Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
79
Lapor Hansip
18-10-2020 17:04

Efek Sampah Organik terhadap Perubahan Iklim

Efek Sampah Organik terhadap Perubahan Iklim

Perubahan iklim.
Mendengar frase itu pasti kalian sudah paham bahwa hal itu sedang menjadi ancaman lingkungan yang cukup serius. Nggak hanya Kementerian Lingkungan Hidup saja, lembaga-lembaga dan komunitas yang concernย dibidang lingkungan sedang mencoba berbagai cara untuk mencegah hal tersebut.

Sebenarnya faktor utamanya apa sih?

Oke, kita perlu tau dulu definisi perubahan iklim. Menurut United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC), perubahan iklim adalah perubahan komposisi dari atmosfer global dan variabilitas iklim secara alami pada periode waktu yang dapat diperbandingkan. Komposisi atmosfer bisa juga disebut sebagai Gas Rumah Kaca (GRK) yang terdiri dari karbon dioksida, nitrogen, metana, dll. Yang kita rasakan saat ini, perubahan komposisi atmosfer menyebabkan pemanasan global.

Nah, ngomongin soal GRK, kiat cenderung menganggap bahwa GRK sangat merugikan. Sebenarnya GRK ini berfungsi untuk menjaga suhu bumi agar tetap stabil. Namun seiring berjalannya waktu, ternyata konsentrasi komponen penyusun GRK semakin meningkat. Penyebabnya bisa jadi proses alam secara alami dan juga kegiatan manusia.

Ternyata yang semakin mempertebal GRK tidak hanya aktivitas yang menghasilkan asap. Sampah organik yang kita buang setiap hari ternyata berpengaruh besar terhadap peningkatan efek rumah kaca.

Sampah organik secara alamiah terurai menjadi karbon dioksida. Namun mekanisme ini terjadi ketika kadar oksigen tersedia dalam jumlah cukup (aerob). Nah, karbon dioksida yang dihasilkan dari proses ini memang berpengaruh besar terhadap peningkatan efek rumah kaca. Namun gas ini masih bisa diserap kembali oleh tanaman untuk proses fotosintesis, sehingga pengaruhnya masih bisa dikurangi. Ceritanya akan berbeda jika proses penguraian sampah organik tidak diimbangi dengan ketersediaan oksigen yang cukup (anaerob). Gas yang dominan dihasilkan adalah gas metana. Gas inilah yang sebenarnya secara signifikan meningkatkan efek rumah kaca.

Kapan kondisi anaerob ini bisa terjadi?

Jawabannya adalah ketika jumlah sampah organik sangat menumpuk.

Kondisi tersebut utamanya terjadi di TPA. Dengan jumlah sampah yang demikian banyak kadar oksigen disana tidak seimbang. Untuk sampah yang berada di timbunan paling luar mungkin akan terurai secara aerobik. Namun bagaimana kabarnya sampah di timbunan paling bawah. Hampir dipastikan, mereka terurai secara anaerobik sehingga menghasilkan metana. Jika metana dihasilkan dalam jumlah besar dan terus menerus, tentu saja akan memperparah efek rumah kaca.

Lalu bagaimana solusinya?

Solusinya adalah mengolah sampah secara mandiri. Caranya dengan menyediakan area khusus untuk menampung sampah organik agar terurai secara alami. Jika masing-masing rumah dapat mengolah sampah organiknya sendiri, tentu tidak akan terjadi penumpukan sampah di TPA.

Bagi masyarakat perkotaan memang cukup sulit untuk melakukan ini karena keterbatasan lahan. Namun untuk kebanyakana masyarakat desa seperti saya, hal itu sudah menjadi tradisi. Masyarakat desa seringkali membuat lubang dangkal berukuran kira-kira 1x1,5 meter di belakang rumah bahkan di depan rumah khusus untuk menampung sampah organik. Jika jumlah sampahnya normal, tidak akan menimbulkan bau yang tidak sedap kok.

Nah Gan Sis, pengen nyoba juga nggak?

Yuk, rame-rame bantu mencegah perubahan iklim dari rumah.

Anw, terimakasih sudah mampir di thread ini.

Salam,,,
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 31 lainnya memberi reputasi
30
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Efek Sampah Organik terhadap Perubahan Iklim
25-10-2020 06:43

HAL LAINNYA

Efek Sampah Organik terhadap Perubahan Iklim
Sungai yang ga guna
Limbah industri,sampah2 dll pemicu kotor ny danau dan sungai yg dimana air adalah penting bagi kehidupan,Ikan2 yang menjadi makanan enak buat ane kritis dan hanya tersisa sejenis ikan mujair yg bagi sebagian negara dianggap hama dan tidak dikonsumsi,bandingkan dgn negara2 luar yg dimna sungai air ny jernih bnyk terdapat angsa2 jenis ikan yg banyak,udang2 yg besar2 dan jgn lupakan sngt indah menghabiskan sore sambil istirahat sambil melihat angsa2

Efek Sampah Organik terhadap Perubahan Iklim
Macet
Pernah ga liat mobil angkot atau tronton yg kalo injek pedal gas kluar asep item pekatemoticon-Leh Uga cobalah sesekali hirup dan rasakan sensasinya,emoticon-Ngacir2
Kendaraan bermotor sejak dlu naik secara signifikan hingga mencapai ratusan ribu yg terdata hingga kini,dan anggapan ane bakal terus naik dri tahun ke tahun,beda dengan dlu waktu ane tinggal si desa naik kuda asoyy bener dahh ga beli bensin kuda lapeer tinggal ajak ke rerumputan,sambil nunggu kuda makan ane ngambil manggis sambil facebookanemoticon-Leh Uga
Dan hal ini adalah salah satu dampak terbesar pemanasan global
Efek Sampah Organik terhadap Perubahan Iklim
Eksploitasi lahan

Hutan adalah hal penting karena terdapat bnyk jenis flora dan fauna yg hidup terkait dengan ekosistem alam seperti rantai makanan dll, yg terhubung dengan manusia sebagaimana gunung menjadi pokok terdapat sumber tempt penyaringan air untuk kehidupan sehari2, rasa air pure it jelas beda dengan air pegunungan bekas para wisatawan cewe2 yg mandi yg menjadi cikal bakal kehidupan ane emoticon-Leh Uga

Mungkin bagi org2 yg terlahir di kota hal smacam tu adalah biasa,
Tpi bagi ane ini adalah hal yg biasa juga emoticon-Leh Uga

Akankah keadaan smakin memburuk?
Itu adalah pertanyaan mendasar bagi org2 yg ngotak aja gan sis
Diubah oleh ghilang98
profile-picture
profile-picture
profile-picture
titisrahma dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
profile picture
newbie
25-10-2020 10:21
Sekarang udah banyak kol Gan advokasi2 yang bergerak di lingkungan. Mungkin kalo semua bisa saling sadar dan saling mendukung, semoga bisa diatasi
1
profile picture
kaskuser
25-10-2020 13:14
Mengurangi pasti,mengatasi ?
Harus ane akui itu mustahil gan secara ini adalah mslh mendasar yg mendunia,
Sblum terjun ane yg unyu2 slalu mengatakan ga ada yg ga mungkin,
Stelah terjun bebas
Ane lemes pusing, perlahan mulai kendur dan putus asa,
Hal yg menganggu ane selama bertahun2 dan harus ane terima kenyataan pahit bahwa selain mantan,
Manusia kebanyakan terlahir untuk jadi perusak,dalam artian mngatasi masalah dengan menimbulkan masalah di tmpat lain
1
profile picture
newbie
25-10-2020 14:49
Ya makanya itu Gan, tau dah, pusing juga lama2
1
profile picture
kaskuser
25-10-2020 15:04
@titisrahma ga usah dipikirin juga gan ato sis,intinya di dalam hidup slalu ada saat untuk berhati2 atau berhenti berlari
Dan jgn sampai melewati hari2 tanpa arti
Salam ngehe Sekasekemoticon-Leh Uga
1
profile picture
newbie
26-10-2020 15:11
๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ siap gan...
0
Memuat data ...
1 - 5 dari 5 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia