News
Batal
KATEGORI
link has been copied
183
Lapor Hansip
15-01-2021 12:01

Waduh! PHK Tanpa Pesangon, Eks Karyawan Gugat MNC Group

Waduh! PHK Tanpa Pesangon, Eks Karyawan Gugat MNC Group
Foto: MNC (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto) 

Jakarta, CNBC Indonesia - Sejumlah mantan karyawan PT MNC Aladin Indonesia, pengelola situs penjual tiket Mister Aladin, mengajukan gugatan melalui Pengadilan Hubungan Industri Jakarta Pusat dengan nomor perkara 19/Pdt.Sus-PHI/2021/PN Jkt.Pst.

Gugatan ini diajukan pada Rabu 13 Januari 2021, dengan klasifikasi perkara, Perselisihan Pemutusan Hubungan Kerja Sepihak.

Penggugat yakni Panca Adi Putra dkk, dengan tergugat MNC Aladin Indonesia

Dalam petitum disebutkan:

Mengabulkan Gugatan Para Penggugat untuk seluruhnya, dan menghukum Tergugat untuk membayar ganti rugi berupa sisa upah/sisa kontrak kepada Para Penggugat sebesar (tabel):

Waduh! PHK Tanpa Pesangon, Eks Karyawan Gugat MNC Group
Foto: Petitum Gugatan
Petitum Gugatan 


Selain itu, menyatakan kewajiban Tergugat untuk menerbitkan surat keterangan kerja kepada Para Penggugat sebagai akibat pengakhiran hubungan kerja dan menghukum Tergugat untuk membayar uang paksa (Dwaangsom) sebesar Rp. 500.000 per hari apabila Tergugat lalai memenuhi putusan ini.

Lainnya yakni menyatakan putusan ini dapat dijalankan terlebih dahulu walaupun terdapat verzet, banding maupun kasasi (seketika setelah putusan ini di bacakan) (uitvoerbaar bij vorraad) dan Menghukum Tergugat untuk membayar segala biaya yang timbul dalam perkara ini.

Sidang pertama dijadwalkan pada Rabu, 27 Januari 2021, berdasarkan keterangan yang dimuat dalam Sistem Informasi Penelusuran Perkara Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, yang diakses Jumat ini (15/1).

"Saya selaku mantan karyawan dari salah satu perusahaan Holding MNC Group mengalami pemutusan hubungan kerja secara sepihak Perusahaan MNC Group melakukan PHK sebelum berakhirnya kontrak kerja yang disepakati oleh Karyawan dengan Perusahaan," kata salah satu penggugat, Ahmad Mora Saputra, dalam keterangannya.

"Perusahaan beralasan melakukan PHK terhadap karyawan karena terdampak pandemi Covid-19. Saya selaku mantan karyawan sangat menyayangkan PHK yang dilakukan oleh Perusahaan.

Apalagi sesuai arahan dari Kementerian Ketenagakerjaan PHK seharusnya dijadikan sebagai pilihan terakhir namun di sini perusahaan malah melakukan pilihan sebaliknya, perusahaan mengambil kebijakan pertama dengan melakukan pemutusan kerja kepada lebih dari 30% karyawan yang ada di MNC Aladin Indonesia," tulisnya.

Dia mengatakan, PHK yang dilakukan oleh perusahaan tanpa memperhatikan hak-hak yang seharusnya diterima oleh karyawan.

"Saya selaku mantan karyawan tidak mendapatkan konpensasi atau Pessangon dari Perusahaan atas PHK yang saya alami."

Pihaknya, bersama rekan kerja lainnya yang mengalami PHK ini telah melakukan musyawarah dengan pihak MNC Group.

Namun pihak perusahaan tetap kepada keputusannya untuk melakukan PPHK tanpa ada konpensasi atau pesangon yang diberikan kepada karyawan.

"Permasalahan PHK inipun telah ditangani oleh pihak Dinas Tenaga Kerja DKI Jakarta dan telah mengeluarkan anjuran kepada perusahaan agar Memperhatikan hak dari karyawan sesuai Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan agar Perusahaan Membayarkan Konpensasi sesuai dengan sisa kontrak kerja yang masih ada."

Dia mengatakan, dalam hal ini MNC Group telah mengabaikan anjuran dari Dinas Tenaga Kerja DKI jakarta, sehingga pihaknya bersama karyawan lainnya telah mengajukan gugatan tersebut.


Sumur


 
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 34 lainnya memberi reputasi
33
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Waduh! PHK Tanpa Pesangon, Eks Karyawan Gugat MNC Group
15-01-2021 12:19
Apalagi sesuai arahan dari Kementerian Ketenagakerjaan PHK seharusnya dijadikan sebagai pilihan terakhir namun di sini perusahaan malah melakukan pilihan sebaliknya, perusahaan mengambil kebijakan pertama dengan melakukan pemutusan kerja kepada lebih dari 30% karyawan yang ada di MNC Aladin Indonesia," tulisnya.

Kalo alasannya itu kenapa mintanya kompensasi bkn minta dipekerjakan kembali?
Diubah oleh titoa.ja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
profile picture
kaskus geek
15-01-2021 13:25
karna bukan karyawan tetap emoticon-EEK!
3
profile picture
kaskuser
15-01-2021 17:26
Meskipun PHK adalah pilihan buruk bg pegawai, tp itu masih lebih baik drpd pemilik usaha yg bangkrut n rugi semakin banyak......yg penting semua hak2nya wajib ditunaikan perusahaan itu menurutku udh bagusan...
2
profile picture
kaskus addict
15-01-2021 17:33
Sthu sya klau msih kntrak g dpat pesangon.klau dh ttep bru dpat.
2
profile picture
kaskuser
15-01-2021 17:46
@bodongamo Yah, tapi kalo PHK sebelum masa kontrak berahir, maka perusahaan mesti bayarin sisa kontrak nya ke pekerja
4
profile picture
kaskus maniac
15-01-2021 17:48
@ameime penggugat minta pesangon / sisa upah sesuai kontrak kerja. Bukannya malahh makin rugi perusahaann? Kerja ngga, ngupahinnya tetep. Klo gw jadi perusahaannya ya mending gw suruh mereka kerja lagi aja tuh drpd gw ngeluarin duit cuma2 buat mereka... IMHO
4
profile picture
kaskus holic
15-01-2021 18:27
@ameime @riecurl makanya blunder
1
profile picture
kaskus maniac
15-01-2021 19:12
@riecurl @ameime memang aturannya seperti itu, makanya banyak perusahaan yg ngakalin, ngegantung karyawan, dirumahkan tanpa digaji tp ga di-PHK juga, karyawan yg ga kuat akhirnya mengundurkan diri, bukan perusahaan yg mecat
2
profile picture
kaskus addict
15-01-2021 19:30
Hrus lihat dulu kontrak kerja nya gimana, biasanya ada pasal" soal pemberhentian
1
profile picture
kaskus holic
15-01-2021 20:18
@ameime @riecurl sama aja klo kontrak kita keluar sebelum kontrak habis ya bayar denda juga. Enak aja perusahaan gak bayar klo kita aja yg keluar sebelum habis kontrak wajib bayar. Apalagi sekelas mnc grup gak mau bayar kewajibannya.
2
profile picture
kaskus addict
15-01-2021 21:36
@ameime @riecurl betul gan. itu gimana ya HRnya malah jadi blunder panjang begini
1
profile picture
kaskus addict
15-01-2021 22:09
Yaahhhh negara berkembang mah gitu dah
1
profile picture
kaskus geek
16-01-2021 00:18


Lo mau balik kerja tmpt yg dah usir lo gituemoticon-Ngakak mirip tmn bini g tp dia pinter.pdhl prshaan ajak damai.malah dinaekin jabatan.tp di tolak karena lo gk tau abis itu kerjanya bener2 kerja.atau dikerjain sampr lo gk betah
2
profile picture
kaskuser
16-01-2021 05:32
Kudu baca kontrak nya baru bisa nilai siapa yang salah
1
profile picture
kaskus maniac
16-01-2021 11:43
@bodongamo @Xevu.Pots tergantung pasal2 perjanjian kerja yg di TT sih karyawab tsb, saya pernah kerja di pabrik yg pasal perjanjian menyebutkan bahwa perusahaan berhak memecat tanpa memberikan pesangon ataupun sisa gaji meskipun kontrak kerja masih berjalan.
2
profile picture
kaskuser
16-01-2021 11:48
@azzaniaditya2 Maka dari itu bre, sebaiknya pekerja juga mengerti peraturan ketenagakeraan yg berlaku. Jadi bisa melakukan negosiasi jika ada klausul kontrak yg gak bener.

Tapi susah nya kadang pekerja nya terdesak kebutuhan, jadi main iya2 aja dengan isi kontrak yg ngawur. Yg penting kerja emoticon-Big Grin
2
profile picture
kaskus addict
16-01-2021 11:51
@Xevu.Pots betul ini, terutama untuk sistem kontrak & outsource, bnyk yg ngawur pasal" di perjanjian kerjanya
0
profile picture
kaskuser
16-01-2021 11:57
@ameime @riecurl Kalo PHK kan yg wajib di bayar gaji pokok nya aja. Nah kalo di pekerjakan terus buanyaaak printilan lain yg mesti di bayarin. Kalikan aja kalo misal ada 100-1000 karyawan. Itu juga penghematan bagi perusahaan
0
profile picture
kaskus geek
16-01-2021 13:33
@blues... @Xevu.Pots
Yg ngerinya point.perusahaan bisa memutuskan kontrak sewaktu waktu itu lo.apa masih boleh gk sih pasal gitu dipake.kan kesannya curang bgt ya
0
profile picture
kaskuser
16-01-2021 13:36
@langitnyabiru Yah boleh, tapi mesti bayar semua sisa kontrak nya ke pekerja.
2
profile picture
kaskus maniac
16-01-2021 13:45
@Xevu.Pots mereka yg kena phk mnc masa g ada satupun yg dokumentasi berkas2 perjanjian kontrak kerja, saya aja kalau g boleh di kasih ijin foto itu kertas perjanjian kontrak kerja saya langsung pulang.
1
Memuat data ...
1 - 20 dari 24 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia