami aturan surga dan neraka, sebab masuk atau tidaknya seseorang ke surga dan neraka bukanlah ditentukan oleh manusia.

Namun, penentuan seseorang masuk neraka ataupun surga merupakan hak prerogatif Sang Pencipta.

Menurutnya, memaksakan orang lain menggunakan jilbab tidak akan memberikan dampak baik. Ia mencontohkan sosok sang ibu yang tak pernah memaksa putrinya berjilbab, hal itu juga dilakukan Cak Nun terhadap putrinya.

Pasalnya, setiap orang memiliki momentum hidayah masing-masing. Sebagai sesama muslim sebaiknya saling mendoakan, bukan justru memaksakan.

"Setiap orang mendapat momentum hidayahnya masing-masing. Kita doakan semuanya," tukasnya.

https://hits.suara.com/read/2021/01/...n-masuk-neraka


Cak Nun mengajak umat Muslim untuk tidak terlalu kaku dalam memahami aturan surga dan neraka, sebab masuk atau tidaknya seseorang ke surga dan neraka bukanlah ditentukan oleh manusia.

Namun, penentuan seseorang masuk neraka ataupun surga merupakan hak prerogatif Sang Pencipta.


Yg digaris bawahin, gw setuju banget..... emoticon-thumbsup

Yg nentuin orang masuk surga ato neraka itu bukan orang yg sok suci.....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
prayformysky dan 68 lainnya memberi reputasi
67
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka
27-01-2021 12:55
Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka

Tafsir Bahasa Inggris: Cloak (jubah)
Tafsir Bahasa Indonesia: Jilbab (siapa yg nerjemahin neh?)

Ane muslim, tapi sumpah ane masih kaga nemu kata2 wajib jilbab di tafsir Alquran versi Bahasa Inggris..

Tafsir Quran English


emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pradanto17 dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
profile picture
kaskus geek
27-01-2021 13:06
Tapi banyak sih di luar negri cewe muslim berhijab...







Yg gk berhijab lebih banyak lagi tp emoticon-Hammer2
3
profile picture
kaskus geek
27-01-2021 13:09


Kalo menurut saya hijab disitu ada 2 sih, yg zhohir yg mana menutup aurat sewajarnya (tidak mengundang nafsu tentunya) dlm hal ini kepala gk wajib-wajib banget. Kedua hijab dlm artian hati nya kudu ditutup agar sifat-sifat buruk tidak masuk.

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Kadrun mah baca artinya doang dah berasa hebat.
9
profile picture
kaskus geek
27-01-2021 13:35
@hantumasam

Betul gan, sepakat ane.

Lihat saja istri Gus Dur, istri Wahid Hasyim (ibunya Gus Dur), istrinya Hamka, bahkan istrinya dedengkot DI/TII SM Kartosowiryo saja tidak berjilbab.

Ini foto terakhir mereka sebelum Kartosuwiryo di eksekusi.



Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka
6
profile picture
kaskus maniac
27-01-2021 13:35
Indonesia itu kalo ketemu antara yang simpel dan yang rumit, maka akan dipilih yang paling rumit.
11
profile picture
kaskuser
27-01-2021 13:50
@kaiserwalzer kalo bisa yg rumit, ngapain milih yg simple..... emoticon-Traveller
2
profile picture
27-01-2021 14:28
@wiskey31 katanya sih mudah dimengerti dan sempurna
2
profile picture
kaskus addict
27-01-2021 14:33
@kaiserwalzer ya memang begitu, dulu waktu sekolah juga gitu, utk nyelesain soal matematika, biar gua punya cara yg lebih mudah utk nyelesain tuh soal, biar jawabannya sama tapi caranya beda tetep di coret salah....emoticon-Wakaka
6
profile picture
kaskus maniac
27-01-2021 14:44
@setiapmenit
Quote:Tafsir Bahasa Inggris: Cloak (jubah)
Tafsir Bahasa Indonesia: Jilbab (siapa yg nerjemahin neh?)

Ane muslim, tapi sumpah ane masih kaga nemu kata2 wajib jilbab di tafsir Alquran versi Bahasa Inggris..

Bhs asli alquran itu bhs arab jadi kalo mau memahami alquran hrs dikembalikan ke tulisan arabnya

Di al ahzab 59 tertulis dlm bhs arab "jalabib" di situlah kata jilbab berasal jadi bukan jubah

Kalo aurat wanita, ane berpedoman ama hadist yg ini
Cak Nun: Jangan Paksa Cewek Berjilbab, Masak Rambut Kelihatan Masuk Neraka
-2
profile picture
kaskus maniac
27-01-2021 14:46
@wiskey31
Bentar lagi bangun kostan...jd kolektor bata gan...
-1
profile picture
kaskus maniac
27-01-2021 16:41
Emang ga ada di Quran gan, yg ada masalan tutup kepala ditutupkan ke dada, ga memperlihatkan perhiasan/perhiasan luar(sering jadi perdebatan yg ini), yg menurut ane artian harfiah perhiasan kayak kalung, dan ga menghentakan kaki biar suara perhiasan (gelang kaki) ga bunyi.

Tapi orang lupa, tipe2 orang sok suci ginian kalimat pembukanya dilewat, supaya pria dan wanita menjaga pandangan dan kemaluan. Susah emang jaman sekarang kebanyakan ngejar kulit, asal kebaca satu hadtis langsung ditelen, langsung serasa suci dan punyakewenangan.
7
profile picture
kaskus addict
27-01-2021 16:44
@wiskey31 @setiapmenit serius ane nanya...

Dimana ad ayat yg bilang Allah melaknat perempuan yg keliatan rambutnya?

1. Dsana Allah mengatakan Hendaklah..bukan perintahkanlah..
2. Disebutkan dlm ayat tujuannya agar TIDAK DIGANGGU bukan mendapat ADZAB
3. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun


Lalu knp org2 skrg ini ngecap cew ga pake jilbab itu bakal masuk neraka?
6
profile picture
kaskuser
27-01-2021 17:45
@wiskey31 @setiapmenit @babysitter89

Mungkin mereka menggunakan hadist "Berpakaian tapi Telanjang" untuk dasar berpendapat mereka. CMIIW.

Masalahnya pengertian "Berpakaian tapi Telanjang" juga bisa merembet ke pemakai jilbab/hijab juga.
0
profile picture
kaskus addict
27-01-2021 18:45
@monto12 @wiskey31 @setiapmenit berpakaian tapi telanjang mah jauh banget bedanya dengan ga pake jilbab.

Ane rasa mngkin krna:.
1. Orang dlu pake sutra tipis tapi ga pake beha. Keliatan tuh pentil
2. Daerah2 spt indonesia jaman dlu yg cew2nya pake kebaya tp topless
3. Suku2 pedalaman yg cew2 pake rok doang tp topless

Jd klo menurut ane, arab jaman dlu, pentil2 cew nya pd keliatan kali..atau bajunya memperlihatkan belahan dada. D india malah sampe punggung dan tengah perut diekspos.
Makanya dsuruh pake hijab.
Hijab dsini lebih k jubah yg nutupin area2 sensitif.

Jd menurut ane ga masuk akal keliataj sedikit rambut trus masuk neraka -_-
4
profile picture
kaskus geek
27-01-2021 19:18
Setau ane kalo perintah berjilbab ga ada, berhijab yang ada, dan menutup aurat

Jilbab dan hijab beda ya

Masalah masuk neraka atau engga urusan di akhirat nanti, yang jelas kalo keliatan auratnya ya dosa, itu aja sih
2
profile picture
kaskus addict
27-01-2021 21:53
Haram pake bahasa kapir gan
0
profile picture
Auto Banned
27-01-2021 23:33
Udah dijelaskan tujuannya agar mudah dikenal sehingga mereka tidak diganggu. Diakhiri dng kalimat Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang

Ga usah dipaksakan sampe wajib berjilbab, anak sekolah itu mostly belum baligh, ga usah kaku dlm beragama.

Dan gak harus sampe bawa-bawa Surga/Neraka karena Allah Maha Pengampun dan Maha Penyayang emoticon-Angel
2
profile picture
kaskus maniac
28-01-2021 21:07
Diskusi yg bagus, ane sbg cewek menyimak saja, mana yg diambil ? Yg sreg di hati saja emoticon-Malu (S)
0
profile picture
Auto Banned
28-01-2021 21:15
@prayformysky bukan yang sreg dihati pi yang bener yang diambil ya emoticon-Cool
0
profile picture
kaskus geek
28-01-2021 21:37
@prayformysky Kupinang kau dg bismilliah emoticon-Gotta catch 'em all!
0
profile picture
kaskus maniac
28-01-2021 21:40
@batmanluck99 bener belum tentu pener, tp pener pasti bener 😌
0
Memuat data ...
1 - 20 dari 21 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia