Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
111
Lapor Hansip
28-09-2020 09:57

Melirik Urban Mining Di Indonesia, Sampah Elektronik ( E- waste) Bisa Jadi Duit !!

Article by cyoga17 on  september 28, 2020, 9:57 AM

Melirik Urban Mining Di Indonesia, Sampah Elektronik ( E- waste) Bisa Jadi Duit !!

Apa Si Itu Urban Mining?
Urban mining adalah proses pengumpulan barang berharga dari sampah yang dibuang. Jadi gampangannya ya mulung sampah gitu. Buat apa dibuat kaya gini? kan bisa langsung dimusnahkan aja?. Jadi sampah yang terkumpul itu jika dimusnahkan langsung pasti akan menyebabkan polusi, lalu kebanyakan sampah masih mengandung logam berharga. Kebanyakan logam berharga terkandung dalam sampah elektronik. Disetiap prosesor device terkandung 0, sekian persen emas dan jika terkumpul dalam jumlah yang banyak maka bisa di ekstrak kembali. 

Urban mining ini cocok dilakukan pada sampah elektronik atau biasa disebut dengan  E waste. Pada sampah elektronik masih terkandung beberapa kandungan logam berharga seperti emas, perak, tembaga dan lainnya. Memang kandungannya hanya 0, sekian % namun  jika terkumpul dengan jumlah yang sangat banyak tentunya akan sangat menguntungkan. Lalu mari kita lihat data sampah elektronik yang ada di Indonesia, kira kira apakah menguntungkan untuk dijadikan satu holding besar yang mengurus e waste dan mempunyai output ekstraksi logam.

Melirik Urban Mining Di Indonesia, Sampah Elektronik ( E- waste) Bisa Jadi Duit !!

E Waste Yang Ada Di Indonesia 
Topik tentang E Waste ini sudah di angkat sejak lama dan sampai sekarang masih sedikit realisasinya. Data tentang limbah telepon genggam di dunia ada sekitar 50 juta ton dan hanya sekitar 40 juta ton yang bisa terkumpul untuk diolah kembali. Bayangkan dalam 1 device terdapat kandungan 0.1 gram emas atau ada kandungan logam berharga dalam chipsetnya, jika itu di ekstrak kembali maka akan mendapat banyak sekali keuntungan. 

Di Indonesia sendiri masih sedikit perusahaan yang melakukan pengolahan E waste ini. Mari kita hitung secara kasar, jumlah penduduk total Indonesia ada 250jt kurang lebihnya, jika setiap orang memiliki 1 device yang memiliki kandungan logam maka nantinya akan mendjadi sampah elektronik. Hal ini bisa bertambah dalam jangka waktu pendek, karena pasti membeli device baru. Jika dalam satu device ada 0,1 gram emas dikali 250 sudah ada 25 gram, jika di kurs rupiah 1 gram emas sama dengan 1juta maka sudah terkumpul 25 juta rupiah. Itu hanya hitungan kasar, dan tidak mungkin hanya segitu, setiap waktu orang pasti membeli device baru dan menghasilka limbah elektronik. Maka hasil nantinya bisa berkali kali lipat. 

Melirik Urban Mining Di Indonesia, Sampah Elektronik ( E- waste) Bisa Jadi Duit !!

Lalu Kita Apakan E Waste Ini? 
Ini ide liar TS sih. Jika hanya dikubur atau dibuang begitu saja pasti akan menimbulkan masalah baru seperti polusi. Mau tidak mau kita harus melakukan pengolahan limbah ini karena bisa menguntungkan. Bagaimana caranya?, jika kita mempunyai holding besar suatu perusahaan khusus untuk menangani E Waste di Indonesia ini sepertinya bisa juga. Kenapa tidak per daerah saja? karena jika dilihat dari pengolahan e waste ini pasti memerlukan biaya operasi, lalu pengambilan logam berharga di E waste sendiri bukan lah hal yang mudah. Maka dari itu lebih enak jika sistemnya terpusat, belum lagi cash flow perusahaan yang harus diperhitungkan karena setiap daerah memiliki produksi sampah elektronik yang berbera. Tidak bisa kita dirikan pabrik di daerah yang e wastenya kecil maka dalam hal ini harus diperhitungkan. Jika dilihat dari segi teknis memang solusi ini sedikit memungkinkan karena bisa saja cost produksinya lebih besar dari hasil akhirnya. Tapi dengan jumlah material yaitu E waste yang banyak tersedia maka bisa dilakukan pengolahan lanjutan. 

Melirik Urban Mining Di Indonesia, Sampah Elektronik ( E- waste) Bisa Jadi Duit !!

Kenapa satu holding?. Ketika berbicara teknis pabrik maka pasti ujung ujungnya mencari keuntungan dan ini hal wajar. Di Indonesia sendiri belum ada seperti sistem terpusat untuk pengolahan e waste yang nantinya bisa dimanfaatkan kembali atau bisa diambil logam berharganya. Ide ini juga belum tentu ekonomis karena dalam cash flow pabrik masih banyak yang perlu dipertimbangkan seperti biaya produksi, Net Present Value, Rate of Return, dan yang paling penting Payback Period. Memang ide ini harus lebih dimatangkan kembali agar bisa digunakan dalam skala produksi. 
Kita punya ilmu dan semua sumber daya, alangkah baiknya bisa digunakan semestinya. Kendala kapital itu pasti di semua sektor maka ada namanya manajemen. 

Hal positif yang bisa terwujud lagi adalah kita mempunyai sistem pengolahan e waste sehingga polusi yang disebabkan penimbunan sampah ke tanah bisa berkurang. Pemusnahan sampah dengan dibakar juga bukan ide yang bagus mengingat iklim bumi ini sudah mulai marah. Mungkin di sisi ekonomis agak memusingkan namun jika dilihat dari lingkungan akan sangat membantu pemulihan kesehatan bumi ini. 

Source 
Source 1
Source 2
Source 3
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 24 lainnya memberi reputasi
23
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Melirik Urban Mining Di Indonesia, Sampah Elektronik ( E- waste) Bisa Jadi Duit !!
28-09-2020 10:26
Ane pernah nyoba tp hasilnya gk sebanding gan
Gk tau kalo dalam jumlah besar
Soalnya waktu itu ane cuma coba coba jadi gk banyak banyak amat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
whooper.burger dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
profile picture
kaskus holic
28-09-2020 10:43
Iya kalau skalanya trlalu kecil malah ngga ekonomis
0
profile picture
kaskuser
28-09-2020 10:53
Belum lagi efek dari bahan kimianya gan
Asli bikin sesek
Tp itu mungkin karena ane kurang safety kali
1
profile picture
kaskus addict
28-09-2020 15:51
wkwkwkw....sama gan
ane juga
bahan2 sama alatnya malah lebih mahal dari yang didapat.
0
profile picture
kaskuser
28-09-2020 15:58
@super.lux asli
Kalo skala kecil balik modal kagak bengek iya
0
profile picture
kaskus maniac
06-10-2020 19:03
nah ini tadi yg sempet ane komentarin juga, 1 device kan pasti yg mengandung logam juga kecil dan sedikit ya. kira2 bakalan untung gak sih? tp klo emg bener2 niat dan dlm jumlah besar ya gak tau jg ya
0
profile picture
kaskuser
06-10-2020 19:11
@siangpenat tadi ada yg komen intinya grab all the metal. Katanya dg ambil semua jenis logamnya aja udah bisa balik modal dan logam mulia anggap sebagai profit. Tp ya memang perlu pengetahuan yang mumpuni. Sebenernya ini ide bagus ngeliat banyaknya sampah elektronik.
1
profile picture
kaskus addict
06-10-2020 19:14
Dimana tempatnya? Klo ada waktu mungkin bisa main2 bawa barangnya biar jdi jual jasa pemisah goldnya aja, gold yg terpisah dikembalikan ke yang punya barang bekas
0
profile picture
kaskus maniac
06-10-2020 19:16
@Kamabaka oh gitu jadi bisa balik modallah ya gan. klo kek gitu sih sebenernya bisa jadi ladang usaha sih mengingat sampah elektronik juga makin hari makin banyak, dan belom ada yg mampu ngolah yg bener. tinggal niat dan ditekuni aja ya gan, sm modal yg pasti
0
profile picture
kaskuser
06-10-2020 19:18
@anugrad cuma jual jasanya aja gitu? Bahan baku sama bahan kimianya yg punya yg nyiapin?
0
profile picture
kaskuser
06-10-2020 19:23
@siangpenat Yoyoi gan, kebanyakan para pelaku usaha pemula pada tumbang. Karena ya itu, yg mereka ambil cuma yang mulia aja, yg jelata akhirnya kebuang jg. Beda cerita kalo yg expert, disikat habis sudah. Knowledge adalah koentji.
0
profile picture
kaskus addict
06-10-2020 19:25
@Kamabaka @siangpenat knowledge adalah jancuk
0
profile picture
kaskuser
06-10-2020 19:27
@anugrad @siangpenat huss, gk boleh ngomong kasar. Masih sore, masih banyak botjah.
0
profile picture
kaskus maniac
12-10-2020 09:13
@Kamabaka yaps betul intinya emang untuk memulai sebuah usaha juga butuh yg expert gitu sih. Biar perhitungannya mateng dan tau alur kerjanya biar barangnya jg gak useless kebuang gitu
0
Memuat data ...
1 - 13 dari 13 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia