News
Batal
KATEGORI
link has been copied
257
Lapor Hansip
23-01-2021 17:47

Eks Walkot Padang: Aturan Siswi Berjilbab sudah 15 Tahun, Kok Baru Ribut?

Eks Walkot Padang: Aturan Siswi Berjilbab sudah 15 Tahun, Kok Baru Ribut?

Padang - Eks Wali Kota (Walkot) Padang, Fauzi Bahar, mengatakan aturan mewajibkan siswi di sekolah negeri berpakaian muslimah bukan hal baru. Fauzi yang menjabat dua periode mengatakan aturan itu dibuat justru untuk melindungi kaum perempuan.

"Itu sudah lama sekali, kok baru sekarang diributkan? Kebijakan 15 tahun yang lalu itu," kata Fauzi Bahar kepada detikcom, Sabtu (23/1/2021).

Aturan mengenai siswi wajib memakai kerudung ini mencuat setelah video orang tua murid SMK Negeri 2 Padang viral di media sosial (medsos). Fauzi mengatakan aturan itu dibuatnya saat dia menjabat Walkot Padang.

Menurut Fauzi, aturan itu semula hanya berupa imbauan. Namun kemudian berubah menjadi Instruksi Wali Kota Padang. Saat itu SMA sederajat merupakan bagian dari perangkat daerah pemerintah kota/kabupaten.

Aturan berbusana ini diatur dalam Instruksi Walikota Padang No. 451.442/BINSOS-iii/2005. Instruksi itu dikeluarkan pada 2005.

Artinya, aturan ini sudah diterapkan selama 15 tahun di sekolah-sekolah negeri di Padang. Salah satu poin instruksi itu adalah mewajibkan jilbab bagi siswi yang menempuh pendidikan di sekolah negeri di Padang. Kendati nomenklaturnya ditujukan kepada siswi muslim saja, namun di lapangan, siswi nonmuslim juga menggunakan jilbab ini.


"Aturan itu saya yang buat. Sudah ada sejak zaman saya jadi Wali Kota, bukan sekarang, saja" katanya.

Fauzi mengatakan selain menjaga kaum perempuan, kebijakan itu juga dimaksudkan mengembalikan budaya Minang.

"Jauh sebelum republik ini ada, gadis Minang dulunya sudah berbaju kurung. Kita mengembalikan adat Minang berbaju kurung. Pasangan baju kurung adalah selendang. Agar tak diterbangkan angin, ada kain yang dililitkan ke leher, itulah yang namanya jilbab," katanya.

"Apa yang kita lakukan dulu, dapat respons yang luar biasa. Buktinya, ini bukan hanya di Kota Padang saja, tapi juga menjalar ke seluruh Sumatera Barat, Sumatera, dan Indonesia. Kalau ada yang protes satu atau 10 orang, kan hal biasa. Tujuan utama kita adalah melindungi perempuan, terutama kaum minoritas di tempat mayoritas," katanya lagi.

Ia menekankan, peraturan di sekolah itu sudah sangat bagus dan tak perlu dicabut.

"Itu sudah kebijakan dan aturan sekolah. Kalau tidak suka dengan aturan sekolah, ya, tinggal cari sekolah lain saja. Dulu saya juga diteriaki mendukung dan melakukan kristenisasi. Mana yang dulu protes-protes itu, ke mana orang-orang itu sekarang," kata Fauzi.

"Toh itu semangatnya bukan paksaan buat nonmuslim. Kita melindungi gererasi kita sendiri," katanya.


https://news.detik.com/berita/d-5345...m=wpm_headline

Kenapa baru ribut hayoo ??.. emoticon-Malu (S)

Tipikal ngeles sampah.. kalo ga suka aturan ya cari tempat lain saja.. ato minoritas harus ikut aturan mayoritas.. emoticon-Malu (S)

Tapi giliran d balikin langsung mewek terzolimi.. emoticon-Malu (S)

Budaya indo dulu juga ga berjilbab kok.. kenapa ga d kembalikan seperti itu juga ?.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr1
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 47 lainnya memberi reputasi
46
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Eks Walkot Padang: Aturan Siswi Berjilbab sudah 15 Tahun, Kok Baru Ribut?
23-01-2021 17:59
Gelombang hijab jg baru 5 tahun belakangan ko. Coba aja nonton warkop, atau film2 tahun 90an, mana ada yg pake hijab. Apa dulu mereka bukan Islam?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 25 lainnya memberi reputasi
25 1
24
profile picture
kaskus maniac
23-01-2021 18:02
15 tahun lalu kan masih kecil
skrg uda pada besar
uda terdoktrin

emoticon-Traveller
9
profile picture
kaskus geek
23-01-2021 18:03


mulai tahun 2000 an sih, tp klo cadar mmg baru 5 tahunan belakang nongol
7
profile picture
kaskus maniac
23-01-2021 18:07
karena sekarang ada virus cadruna-19 , dan isu agama mulai dipakai oleh pihak2 yg gak bertanggungjawab
4
profile picture
kaskus maniac
23-01-2021 18:41
Islam jaman dulu lebih santai dan realistis.
9
profile picture
kaskus geek
23-01-2021 18:46
@kaiserwalzer yup..liat aja dokumentasi Muslimat NU atau Aisiyah Muhammadiyah circa tahun 40-80an ..., cuma selendangan aja, & mmgnya ulama2 saat itu lbh bodoh dr ulama jaman now? emoticon-Imlek
6
profile picture
kaskus addict
23-01-2021 20:26
Ane lulus SMA tahun 2010. 1 sekolah mayoritas muslim dan mayoritas ceweknya ga pada pake jilbab. Ga ada yang mempermasalahkan itu dan kami tetap menjalin pertemanan yang baik sama teman yang berbeda agama. emoticon-Malu
5
profile picture
kaskus addict
23-01-2021 23:20
@baikl
Setau ane mulai sekitar tahun 2012 2013 diberlakukan siswi sma pake rok harus panjang, karena gk match bawahan panjang atasan pendek, jadilah muncul trend jilbab

emoticon-Request
2
profile picture
kaskus addict
23-01-2021 23:44
Generasi 90an,dimana kadrun fadang fasir fekaes blm mendjadjah nusantara,,skrg alamak kain tudung jd standar kesucian ukhti,tp byk yg jual diri di michat emoticon-Ultah
2
profile picture
kaskus addict
24-01-2021 08:59
ane dulu sekolah di padang.......mulai dari SD tahun 1986 sampai tamat kuliah tahun 2002 ga pernah ada aturan untuk pakai jilbab bahkan buat yang muslim sekalipun......kecuali untuk anak2 MTSN, MAN dan sekolah sejenis.....
kalau dibilang kearifan lokal juga kayaknya ga tepat......ane dari lahir di padang sampe pergi merantau juga ga banyak yang ane temui pake jilbab.....
semasa itu bukan jadi hal yang umum perempuan di padang pake jilbab.....
3
profile picture
kaskus maniac
24-01-2021 09:03
Sekarang kalo gak pake jilbab dibilang murtad mungkin. Ya murtad aja lah emoticon-Big Grin
1
profile picture
kaskus geek
24-01-2021 09:05
@tekong.pancing lebih tepatnya itu "kearaban lokal"...bukan kearifan lokal, we dulu jg pny pacar orang Minang, no jilbab, modis, padahal bokapnya guru Mtsn emoticon-Imlek
1
profile picture
kaskus addict
24-01-2021 09:12
@tukang beling7 ntah kenapa ane jadi mulai merasa asing dengan kampung sendiri.......dari sikap kerabat dan kawan2 di kampung pun banyak yang berubah....
1
profile picture
kaskus geek
24-01-2021 09:18
@tekong.pancing
dah gue bilang, klo 1 daerah dikepalai orang dr PKS atau PAN hasilnya seperti itu...& maaf ye, Muhammadiyah sendiri jg sdh terinfiltrasi "Islam Transnasional" emoticon-Imlek
Alm Buya Hamka saja pernah mengatakan pakaian sopan itu semisal yg dipakai Ratu Elizabeth ... emoticon-Big Grin
orang-orang minang dulu byk tokoh progresif & revolusioner : Moh Hatta, Agus Salim, Tan Malaka, Buya Hamka dll


jaman now???
2
profile picture
kaskus addict
24-01-2021 09:26
@tukangbeling7 ane besar di lingkungan muhammadiyah.....ga pernah sebelumnya nemu yang kayak gini.....
mungkin diperlukan lagi ada penataran P4 kayak jaman dulu......
1
Memuat data ...
1 - 14 dari 14 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia