News
Batal
KATEGORI
link has been copied
334
Lapor Hansip
08-10-2020 06:40

Pengusaha Ancam PHK Buruh yang Mogok Kerja

Pengusaha Ancam PHK Buruh yang Mogok Kerja

Pengusaha mengancam memutuskan hubungan kerja (PHK) dengan buruh yang ikut dalam aksi mogok kerja nasional dalam rangka menolak Omnibus Law Cipta Kerja.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Kamdani bilang bahwa secara hukum, PHK diperbolehkan karena mogok nasional yang dilakukan buruh dianggap tidak sah lantaran bukan dikarenakan kegagalan perundingan.

Dasar hukum yang dimaksud Shinta, yaitu UU Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan. Pada pasal 137 berbunyi: Mogok kerja sebagai hak dasar pekerja/buruh dan serikat pekerja/serikat buruh dilakukan secara sah, tertib, dan damai sebagai akibat gagalnya perundingan.

Sedangkan, mengutip Pasal 3 Kepmen Nomor 232 Tahun 2003 tentang Akibat Hukum Mogok Kerja yang Tidak Sah, disebutkan bahwa mogok kerja tidak sah apabila dilakukan: a) bukan akibat gagalnya perundingan.

Oleh kedua dasar hukum tersebut, Shinta menilai sanksi dapat diberikan. Namun, bukan sanksi PHK yang langsung diambil, melainkan pemanggilan selama tiga kali. Jika yang bersangkutan tak memenuhi panggilan atau mangkir, maka sanksi PHK dapat diberikan.


"Prinsip harus kembali ke UU, di UU Nomor 13 sangat jelas kalau pekerja tidak bekerja dan ada pemangilan dan bisa diberikan peringatan dan kalau peringatan sudah tiga kali berturut-turut, memang dia (pekerja) bisa di-PHK," katanya kepada CNNIndonesia.com pada Rabu (7/10).

Apindo, kata Shinta, telah mengeluarkan surat edaran (SE) tentang imbauan pekerja untuk tidak mengikuti mogok nasional yang berlangsung mulai 6 Oktober hingga 8 Oktober 2020.

Dalam surat edaran tersebut keabsahan mogok buruh dipertanyakan karena aksi mogok hanya dapat dilakukan jika perundingan mengalami jalan buntu. Sementara, pihaknya menilai tidak ada negosiasi bipartit yang terjadi, baik antara penerima dan pemberi kerja.

"Konsep mogok nasional yang ada saat ini tidak bisa dianggap mengikuti aturan mogok, karena tidak ada negosiasi yang terjadi bipartit antara penerima dan pemberi kerja," imbuhnya.

Selain itu, imbauan untuk tak mogok juga sejalan dengan Pergub DKI No.88 Tahun 2020. Pergub tersebut melarang masyarakat umum atau pun karyawan melakukan kegiatan berkumpul/ bergerombol di suatu tempat. Pelanggaran terhadap ketentuan tersebut.

"Mengimbau kepada seluruh pekerja/buruh di masing-masing perusahaan untuk mematuhi ketentuan peraturan perundangan, khususnya terkait dengan mogok kerja, serta ketentuan tentang penanggulangan dan penanganan covid-19," imbau Apindo seperti dikutip dari SE tersebut.

Sepaham, Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Perdagangan Benny Soetrisno menyebut sanksi diberikan sesuai dengan kesepakatan kerja bersama (KKB) setiap perusahaan.

Jika KKB yang tertuang memperbolehkan diberikannya sanksi PHK, ia menilai hal itu bisa saja menjadi pilihan. Sayangnya, ia enggan merinci lebih lanjut. "Bergantung KKB tiap perusahaan," ucapnya.

Sumur https://m.cnnindonesia.com/ekonomi/2...ng-mogok-kerja

Komenk: bagus lah, yang pengen kerja serius udah pada ngantri....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cysers1 dan 52 lainnya memberi reputasi
49
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Pengusaha Ancam PHK Buruh yang Mogok Kerja
08-10-2020 07:33
semakin banyak phk, semakin kuat komunis di indonesia, semakin dapat pembenaran soalnya, karena buruh itu identik dgn komunis, hanya saja mereka tidak menyadari nya
PKI memang sudah mati sebagai ormas, tapi ideologi nya tetap hidup sampai sekarang
selama ini komunis tiarap karena kaum buruh masih di piara oleh pemerintah dan pengusaha
tapi kalo udah ada omnibus gini, gk ada lg yg melindungi buruh, kecuali komunis
gak percaya? silahkan aja phk semuanya tuh buruh kalo berani
Pengusaha Ancam PHK Buruh yang Mogok Kerja
Diubah oleh xanax..for.sale
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kuyakzzz dan 9 lainnya memberi reputasi
6 4
2
profile picture
kaskus addict
08-10-2020 09:20


di tempat saya kerja yg ikut demo udah gak boleh ikut kerja lagi karena berpotensi nyebarin covid. emangnya kenapa? mau rusuh?
3
profile picture
kaskus addict
08-10-2020 14:38
Kalo berak jangan sembarangan..
Malu sama bapak/emakmu yg sudah mendidik dan menyekolahkan mu..
1
profile picture
08-10-2020 14:48
Ganyambung dul dul, belajar lg sono wkwkw
1
profile picture
kaskus addict
08-10-2020 15:01
Bahasa kau salah bro
Elu manusia tahun brp bro sok2 bawa2 PKI?
Manusia sekarang yg cmn mau enak dan terima beres gk akan yg namanya ikut2 politik dan tumbuh jd PKI baru

Kali ini pure kebijakan pemerintah aj
1
profile picture
kaskuser
08-10-2020 15:05
Gerakan buruh identik dengan kiri gitu apa gimana?
1
profile picture
kaskus addict
08-10-2020 15:07
Ehhhhh jauh kali kau bikinnnnn ceritanyaaaaa
1
profile picture
kaskus maniac
08-10-2020 15:08
Masih isu komunis...udh oktober bre
1
profile picture
kaskus addict
08-10-2020 15:19
bener kok ini.. coba agan² baca² lg.
1
profile picture
kaskus addict
08-10-2020 15:20
yaelah ngapain juga ga berani PHK, tinggal buka loker lagi. masih ribuaan yg ngantri buat dapat pekerjaan.


Ini belum ngomongin tukang cilok, tukang siomay, kang gorengan, kang bakso motor, yg tidak pernah nuntut ini itu dan ikut demo2an...
1
profile picture
kaskus maniac
08-10-2020 15:48
[mention]didi_skywalker[/mention] yoi wktunya demo haloween asek pki terus, bosen pebirsah
1
profile picture
08-10-2020 17:02
Sudah baca Undang Undangnya? Kalau belum tolong dibaca dulu, jangan karena informasi yang beredar Dan belum tentu kebenarannya hal hal baik yang diatur dalam undang undang itu tidak diketahui,

-SALAM MELEK HUKUM
0
profile picture
kaskus maniac
08-10-2020 17:53


Justru loe harus dukung omnibus law, karena ini kebijakan anti komunis dan pro kapitalis
0
profile picture
kaskus maniac
08-10-2020 18:30
Komunis khontlo lo bahas mulu ga ada hubungannya keles
0
profile picture
kaskus addict
08-10-2020 18:38
jaman sekarang jamannya orang berlomba lomba "terlihat kaya" masih aja ada orang yg percaya sistem gak laku macam komunis.... ussr induk semangnya aje dah tenggelam 30 tahun lalu ckckckck
0
profile picture
aktivis kaskus
08-10-2020 18:38
Contoh org tolol , belajar maka na jadi pengusaha jgn babu molo , benci jongos2 boleh , goblok jangan tol
0
profile picture
kaskus addict
08-10-2020 20:46
Gimana sih loe tong... di phk 100 artinya rekrut baru lagi 100, cuman refresh dgn yg masih muda2 yg gampang diatur..
0
profile picture
kaskus addict
08-10-2020 20:50
Pokoknya khilafuck sundel solusinya
-1
profile picture
kaskuser
08-10-2020 23:30
Efeknya besar banget buat perusahaan,karyawan yg bandel ikut demo,trus ketularan covid,trus pabrik tersebut sampe ditutup gara2 ntu segelintir orang bandel,malah bakal lebih banyak lg yg jadi korban...situ mikir sampe situ?saya yakin kaga,otaknya cma pki,kebanyakan nonton film g30s
0
profile picture
Auto Banned
09-10-2020 00:30
Gk nyambung GOBLOK
0
profile picture
kaskuser
09-10-2020 07:05
Di zaman ini, orang2 yg berlindung dgn ideologi sosialis (kesejahteraan harap dibagi rata) justru teriak2 demo anti sosialis.. padahal yg berlaku dari dulu itu di indo kapitalis.. liat aja pengusaha rata2 asetnya 100 M ke atas..

Tp hebatnya yg mereka eksploitasi bisa mereka atur pola pikirnya utk anti sosialis, malahan pake demo anti komunis segala... pendek kata: yg kapitalis dan super kaya bahkan bisa membuat mayoritas rakyat yg miskin untuk demo melawan musuh besar kapitalis (yaitu sistem sosialis/komunis) tanpa sadar yg dieksploitasi mati2an membela yg pengeksploitasi/si super kaya
0
Memuat data ...
1 - 20 dari 21 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia