News
Batal
KATEGORI
link has been copied
171
Lapor Hansip
03-01-2021 00:28

Lord Baden Powell, Pengepungan Mafeking, dan Cikal Bakal Pramuka Dunia

Hai Selamat Datang di Thread ane! 


emoticon-Hai



Lord Baden Powell, Pengepungan Mafeking, dan Cikal Bakal Pramuka Dunia
(Source : Google Image) 

Apa kalian tahu Pramuka? Siapa yang tidak tahu Pramuka, organisasi kepanduan yang mengajarkan kedisiplinan, mandiri, kerja sama, cerdas dan cekatan, pembentukan watak, akhlak dan budi pekerti luhur baik dari anak - anak sampai pemuda. Organisasi kepanduan  seperti Pramuka sudah tersebar di seluruh dunia dengan nama  yang berbeda - beda, seperti Boy Scouts of America (Amerika Serikat), Scouts Australia (Australia), Ring Deustcher Pfadfinderverbande (Jerman), Uniao dos Escoteiros do Brasil (Brazil), Boi Sukaoto Nippon Renmei (Jepang), Scouts South Africa (Afrika Selatan), dan di Indonesia sendiri ketahui bernama Gerakan Pramuka atau Pramuka saja. Di Indonesia sendiri Pramuka sudah berdiri cukup lama, berdiri dari tahun 14 Agustus 1961 dan sampai sekarang sudah memiliki ribuan anggota bahkan alumni dari berbagai generasi. Tapi tahukah kalian dari mana awal ide berdirinya Pramuka? Siapa yang mempeloporI? Untuk itu mari kita bahas di thread ini, cekidot gan!


Lord Baden Powell Bapak Pramuka Dunia



 

BP Pengepungan Kota Mafeking



Kadet Mafeking Cikal Bakal Gerakan Pramuka

Pramuka sedunia yang kita kenal sekarang ini terinspirasi dari sebuah korps kecil di kota yang terkepung bernama Mafeking, setelah perang BP membuat program perkemahan bersama bagi remaja laki - laki dan membina para remaja ini seperti yang dilakukannya pada korps kadet Mafeking tapi dengan kegiatan yang non militer. Program ini makin banyak diminati dan BP pun menerbitkan buku Scouting for Boys yang berisi dasar - dasar untuk menjadi Pramuka, dan setiap tanggal 22 Februari diperingati sebagai hari Pramuka sedunia dimana tanggal itu merupakan hari lahir bagi sang pendiri Pramuka dunia Lord Baden Powell. 


Quote:Suatu hari saya berbicara kepada seorang kadet yang menerobos ketika tembak menembak sedang berlangsung "Kau akan tertembak hari ini jika kau berkendara seperti itu ketika peluru beterbangan" dan dia menjawab "Saya mengayuh dengan sangat cepat pak, mereka tidak akan pernah dapat menembak saya". 

Kutipan Baden Powell dalam setiap pidatonya, sebuah kutipan kekaguman Powell terhadap keberanian pada kadet Mafeking. 



Itu tadi thread ane yang berjudul Lord Baden Powell, Pengepungan Mafeking, dan Cikal Bakal Pramuka Dunia , jika agan/aganwati suka silahkan komen dan cendolemoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S) tapi jangan dibataemoticon-Bata (S) please. 



Sumber

 




profile-picture
profile-picture
profile-picture
kutil75 dan 44 lainnya memberi reputasi
45
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Lord Baden Powell, Pengepungan Mafeking, dan Cikal Bakal Pramuka Dunia
09-01-2021 06:39
Andai RI bs lbh memaksimalkan peran pramuka nasional, khusus nya tuk persatuan di NKRi... Misal dgn mnjadikan nya sbg program wajib bg seluruh WNI.... Drpd bikin profram br yg gajes bngt spt bela negara dkk.... Lbh baik ini... Pramuka... Kalo perlu seluruh anggota pramuka yg sdh berusia SMA keatas, di haruskan ikut dlm program wamil n milsuk nya TNI ato Polri..... emoticon-Matabelo
Diubah oleh yoseful
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gestan dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
profile picture
kaskus addict
09-01-2021 10:00


Sebenarnya pramuka tidak diperuntukan atau diarahkan menuju militer ya walaupun inspirasinya datang dari kegiatan semi-militer kadet Mafeking dan pelopornya orang militer pula. Tapi pada dasarnya pramuka memang menjadi sarana untuk pembentukan dan pembinaan karakter yang lebih mandiri, tangkas, bertanggung jawab.

Tapi memang bener kata agan, pramuka di RI kalo lebih dimaksimalkan akan memberikan dampak yang luar biasa positif khususnya terhadap generasi muda. Ya mungkin yang sangat disayangkan pada masa sekarang ini dengan perkembangan teknologi yang ada anak2 yang masih di bawah umur lebih tertarik dengan gadget dari pada kegiatan luar.
1
profile picture
kaskuser
09-01-2021 10:22
@Gojira1998 Pramuka tampak terlalu militer dengan seragam dan kepangkatan didalamnya, makanya era 70-90an banyak muncul sempalannya yaitu pecinta alam, lebih dinamis...setuju dengan agan supaya pramuka atau pecinta alam ini di dorong lagi oleh pemerintah untuk berkembang lagi arahnya lebih positif daripada support ormas yg hanya jadi wadahnya preman...cmiw
2
profile picture
kaskus addict
09-01-2021 10:26
@dendietheo era 70 an - era 90 an l, hmmm kayaknya ane tahu itu era apa gan.
emoticon-Ngakak. (If you know what i mean)
1
profile picture
kaskus geek
09-01-2021 10:28
Bukannya pramuka memang udah wajib seluruh sekolah se-indonesia ya ? Daerah gue sebelum pandemi tiap hari jumat semua pada pake seragam pramuka. Ada yang selasa, ada yang sabtu.
2
profile picture
kaskus addict
09-01-2021 10:36
@greengeckoijo1 Kalo gak salah sih memang pramuka sekarang menjadi ekskul wajib di sekolah, hanya aja ya untuk kegiatan regional ya beda lagi.
1
profile picture
kaskus addict
09-01-2021 12:00
Rangers
0
Memuat data ...
1 - 6 dari 6 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia