News
Batal
KATEGORI
link has been copied
143
Lapor Hansip
24-01-2021 09:35

PPATK Sebut Ada Transfer Lintas Negara Ke Rekening FPI

Jakarta - 
Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mendeteksi ada arus lalu lintas keuangan lintas negara terkait rekening Front Pembela Islam (FPI). Namun Kepala PPATK Dian Ediana Rae tak bersedia menyampaikannya secara eksplisit dari siapa, berapa, kapan, untuk apa?
"Ya, ada. Dari penelusuran PPATK itu memang melihat keluar masuk dana dari negara lain," kata Dian kepada tim Blak-blakan, Rabu (20/1/2021).
Seperti diketahui, sejak 4 Januari PPATK telah memblokir sementara rekening milik FPI dan para pihak terafiliasi di berbagai bank nasional. Hingga 20 Januari, jumlahnya mencapai 92 rekening, dan kemungkinan akan terus bertambah.

Baca juga: Kasus Pencucian Uang Belum Konsisten


Pemblokiran tersebut seiring dengan kebijakan pemerintah yang membubarkan dan menetapkan FPI sebagai organisasi terlarang. Keputusan itu termaktub dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) yang ditandatangani enam Kementerian dan Lembaga pada 30 Desember 2020.
Salah satu poin dari SKB itu menyatakan bahwa FPI adalah organisasi yang tidak terdaftar sebagai Ormas sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan, sehingga secara de jure telah bubar sebagai Ormas.
Sejauh ini, kata Dian Ediana Rae melanjutkan, pihaknya belum sampai pada kesimpulan apakah FPI terkait dengan pendanaan terorisme. Juga belum dikaitkan dengan pelanggaran UU tindak pidana lainnya.
"Apakah FPI itu akan dikenakan UU mana, Itu belum. Apakah dia terkait dengan pendanaan terorisme? Belum juga disimpulkan begitu," ujarnya.

Baca juga: PPATK Endus Peran Pencuci Uang Profesional di Kasus Korupsi

Dian Ediana Rae menegaskan, pemblokiran sementara rekening FPI dan afiliasnya merupakan bagian dari langkah intelijen keuangan dan masih dalam koridor hukum yang dapat dipertanggungjawabkan.
"Kami lembaga intelijen keuangan, bukan penegak hukum. Pembekuan ini sebuah keharusan bila kami ingin menganalisis sebuah transaksi keuangan. Ini adalah proses normal yang harus dilakukan PPATK ketika suatu organisasi dinyatakan tidak boleh melakukan kegiatan," paparnya.

Dalam praktik kesehariannya, tindak pidana pencucian uang yang dikaji oleh PPATK biasanya terkait dengan 26 jenis kejahatan lain. Selain soal korupsi, terorisme, dan narkoba. Dian antara lain menyebut kejahatan perbankan, penipuan, pasar modal, hingga illegal logging dan illegal fishing.
"Jadi framework nya itu. Sejauh ini belum ada kesimpulan apakah FPI terkait dengan pidana terorisme atau lainnya. Itu ranah penegak hukum," kata Dian kembali menegaskan.

Baca juga: Blak-blakan Kepala PPATK: Rekening FPI hingga Isu Pencucian Uang

Bila dalam tempo 20 hari tak ditemukan unsur pidana, pemblokiran akan dicabut. Sebaliknya pemblokiran akan dibuat lebih lama bila aparat penegak hukum menyimpulkan ada pelanggaran pidana sampai pengadilan memutuskan.
Pada bagian lain, Dian juga memaparkan pentingnya dukungan para hakim dan hakim agung terkait penerapan UU Pencucian Uang dalam memberantas praktek korupsi. Praktek pencucian uang selama ini juga disinyalir melibatkan para professional baik di bidang hukum, akuntansi, perpajakan, dan lainnya agar tak terendus aparat.

Hal lain yang disampaikannya adalah trend kejahatan skimming yang meningkat justru di tengah masa pandemi. Selengkapnya, saksikan Blak-blakan Kepala PPATK di detikcom.

Baca juga: Ssttt... Kabarnya Koruptor di RI Selalu Dibantu Pencuci Uang Profesional

sumur : https://news.detik.com/berita/d-5346...e-rekening-fpi

UWAW.. aku terkedjoet... pantesan dia mewek-mewek
kira2 dari negara manakah transfer asing tersebut?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 38 lainnya memberi reputasi
35
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
PPATK Sebut Ada Transfer Lintas Negara Ke Rekening FPI
24-01-2021 09:40
tebak tebakan
inggris, malaysia, australia dan amerika

salah satu kemungkinan besar masuk

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 18 lainnya memberi reputasi
19 0
19
profile picture
kaskus addict
24-01-2021 09:57


Mungkin jerman ?

emoticon-Malu
5
profile picture
kaskus addict
24-01-2021 10:41
biasanya negara SJW, mungkin belanda dan belgia juga termasuk di dalamnya
6
profile picture
kaskus geek
24-01-2021 10:45
@jerrystreamer1 Sjw bukannya gak demen ama org2 sara juga?
1
profile picture
kaskus addict
24-01-2021 10:48
@areszzjay kalau ada kepentingan lain why not ? kek jerman pengen impor biji nikel mentah dari sini, manfaatin ormas macam fpi buat ngerusuh dimari, untung cepat ketahuan sampai agen intelnya si Suzanne Hol dipainggil pulang balik ke jerman sana
9
profile picture
kaskus geek
24-01-2021 10:55
@jerrystreamer1 Oh kirain sjw yg pure sjw goblok, ternyata ada motif bisnisnya wkwkwk

Soalnya setau ane sjw itu otaknya mentok di dengkul semua, mana bs mikir sejauh itu wkwkwk
3
profile picture
kaskus addict
24-01-2021 11:01
@areszzjay kalau sjw yang dibacking negara dan industri besar justru malah ngotak karena gak pure sjw tapi ada motif mencari keuntungan bsinis juga
2
profile picture
kaskus maniac
24-01-2021 11:25
@jerrystreamer1

SJW itu apa ya om .... emoticon-Malu (S)
Apakah Sakit Jiwa Wik..wik ... emoticon-Ngacir
-1
profile picture
kaskus addict
24-01-2021 11:30
Dikit amat. Bisa jadi oknum p*kistan, y*man, atau p*lestina. Kenapa yang disebut cuma negara barat saja?
0
profile picture
aktivis kaskus
24-01-2021 11:39
@freedomjustice

Mrk malah dapet duitnya dan bantuannya dari sini bro. Aliran dananya kebalik.

Btw kok Singapur gak disebut ya?
2
profile picture
kaskus maniac
24-01-2021 12:48
@sacrifice1969 SJW = Social Justice Warrior
2
profile picture
kaskus maniac
24-01-2021 13:44
@hirak0

Ooooo... emoticon-Hammer (S)
Tak kira tadi sejenis chat mesum ... emoticon-Ngakak (S)



............................................ emoticon-Ngacir
1
profile picture
kaskus addict
24-01-2021 20:40
@sacrifice1969 social justice warrior, alias para penuntut keadilan
0
profile picture
kaskuser
25-01-2021 10:29
@freedomjustice justru negara barat lah yang punya duit dan ada kepentingan politics di Indonesia. Mereka cari cara agar Indonesia tetap fail dan terbelakang, mereka takut Indonesia bisa mandiri kayak China. Contoh nyata saja uni eropa gak suka Indonesia stop ekspor nikel. Kalau Indonesia ribut dan chaos, maka mereka dengan mudah mendapatkan keuntungan bisnis
3
profile picture
kaskus addict
25-01-2021 11:00
dari negara berpasir (Arab) bukan?
0
profile picture
kaskus addict
25-01-2021 11:30
@freedomjustice @redjupie analisa yg masuk akal. Yg jd pertanyaan, kalo udah ketauan yg transfer, apa pemerintag berani ambil tindakan??
1
profile picture
kaskus maniac
25-01-2021 12:56
Swedia gak ikutan main? Jgn salah Swedia ni sarang àlias markas besar SJW kedua loh setelah Jerman/Mamarika..salah satu negara yg paling vokal dgn HAM..lha wong bos besar GAM aja si Hassan Tiro aja dpt suaka bahkan dikasih WN dari Swedia, daan di biarkan aja si Hasan Tiro malah dia udh dicap bak pahlawan kemerdekaan di Swedia.. padahal di Indo udh diputuskan jd penjahat separatist (setara bosnya OPM).SJW dari Jerman, Aussie,UK, USA mah ga ada apa2nya dibanding SJW Swedia..udh pinter2, ngeri2 lgemoticon-Malu. Cmiiw...emoticon-Malu
3
profile picture
kaskuser
25-01-2021 13:37
@aircrash @freedomjustice pemerintah sudah melawan tuh di sidang wto untuk nikel dan cpo. Kita memang di diskriminasi, namun sayang nya tenaga kita malah jadi buat berantem sesama bangsa pake agama
0
profile picture
kaskus addict
25-01-2021 14:03
negara dari mana nya itu sbnrnya apapun bisa,,,

yg penting mengatasnamakan organisasi/kepentingan apakah transferan dana itu?

apakah keperluan donasi?
atau operasional agenda tertentu?
dari perorangan?
atau dari kelompok2 besar di luar negeri?

bisa aja anggota FPI yang lain sedang berada di luar negeri, pakek rekening luar negeri untuk kirim duit ke mereka,, bisa aja kan,,

tapi berapa dan kenapa, itu juga lebih penting.

jadi bisa jelas selama ini mereka demo sana sini, bersilit2 itu duitnya dari mana gitu,,,
0
profile picture
kaskuser
25-01-2021 15:52
Ane malah curiga sama saudi gan secara mereka fpi 11 12 sama paham wahabis, i wish i was wrongemoticon-Ngacir
0
profile picture
kaskus addict
25-01-2021 20:10
Arab saudi
0
Memuat data ...
1 - 20 dari 20 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia