News
Batal
KATEGORI
link has been copied
354
Lapor Hansip
23-09-2020 15:36

Jenderal Gatot Ngaku Dicopot karena Instruksi Putar Film PKI


Selasa 22 Sep 2020 13:39 WIB
https://republika.co.id/berita/qh1rug484/jenderal-gatot-ungkap-dicopot-karena-putar-film-emg30spkiem


Jenderal Gatot Ngaku Dicopot karena Instruksi Putar Film PKI
Gatot Nurmantyo mengamati, PKI gaya baru bangkit sejak 2008.
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) periode 2015-2017, Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo mengisahkan mengapa ia dicopot dari jabatannya di penghujung 2017. Padahal, ia harusnya masih berkarier di TNI sampai masa pensiun akhir Maret 2018.







Secara tiba-tiba, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencopot Gatot dengan mengirim surat ke pimpinan DPR agar digantikan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Hadi Tjahjanto. Pun mutasi terakhir yang diteken Gatot akhirnya dibatalkan oleh Hadi.

Menurut Gatot, penggantian posisi pucuk pimpinan TNI terjadi lantaran ia bersikukuh menginstruksikan seluruh jajaran TNI untuk memutar atau menonton film Gerakan 30 September/Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI) pada 2017. Keputusan Gatot kala itu memang mengagetkan banyak pihak.

"Pada saat itu saya punya sahabat dari salah satu partai, saya sebuat saja PDIP. 'Pak Gatot hentikan itu, kalau tidak, pasti Pak Gatot akan diganti'. Saya bilang terima kasih, justru saya gas karena ini adalah benar-benar berbahaya. Dan benar-benar saya diganti," kata Gatot di akun channel Youtube Hersubeno Arief, seperti dikutip Republika, Selasa (22/9).

Gatot mengaku, kemungkinan bangkitnya PKI di Indonesia bukan sebuah hal yang tidak mungkin. Dia mengamati, PKI gaya baru bangkit sejak 2008 ketika seluruh mata pelajaran di sekolah menghapuskan sejarah kelam tentang peristiwa G30S/PKI. 

Menurut dia, hal itu menandakan memang gerakan tersebut tidak bisa dilihat bentuknya, tapi dapat dirasakan. Karena itu, Gatot sejak menjabat sebagai Panglima Kostrad pada 2013-2014 kerap mengisi kuliah umum di berbagai kampus untuk melawan gerakan PKI gaya baru.

"Ini suatu hal yang sangat berbahaya, karena kalau yang paling unit kecil adalah kelas 6 SD maka ditambah taruhlah sekarang ini maka mereka semua yang duduk di universitas tidak pernah mengenyam pelajaran tersebut sehingga pada 2017 kita sama-sama ingat, generasi muda 90 persen lebih tidak percaya adanya PKI maka dengan data-data yang ada pertama kali saya menjabat Pangkostrad saya beranikan untuk kuliah umum proxy war di Universitas Indonesia," kata Gatot.

Dia melanjutkan, gerakan PKI gaya baru semakin nyata saat ini lantaran berhasil mengganti Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni. Padahal, menurut Gatot, Pancasila pada 1 Juni ini adalah konsep Trisila dan Ekasila yang disampaikan Bung Karno. Diusulkannya Rancangan Undang-Undang Halauan Ideologi Pancasila (RUU HIP) yang saat ini prosesnya dihentikan, bukan dicabut juga menandakan adanya kekuatan yang ingin mengganti Pancasila.

"Maka mereka sudah investasi lebih dulu, jadi mereka secara tidak langsung hampir seluruh bangsa memperingati Hari Pancasila pada 1 Juni. Dan lebih lanjut lagi adanya RUU HIP," kata mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) tersebut.



profile-picture
profile-picture
profile-picture
nantasukma771 dan 27 lainnya memberi reputasi
18
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Jenderal Gatot Ngaku Dicopot karena Instruksi Putar Film PKI
23-09-2020 16:02



Planga plongo kena uppercut emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
46awang dan 30 lainnya memberi reputasi
30 1
29
profile picture
kaskus maniac
23-09-2020 16:54
wkwkwkw gua kok ngakak pooolllll
4
profile picture
kaskus geek
23-09-2020 17:39
Gatot jendral goblok yg dikasih jabatan malah tebar pesona pengen jd presiden, logika nya juga tolol
11
profile picture
kaskus holic
23-09-2020 19:03
Kasihan yah...kurang dibekali akal dan nalar padahal mantan panglima
6
profile picture
kaskuser
23-09-2020 20:38
Telak banget jawaban om Usman
7
profile picture
kaskus maniac
23-09-2020 21:13
Pak usman menanggapi pake data valid dan lgsung angguk2 hmmm
7
profile picture
kaskus addict
24-09-2020 06:28
Buakakaka.... Mati kutu. Mampus dia asal ngomong bgitu dikasih tau yg dia duga pki itu ternyata panglima bekas atasan dia, mentri pendidikan, dan mantan presiden sekaligus kiai langsung mingkem dia. Kaget bukan kepalang asal bacot ternyata yg terlibat org penting semua.
Mau fitnah mantan atasan takut dihujat sluruh anggota TNI pencemaran nama baik.
Mau fitnah mentri pendidikan ternyata professor, si tot jiper duluan lah dia sekolah aja raportnya merah semua.
Mau fitnah mantan presiden dan kiai takut mati ditengah jalan kena sikat aktivis garis keras.
Akhirnya cuma bisa ngangguk2 kayak topeng monyet. emoticon-Wakaka
8
profile picture
kaskus maniac
24-09-2020 07:27
Delusi anjir itu orang emoticon-Wakaka
2
profile picture
kaskus addict
24-09-2020 07:38
Jawaban pak Usman bikin Gatot cep klakep mingkem gak bisa ngomong, cuma plonga plongo kayak kethek di tulup.
3
profile picture
kaskus freak
24-09-2020 07:48
Mengapa dihilangkan? Salah satu faktor nya supaya Saudara2 kami yg dari AU tidak perlu lagi di stigma negatif pak jenderal. Apa keluarga pak jenderal tidak ada yg dari AU. hingga pak jenderal masa bodoh? emoticon-army
5
profile picture
kaskus freak
24-09-2020 07:51
2
profile picture
kaskus maniac
24-09-2020 08:10
Memang banyak sejarah yg diputarbalikkan di jaman orba..
Contoh paling kecil aja, di jaman orba Bung Karno ditulis lahir di Blitar, sampai dimakamkan di sana..
Padahal asli nya lahir di Surabaya, dan ada yg menjelaskan permintaan beliau ingin dimakamkan di daerah Priangan, dan istrinya meminta dimakamkan di sekitar istana Bogor..
Tapi gak diturutin sama pemerintah orba, dan gak juga dimakamin di TMP kalibata..malah dimakamkan di Blitar

https://m.liputan6.com/news/read/225...n-tapi-ditolak
7
profile picture
kaskus maniac
24-09-2020 08:29
@Madthink

Zampe sekarang PKI yg hembuskan juga orang orang orba
emoticon-Leh Uga
6
profile picture
kaskus freak
24-09-2020 08:31
@Madthink hmmm... nambah lsgi wawasan sejarah ane emoticon-army
3
profile picture
kaskus addict
24-09-2020 11:33
ini video legend di putar2 trs gk bosen buat ngakak emoticon-Ngakak
1
profile picture
kaskus addict
24-09-2020 16:46
militer yang berhasil di politikus sepertinya cuma soeharto dan sby doang
1
Memuat data ...
1 - 15 dari 15 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia