News
Batal
KATEGORI
link has been copied
202
Lapor Hansip
10-09-2020 12:01

Relawan Vaksin Sinovac Malah Positif Covid-19

Relawan Vaksin Sinovac Malah Positif Covid-19

Seorang relawan vaksin virus corona malah terpapar Covid-19. Hal ini terjadi saat ia melakukan perjalanan ke Semarang, Jawa Tengah.

Kondisi ini diketahui saat hendak disuntik vaksin tahap kedua.

"Jadi dia sudah disuntik, suntik pertama kali. Kemudian pergi ke Semarang, pas pulang dicek lagi swab-nya positif," ujar Ketua Tim Riset Uji Klinis Vaksin Covid-19 dari Universitas Padjajaran, Kusnandi Rusmil, Rabu (9/9/2020).

Baca juga: Resmi! Jakarta Balik PSBB Total

Ia menegaskan, jika relawan itu tertular corona bukan dari vaksin pertama yang disuntikkan.

"Positif bukan dari vaksin, kalau dari vaksin kan itu virus yang mati. Dia kontak (pergi) ke Semarang," kata Kusnandi.

Meski begitu, relawan itu tak dikeluarkan dari uji klinis yang dilaksanakan. Tapi, pihaknya akan memberikan jadwal penyuntikan ulang, usai kondisi fisik relawan pulih kembali.

"Kalau di penelitian memang kalau yang positif di awal (sebelum penyuntikan) enggak boleh ikut. Tapi kalau dia positif karena pergi dari mana-mana itu akan kita suntik ulang, tapi dengan pemantauan," jelas dia.

Lebih lanjut, Kusnandi mengungkapkan hingga kini sudah ada 450 orang yang telah mendapatkan suntik vaksin dari Sinovac, China. Sebanyak 200 relawan mendapatkan suntikkan yang kedua, dan 250 lainnya baru menjalani penyuntikan pertama.

"Sampai sekarang belum ada yang masuk ke rumah sakit karena sakit, semuanya biasa saja. Keluhannya demam sedikit, nyeri yang dalam dua hari hilang," kata dia.

"Seperti suntik biasa-biasa saja di puskesmas kalau mau imunisasi, demam minum parasetamol, nyeri nanti hilang dalam dua hari. Kita ikuti kan setelah suntik 30 menit pertama kita lihat, ada alergi atau tidak, ada memar atau tidak, terus dihubungi lagi dua hari berturut-turut dengan telepon," imbuh Kusnandi.

tusbol

Diubah oleh KS06
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dorian.gray dan 28 lainnya memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Relawan Vaksin Sinovac Malah Positif Covid-19
10-09-2020 12:05
udah saya screenshot kata kata anda
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 13 lainnya memberi reputasi
9 5
4
profile picture
Auto Banned
10-09-2020 12:20
lah?
kalo ga salah, Putin malah ANAK PEREMPUANNYA yg disuruh ujicoba emoticon-Amazed
4
profile picture
kaskus addict
10-09-2020 12:22
@GayusTambunan. tapi apakah pingin anaknya mampus ?
2
profile picture
kaskus maniac
10-09-2020 12:47
@GayusTambunan. itu beda vaksin bang
0
profile picture
aktivis kaskus
10-09-2020 12:49
@GayusTambunan. @ovo.strike rusia pake turunan vaksin ebola
0
profile picture
kaskus addict
10-09-2020 13:19
cemen amat maennya screenshootan segala emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
1
profile picture
kaskus addict
10-09-2020 13:29
@makeiteasy69 ada yang salah ? Anda takut ? Kenapa Cemen ?
1
profile picture
kaskus addict
10-09-2020 14:00
@sammyceng yahhh laporin aje
bukan post gw juga
lu laporin gw yahh gw laporin balik
mau? emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
0
profile picture
kaskus addict
10-09-2020 14:21
influencer nih sepertinya... emoticon-Wkwkwk

ngapain cuma di screenshot...
langsung laporin donk dan share disini bukti lapornya...
1
profile picture
kaskus addict
10-09-2020 14:24
Bocah nubitol baru ngaskus?
1
profile picture
kaskus addict
10-09-2020 14:25
@makeiteasy69 atas dasar apa lapor balik ? kok kayak nya takut gitu
0
profile picture
kaskus addict
10-09-2020 14:26
@BIKErs.LiFe influencer sapa ?

kok pada ke trigger semua ya
0
profile picture
kaskus addict
10-09-2020 14:34
@Tokainosuke boleh dicek id saya
0
profile picture
kaskus addict
10-09-2020 14:36
@sammyceng yahhh coba aja laporin gihh mau tau gw laporannya kena pasal apa gw emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
0
profile picture
kaskus addict
10-09-2020 14:42
@makeiteasy69 kenapa saya harus melaporkan anda ? apakah akun ts juga puny anda? kan yang saya screen shot akun nya ts
0
profile picture
kaskus addict
10-09-2020 15:03
@sammyceng lahhh terus kenapa ke trigger gw bilang cemen maen screenshootan? emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
kaya baru masuk dunia internet aja ente emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
ohh iyaa ngerti
BOOMER emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
1
profile picture
kaskus addict
10-09-2020 15:16
@makeiteasy69 loh kan saya nanya anda , kenapa saya bilang screen shoot kata-kata ts kenapa anda bilang cemen maen screenshoot ? kan saya screen shoot kata2 ts bukan anda

kalau ngga ke trigger ngapain anda bilang cemen ke saya ? padahal kan yang screenshoot kata2 ts bukan kata2 anda ? makanya saya nanya lagi
apakah akun ts punya anda ?

boomer ? jelaskan apa itu boomer ?
0
profile picture
kaskus addict
10-09-2020 15:21
@sammyceng dengan menyebut "anda takut?" berarti anda sudah punya ancang-ancang buat melaporkan dengan mengintimidasi saya dengan bilang "anda takut?"
tuduhan andapun juga tak mendasar alasan anda berkata "anda takut?" itu apa kan?


di dalam bahasa indonesia tidak ada kata "gw" dan "ngga"
harusnya saya dan tidak
belajar lagi bahasa indonesia yang benar yahh kisanak emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga


yahh diganti komennya emoticon-Wkwkwk
0
profile picture
kaskus addict
10-09-2020 15:24
@sammyceng punya saya tidak yahhh
hayooo tebak aja emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
0
profile picture
kaskus addict
10-09-2020 15:26
@makeiteasy69 kan saya tanya gan ?

"ada yang salah ? Anda takut ? Kenapa Cemen ?"

kan situ tanda tanya, tau kan arti tanda tanya ?

"btw di dalam bahasa indonesia tidak ada kata "gw" dan "ngga"
harusnya saya dan tidak"

lha situ kan paham artinya , jadi ngga masalah to

"dengan menyebut "anda takut?" berarti anda sudah punya ancang-ancang buat melaporkan dengan mengintimidasi saya dengan bilang "anda takut?"

maaf, siapa yang mempunyai pemikiran itu ? apakah anda ? kan saya cuman tanya "anda takut?"

kok tiba2 punya pemikiran tersebut ? aneh kan
0
profile picture
kaskus addict
10-09-2020 15:27
@sammyceng nahh makanya saya tanya lagi
situ screenshoot buat apa?
bancol? emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
0
Memuat data ...
1 - 20 dari 35 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia