News
Batal
KATEGORI
link has been copied
235
Lapor Hansip
22-01-2021 11:58

Menkes Sebut Testing Corona di RI Salah Secara Epidemiologi

Menkes Sebut Testing Corona di RI Salah Secara Epidemiologi

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengomentari upaya 3T atau testing, tracing dan treatment terkait penanganan COVID-19. Menurut Budi, testing Corona di Indonesia selama ini salah secara epidemiologi.

Dalam 'Dialog Warga 'Vaksin & Kita' Komite Pemulihan Ekonomi % Transformasi Jabar' yang disiarkan di YouTube PRMN SuCi seperti dikutip Jumat (22/1/2021), Menkes Budi Gunadi berbicara soal strategi mengatasi pandemi seperti yang disampaikan WHO. Menurut Menkes mengutip WHO, mengatasi pandemi tak terbatas hanya di upaya vaksinasi maupun soal rumah sakit.

"Ini kan belum sebulan kan, baru 3 minggu saya jadi Menkes. Sebenernya itu tadi, kita setiap hujan sibuk ngepel, padahal bocornya nggak pernah ditambel. Masalah bukan di... WHO juga bilang strategi ngatasin pandemi itu bukan hanya vaksin. Bukan hanya ngurusin RS, itu mah udah di ujung, udah telat," ucap Budi.

Menurut Menkes Budi Sadikin, yang harus diurus saat ini yakni perubahan protokol kesehatan pasca-pandemi dan sebelum pandemi yang beda. Dia mengungkit peristiwa jet menabrak Twin Tower di Amerika Serikat.

"Sama kayak dulu tuh ada jet nabrak twin tower di Amerika, jebret. Saya kan naik pesawat sering, itu berubah kan protokol naik pesawat," ucap Budi Sadikin.

Menurutnya, manusia bisa beradaptasi dengan perubahan protokol transportasi udara. Dia yakin seharusnya protokol kesehatan di setiap industri setelah adanya COVID-19 juga harus beradaptasi dan semua pihak yang ahli harus dilibatkan.

"Itu yang aku bilang mesti ditata dari sekarang dan nggak bisa sendiri, mesti tanya orang-orang yang ngerti," kata Budi.

Setelahnya Budi Sadikin mengomentari 3T tadi. Dia menyebut 3T ini penting seperti analogi menambal kebocoran ketika hujan, bukan hanya sibuk mengepel.

Menurut Menkes Budi Sadikin, testing Corona saat ini salah secara epidemiologi. Penyebabnya, testing tinggi itu sebagian di antaranya menyasar kepada pihak yang itu-itu saja.
Satu orang bisa dites sampai berkali-kali dan masuk hitungan testing. Budi Sadikin mencontohkan dirinya yang seminggu bisa dites 5 kali. Dia menilai itu tidak efektif karena seharusnya yang dites adalah suspek Corona.

"Kita tuh nggak disiplin. Cara testingnya salah. Testingnya banyak, tapi kok naik terus. Habis, dites orang kayak saya. Setiap kali mau ke Presiden dites, (ke) Presiden dites. Barusan saya diswab. Seminggu bisa 5 kali swab karena masuk Istana. Emang bener gitu? Testing kan nggak gitu harusnya kan," sebut Budi Sadikin.

"Testing itu kan, testing epidemiologi ya aku diajarin tuh sama temen-temen dokter, bukan testing mandiri. Yang dites tuh orang yang suspek, bukan orang yang mau pergi kayak Budi Sadikin mau ngadep Presiden. Nanti 5 kali (dites) standar WHO kepenuhi tuh, 1 per 1.000 per minggu, tapi nggak ada gunanya testingnya secara epidemiologi,"imbuh dia.

Mantan Wamen BUMN itu menyebut hal seperti itu harus dibereskan. Dia berharap kerja sama dari semua pihak.

"Hal hal yang gitu-gitu yang mesti diberesin. Sebagian ada di tempat saya urusan testing tracingnya, walaupun saya mesti minta bantuan Kang Emil karena sekarang kan puskesmas tidak di bawah saya padahal saya harus pakai itu puskesmas.
Gubernur bisa bilang, bukan di bawah saya juga itu, di bawah bupati wali kota. Kan jadi tambah complicated ini dengan UU Otonomi Daerah," ucap Menkes Budi Sadikin.

Sumber Berita

Sudah hampir setahun baru bangun setelah ganti orang.
Diubah oleh saya.kira
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 45 lainnya memberi reputasi
44
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Menkes Sebut Testing Corona di RI Salah Secara Epidemiologi
22-01-2021 12:49
3 T itu memang poin penting juga. Latih aja beberapa orang, misalnya di kampung, per RT diambil 1/2 orang kemudian dilatih buat menggunakan rapid anti gen itu, 5 menit kan itu kalau ngak salah.
profile-picture
saya.kira memberi reputasi
1 0
1
profile picture
kaskus addict
22-01-2021 14:54
mestinya sekarang ini dibanjiri segala macam obat yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh, namun sayang vitamin c saja harganya melambung tinggi
0
profile picture
Made In Kaskus
22-01-2021 14:56
Vitamin C itu suplemen apa obat sih ?
0
profile picture
kaskus maniac
22-01-2021 15:02
Kl badan sehat , makan lengkap, ga perlu tmbhan suplemen vitamin mlh sia2 kbuang..yg
bgus olahraga dan istirahat cukup
2
profile picture
Made In Kaskus
22-01-2021 15:04
1
profile picture
kaskus addict
22-01-2021 15:08
@pongko dimana tuh melambung
Di kimia farma ga terlalu beda juh
Awal taun 2020 doank itu
0
profile picture
kaskus addict
22-01-2021 15:51
@xrm.xrn vitamin c 500mg skrg ini paling murah dijual 5rb 3 strip sbelum pandemi harganya 1000/strip.
0
profile picture
kaskus addict
22-01-2021 15:53
@angelo.ogbonna sayangnya orang tidak tahu daya tahan tubuhnya bagus atau tidak sebelum dia sakit.
0
profile picture
Made In Kaskus
22-01-2021 16:14
Oh jadi yang jadi keluhan mu itu soal harga vitamin dan obat, bukan soal langka atau tidaknya vitamin dan obat²an, kalau vitamin dan obat²an itu banyak tersedia. Menjaga kesehatan bisa dengan olah raga, konsum buah²an dan usahakan pikiran jangan stres, sebab kalau stres bisa mempengaruhi imunitas.

Menkes bilang pentingnya 3 T buat memutus mata rantai penyebaran covid. Nah untuk itu dibutuhkan SDM yang banyak dan bisa diandalkan. Saya kasih saran doang untuk itu, coba setiap RT dalam satu kampung dipilih 1/2 orang kemudian dilatih buat menggunakan rapid tes anti gen, sebab cuman lima menit waktu yang digunakan buat rapid gen. Dengan begitu ketika ada warga/tetangganya ada yang kena covid, maka mereka² yang sudah diberi latihan penggunaan alat rapid anti gen, bisa segera melakukan 3 T itu tadi, kalau ada yang reaktif dan gejala ringan bisa isolasi mandiri dan yang gejala berat bisa dirujuk ke RS, dengan begitu warga lainnya bisa aman melanjutkan aktivitas tanpa perlu lockdown satu kampung. Gitu.
3
profile picture
kaskus maniac
22-01-2021 16:19
@pongko @xrm.xrn
Xon Ce 500mg di indomaret 2ribu perak kok gan isi 2 , yg murah lg vicee 500mg di superindo cm 1500an isi 2
Kl pas awal pandemi iya mmg naik krn langka , skrg dah bnyk kok gan
0
profile picture
kaskus maniac
22-01-2021 16:22
@pongko

Kl mo diperhatiin kliatan kok dgn sesering apa org itu kna flu plg gampang, trs jg bs dr mkanan kl mmg sudah terpenuhi 4 sehat 5 smpurna ga perlu vit c suplemen lg, krn kbutuhab vit c harian ga sbyak itu, mlh kbuang sisanya sia2
0
profile picture
kaskus addict
22-01-2021 16:28
@angelo.ogbonna lalu mengapa para otg itu dijejali dengan vitamin dosis tinggi?
1
profile picture
kaskus maniac
22-01-2021 17:20
@pongko

Otg itukan sdh positif, mrk bagus imunnya mknya otg, hrsnya dgn gizi seimbang dan olahraga , serta manage stress dgn baik sdh cukup, ga perlu berlebihan..konsumsi mknan dan buah2an , serta susu ckp
Kl soal dijejali vitamin dosis tggi itu mgkin dr dokternya pnya perhitungan sndiri, tp kl dr org gizi itu berlebihan
Tp kl vit c ga masalah lbh krn akan kbuang (sia2) yg bahaya kl org latah beli vit e etc mlh bs bahaya
1
profile picture
kaskus addict
22-01-2021 18:38
@pongko @angelo.ogbonna gini
Dlm setahun.org sehat kena flu 3-4x
Sedangkan org kuat bisa hanya 1x dlm setahun
Itu untuk cek antibody


Lalu vit C.dosis harian untuk pria dewasa 130mg klo ga salah (cek alodokter coba)
Itu dr makanan cukup
Kalo kelebihan.bisa jadi batu ginjal




Knp org sakit d kasi vitamin C ?
Wkt sakit dosis d naikkan jadi 1000 mg emang
Tpi bkn brarti lu tiap hari hajar 1000 mg
10 taun kemudian kena batu ginjal lu.ga sampe malah
2
profile picture
kaskus addict
22-01-2021 22:08
@angelo.ogbonna @xrm.xrn menurut info sih dosis vitamin c yg disarankan 4rb mg/hari dan wajib banyak minum
0
profile picture
kaskus addict
22-01-2021 22:10
@xrm.xrn @angelo.ogbonna yg 500 mg mmg banyak tapi harga naik sedangkan yg 1000mg sdh hilang klopun ada harga bs 15rb
0
profile picture
kaskus addict
22-01-2021 23:13
@pongko @angelo.ogbonna palelo 4000 mg emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
Kencing lo keluar krikil itu
1
profile picture
kaskus addict
23-01-2021 06:02
@angelo.ogbonna @xrm.xrn silahkan tanya ke dokter gan atau ke penyintas
0
profile picture
kaskus addict
23-01-2021 11:34
@angelo.ogbonna @xrm.xrn @pongko gw masuk 2k langsung diare
1
profile picture
kaskus addict
23-01-2021 11:58
@pongko @angelo.ogbonna ooh mungkin buku kuliah gw dulu udah expired ya emoticon-Malu
1
profile picture
kaskus maniac
23-01-2021 19:41
@pongko @xrm.xrn

Eh buset 4000mg bs rusak ginjal
0
Memuat data ...
1 - 20 dari 20 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia