Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
412
Lapor Hansip
05-12-2020 23:59

Yuk Kenalan Sama Matahari Buatan China! Namanya Tokamak HL-2M!

Welcome To batzforum Thread!!

emoticon-Hot Newsemoticon-Hot Newsemoticon-Hot News

Yuk Kenalan Sama Matahari Buatan China! Namanya Tokamak HL-2M!

Matahari merupakan sebuah Bintang yang menjadi pusat dari Tata Surya, tempat Bumi kita berada. Sejatinya, sangat banyak Bintang di alam semesta yang memancarkan sinar/cahaya sendiri seperti Matahari, contohnya UY SCUTI dan juga Stephenson-18. Bintang-Bintang tersebut tentu tercipta melalui proses alam yang dikehendaki oleh Sang Pencipta.

Bagi Bumi sendiri, Matahari sangat berperan penting dalam kehidupan ekosistem yang ada di dalamnya seperti manusia, tumbuhan dan binatang. Kalau Matahari tidak ada, mungkin umat manusia tidak bisa hidup seperti sekarang ini, begitu juga tumbuhan dan binatang.

Yuk Kenalan Sama Matahari Buatan China! Namanya Tokamak HL-2M!

Berbicara tentang Matahari, ane jadi ingin bercerita tentang Matahari buatan yang berasal dari China. Bukan pusat perbelanjaan ya, tapi imitasi dari Matahari Tata Surya. Awalnya, ide membuat Matahari buatan ini muncul pada tahun 2006, dimana China (Ilmuwan China) mengembangkan sebuah reaktor fusi nuklir yang menjadi cikal bakal Matahari Buatan.

Ide yang muncul di tahun 2006 oleh China, akhirnya terealisasikan di penghujung tahun 2020 ini. Dimana, reaktor fusi nuklis yang digadang-gadang sebagai Matahari buatan China ini dinyatakan berhasil dinyalakan pada Jumat, 4 Desember 2020. Sungguh kecanggihan teknologi yang menakjubkan dari umat manusia.

Yuk Kenalan Sama Matahari Buatan China! Namanya Tokamak HL-2M!

Matahari buatan ini kemudian dinamakan sebagai Tokamak HL-2M, yang terpasang di Chengdu, Provinsi Sichuan, China. Sebagai Matahari buatan, tentu Tokamak HL-2M tidaklah sesempurna Matahari asli, namun Tokamak HL-2M ini diyakini sangat berguna bagi manusia di masa mendatang.

Dikatakan, Tokamak HL-2M memiliki panas yang mencapai 10× lipat dari Matahari. Kok bisa gitu? Alasannya karena Tokamak HL-2M memanfaatkan medan magnetik yang sangat kuat untuk meleburkan plasma panas yang bisa mencapai suhu >150 juta°C.
*fyi : suhu inti Matahari mencapai 15 juta°C.

Yuk Kenalan Sama Matahari Buatan China! Namanya Tokamak HL-2M!

Lagi-lagi manusia membuat hal yang luar biasa menakjubkan bukan? Bagaimana menurut Agan dan Sista sekalian? Apakah Tokamak HL-2M ini bisa sangat berguna di masa mendatang atau tidak? Berikan alasannya ya!

emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol

Sumber referensi : dari sini dan dari sini
Sumber Gambar : Google Images

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 36 lainnya memberi reputasi
35
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Yuk Kenalan Sama Matahari Buatan China! Namanya Tokamak HL-2M!
06-12-2020 05:04
saat tiongkok udah bisa bikin matahari buatan.....kita masih ributin cucu nabiemoticon-Leh Uga

gimana mau maju, ayolah pada jadi ilmuwan aja, jangan ngegosipin cucu nabi, bosen
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kepala.hitam46 dan 24 lainnya memberi reputasi
24 1
23
profile picture
kaskus geek
07-12-2020 10:37


Yang overdosis agama samawi ga mungkin bisa.... Karena ini masuk dalam ranah pencipta... Masak manusia bisa membuat matahari... Runtuh itu doktrin mereka
0
profile picture
kaskus addict
07-12-2020 11:06
itu bukan overdosis agama tapi bodoh merasa pinter agama.. padahal agama aja nyuruh belajar..

@kily89 manusia cuma bisa menciptakan sesuatu dari yang sudah diciptakan Tuhan.. tanpa semua itu manusia gak bisa apa2..
5
profile picture
kaskus geek
07-12-2020 11:34
@flozaholic scientific breakthrough itu banyak yang mendobrak dogma agama. Makanya, semakin fanatik semakin sempit pikirannya.
0
profile picture
kaskus addict
07-12-2020 12:04
@kily89 scientific breakthrough yg mana contohnya? dan dogma agama yg mana?

science sih tidak bertentangan dengan Al Qur'an.. contohnya banyak penemu muslim di masa dulu dimana banyak cendikiawan muslim..justru mereka mendapatkan inspirasi ya dari agama yg dipelajari..
1
profile picture
kaskus geek
07-12-2020 12:18
@flozaholic ah, ilmuwan islam yah... Tapi pada masanya banyak yang dianggap murtad sama ulama islam. Mereka memang memegang identitas islam, tapi tidak taat di mata para ulama jaman itu. Bahkan dianggap sesat. Untuk detail silahkan cari pembahasannya... Di kaskus juga dulu pernah ada pembahasan mengenai itu.
0
profile picture
kaskus addict
07-12-2020 12:35
ya contohnya ya elu, yg lain posting apa, elu masih aja mancing pake posting kayak gini
0
profile picture
kaskus geek
07-12-2020 12:53
@kily89 matahari buatan, berarti bukan matahari asli ya, yg penting bisa buat jemur baju
0
profile picture
kaskus geek
07-12-2020 12:55
@ushirota emang yang asli yang kayak gimana gan?
0
profile picture
kaskus addict
07-12-2020 12:56
mau buat matahari perlu otak bray
kalo bahas cucu nabi gak perlu amat itu otak
jadi tau ya kenapa emoticon-Salaman:
0
profile picture
kaskus geek
07-12-2020 13:01
@kily89 asli
Yuk Kenalan Sama Matahari Buatan China! Namanya Tokamak HL-2M!

buatan
Yuk Kenalan Sama Matahari Buatan China! Namanya Tokamak HL-2M!

Yuk Kenalan Sama Matahari Buatan China! Namanya Tokamak HL-2M!

bedalah
0
profile picture
kaskus geek
07-12-2020 13:06
@ushirota api yang muncul dari sambaran petir dan api yang muncul dari korek api apakah asli dan buatan?

Air hujan yang turun dengan sendirinya dan yang turun dari hujan buatan apakah ada yang asli dan buatan?

Elemen yah elemen...
0
profile picture
kaskus addict
07-12-2020 14:51
Matahari buatan maksudnya kita niru proses reaksi fusi nuklir matahari untuk sumber energi alternatif, bukan bikin matahari terus di taroh di langit
2
profile picture
kaskuser
07-12-2020 15:25
@santosvanjones hehe iya betul gan, bikin reaktor nuklir super.
0
profile picture
kaskus maniac
07-12-2020 17:51
Yuk Kenalan Sama Matahari Buatan China! Namanya Tokamak HL-2M!
0
Memuat data ...
1 - 14 dari 14 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia