News
Batal
KATEGORI
link has been copied
349
Lapor Hansip
17-01-2021 07:28

Jokowi Ditantang ke Kalsel Lihat Banjir Akibat Investasi Serampangan

Jokowi Ditantang ke Kalsel Lihat Banjir Akibat Investasi Serampangan

Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) meminta Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk datang langsung ke Kalimantan Selatan menyaksikan bencana yang disebabkan oleh izin pertambangan dan perkebunan sawit yang serampangan.

Direktur Eksekutif Walhi Kalsel, Kisworo Dwi Cahyono, menegaskan banjir besar di Kalimantan Selatan yang terjadi dalam beberapa hari terakhir bukan sekadar cuaca ekstrem, melainkan akibat rusaknya ekologi di tanah Borneo.

"Saya mendesak Presiden Jokowi bahwa Kalimantan Selatan ini masih Indonesia, jadi tolong, jangan hanya dikuras sumber daya alamnya saja, tapi juga diperhatikan, sekarang Kalsel dalam kondisi darurat bencana ekologis, konflik agraria juga luar biasa, Pak Jokowi segera turun ke Kalsel, buktikan bahwa Kalsel masih Indonesia," kata Kis saat dihubungi Suara.com, Jumat (15/1/2021).

"Kita masih cinta NKRI Negara Kesatuan Republik Indonesia, bukan Negara Kesatuan Republik Investor!," tegasnya.

Berdasarkan catatan WALHI, di tahun 2020 saja sudah terdapat 814 lubang tambang milik 157 perusahaan batu bara yang masih aktif bahkan ditinggal tanpa reklamasi, belum lagi perkebunan kelapa sawit yang mengurangi daya serap tanah.

"Ini menunjukkan daya tampung daya dukung lingkungan di kalsel dalam kondisi darurat ruang dan darurat bencana ekologis, sudah sering kita ingatkan, dari total luas wilayah 3,7 juta hektar hampir 50 persen sudah dibebani izin pertambangan dan perkebunan kelapa sawit," ucapnya.

Sebelumnya BPBD Kalsel merilis data harian hingga per tanggal 14 Januari 2021. Tercatat ada 67.842 jiwa yang terdampak dari total 57 peristiwa banjir sejak awal tahun. Khusus untuk bangunan rumah warga yang terdampak sebanyak 19.452 unit.

Akumulatif jumlah warga terdampak banjir ini masih didominasi dari Kabupaten Tanah Laut, dengan jumlah sebanyak 34.431 jiwa. Lalu, disusul Kabupaten Banjar yang tercatat sebanyak 25.601 jiwa. Sedangkan, sisanya berasal Kota Banjarbaru, Kabupaten Tabalong, Kabupaten Tapin, dan sekitarnya.

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor juga sudah mengumumkan wilayahnya kini berstatus tanggap darurat bencana banjir melalui Surat Pernyataan Nomor: 360/038/Bpbd/2021 tertanggal 14 Januari 2021.

https://www.suara.com/news/2021/01/1...si-serampangan

Pray for Kalsel
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 41 lainnya memberi reputasi
40
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Jokowi Ditantang ke Kalsel Lihat Banjir Akibat Investasi Serampangan
17-01-2021 07:38
Haji Isam terlibat kah?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 15 lainnya memberi reputasi
16 0
16
profile picture
kaskus addict
17-01-2021 09:12
Ya, infonya tambang punya beliau, ada lagi yg putra daerah, beserta tambang2 ilegal lainnya
10
profile picture
kaskus addict
17-01-2021 10:17
Haji isam hanya puncak gunung es, dibawahnya masi banyak haji2 lokal lainya penguasa tambang di kalsel kalteng dan kaltim.. para kadroon sibuk nyalahin jkw, pdhl ijin ada di pemda, tp ya gtu alamnya udh rusak demi penambangan batubara, 2014 g 2019 jkw kalah dsana di pusatnya kadroon kalimantan... Pokoknya salah jokowi klo bencana, klo dpt berkah itu ya dari Alloh, ada gempa salah jokowi, pesawat jatuh juga gara2 jokowi.
27
profile picture
kaskus geek
17-01-2021 11:17
pantes temen ane yang di mabes bilangnya di laut Kalimantan banyak perompak dan ..... penyelundup batu bara emoticon-Shutup

buset gan, ternyata doi bekingnya orang mabes,
kalau gk sejalan, auto mutasi emoticon-Ngakak
9
profile picture
kaskus addict
17-01-2021 11:27
widih tanpa sensor nihemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
3
profile picture
kaskus maniac
17-01-2021 11:38
Ya tau sama tau lah gan, tu kayak yg batam haji yg ditembak bea cukai.
5
profile picture
kaskus addict
17-01-2021 11:42
haji isam siapa ya?
1
profile picture
kaskus geek
17-01-2021 11:51
@chang.nana penguasa/pengusaha batubara terbesar di sana
4
profile picture
kaskus addict
17-01-2021 11:53
@galuhsuda ooo makasih ganemoticon-2 Jempol
1
profile picture
kaskus holic
17-01-2021 12:18
walhi impoten bisa cuma salahin pemerintah, elu walhi kalo emang kerja pasti pegang data-data akurat dan berani buka ke publik siapa-siapa aja yang uda merusak lingkungan palingan elu terima duit tutup mulut aja dasar bajingan
5
profile picture
kaskus maniac
17-01-2021 12:58
@CMS830http://walhikalteng.org/2020/08/26/lagi-masyarakat-adat-dayak-tomun-laman-kinipan-dikriminalisasi/
0
profile picture
17-01-2021 14:54
Yg bakar hutan pengusaha sipit
-1
profile picture
kaskus maniac
17-01-2021 15:00
@pemburu.tapir
[ 'Gak bermaksud membela pihak yang disebut ...]

https://www.liputan6.com/news/read/4066211/polisi-tangkap-230-pembakar-hutan-dan-lahan-di-kalimantan

0
profile picture
kaskus addict
17-01-2021 15:35
pilkada yg dulu sabirin vs muhidin, sabirin sponsornya haji isam, muhidin sponsornya haji ijay, pilkada 2020 sabirin dan muhidin bergabung dan menang, jadi ngimpi aja mau nindak tambang batubara, wong "real gubernurnya" aja para pengusaha tambang emoticon-DP
12
profile picture
kaskus holic
17-01-2021 15:46
@bingsunyata disini kenapa walhi sampai ga ada aksi frontal sama sekali, blowup ke media-media juga kaga, apa semua media uda ga mau berita atau uda jadi lingkaran setan sampai nunggu ada bencana dulu baru koar-koar salahin pemerintah yang dishare walhi cuma terkesan buat pandangan jelek terus.
2
profile picture
aktivis kaskus
17-01-2021 15:54
Pasti lha.... Selain Haji Isam dan ada group bakrie juga.
Itu semua jauh sebelum jokowi jd presiden.
5
profile picture
kaskus maniac
17-01-2021 17:42
@CMS830 Kurang tahu juga, yah ...
Karena saya sendiri bukan anggota dari Walhi (perbedaan prinsip).
===> Kalau saya sendiri sih cenderung tipe terjun langsung di lapangan menangani masalah yang ada secara langsung. Tapi itu kiranya juga cuma bisa berlaku kayak area yang jadi korban pembalakan liar, longsor. Bikin basecamp di area tersebut, kemudian melakukan reboisasi.
Kalau dalam kasus pembalakan hutan yang dillakukan pemegang HPH, reboisasinya khan tanggung jawab pemegang HPH-nya ...

Cuma kalau dalam kasus kebun kelapa sawit ini, tentunya itu tidak bisa/berlaku. Bisa bacokan sama pemilik kebun nantinya. emoticon-Ngakak
Begitu pula mengenai kasusnya dengan pertambangan. Yang mana bakalan susah, kalau orang lokal sendiri yang punya kepentingan itu.

7
profile picture
kaskus maniac
17-01-2021 18:27
Salah jokowi teruuuuussss 😁
0
profile picture
kaskus addict
17-01-2021 18:57
Tentunya dengan kekuatan Paman Birin sanak ae
1
profile picture
kaskuser
17-01-2021 19:20
kadapapa bagus aja itu
1
profile picture
kaskus maniac
17-01-2021 20:14
@hantupuskombiar ente tau real kalsel ...baca saja postingan disini bre.

emoticon-Cool
2
Memuat data ...
1 - 20 dari 33 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia