News
Batal
KATEGORI
link has been copied
67
Lapor Hansip
06-09-2020 22:42

Korea Selatan sebut Indonesia menunggak Rp 6,2 triliun dalam proyek jet tempur

Jakarta - Indonesia menunggak ratusan juta dolar Amerika Serikat atas kewajiban iuran pengembangan bersama jet tempur di Korea Selatan.

Dikutip dari Yonhap, media Korea Selatan, Minggu (6/8), disebutkan bahwa pejabat Indonesia awalnya sepakat menjadi mitra Korea Selatan dalam pengembangan bersama proyek jet tempur. Indonesia juga sepakat mengambil porsi pendanaan atas pengembangan proyek tersebut.

Pengembangan proyek jet tempur ini merupakan proyek patungan Korea Selatan dan Indonesia. Disebut proyek KF-X, Indonesia bergabung dalam proyek ini dengan tujuan pengadaan pesawat untuk angkatan udaranya serta memajukan industri kedirgantaraan.

Masih dari media yang sama, Indonesia setuju untuk menanggung 20% dari biaya pengembangan proyek total sebesar 8,8 triliun won (US$ 7,3 miliar).

Dengan menanggung 20% dari nilai proyek, ini artinya Indonesia harus membayar sekitar 1,7 triliun won atau sekitar Rp 21 triliun.

Kesepakatan ini diteken sejak tahun 2011 lalu. Secara bertahap, Indonesia harus menyetorkan pembiayaan proyek itu setiap tahun hingga tahun 2026.

Namun Indonesia gagal membayar sekitar 500 miliar won (Rp 6,2 triliun) yang seharusnya dibayar pada akhir Agustus lalu. Meski begitu, ujar pejabat yang mengetahui masalah ini, seperti dikutip dari Yonhap mengatakan dalam proyek ini, Indonesia sudah membayar sebesar 227,2 miliar won atau sekitar Rp 2,8 triliun.

Target Korsel di 2026

Dalam laporan VOA, pada tahun 2018 Indonesia juga sempat menunggak sebesar 200 juta dolar, atau senilai sekitar Rp 3,04 Triliun.

Terlepas dari masalah keuangan tersebut proyek KF-X telah berjalan tanpa hambatan.

“Sedikit kemajuan telah dicapai dalam hal kerja sama dengan Indonesia terkait proyek KF-X,” kata seorang pejabat.

Yang pasti, dalam pertemuan Menteri Pertahanan Jeong Kyeong-doo dan Menhan RI Prabowo Subianto pada Desember tahun lalu, keduanya sepakat untuk memajukan proyek, dan menyebut kerjasama tersebut sebagai simbol hubungan kepercayaan yang kuat antar dua negara.

Sebelumnya Aerospace Industries (KAI) telah me-launching prototipe pertama dari jet tempur KF-X/IF-X generasi berikutnya, proyek itu merupakan jet tempur proyek patungan antara Korea Selatan dengan Indonesia.
Awal pekan ini, Korea Selatan memulai perakitan terakhir prototipe jet pertama setelah konfirmasi akhir desain tahun lalu.

Menurut Administrasi Program Akuisisi Pertahanan (DAPA), prototipe tersebut diharapkan akan diluncurkan pada paruh pertama tahun 2021. Targetnya, Korea Selatan akan menyelesaikan proyek jet tempur ini tahun 2026.

https://amp.kontan.co.id/news/korea-...yek-jet-tempur

Coba indonesia belajar bikin sendiri, jangan apa apa minta bantuan negara orang. Indonesia negara besar, apa susahnya sih bikin pesawat. Masa bikin 1 biji pesawat aja indonesia gak bisa? Bikin malu aja.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mang.tap dan 9 lainnya memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Korea Selatan sebut Indonesia menunggak Rp 6,2 triliun dalam proyek jet tempur
07-09-2020 03:21
Hmmm kasian liat orang baca berita tapi ga tau isi nya emoticon-Ngakak
Sengaja mempertontonkan kebodohan apa gimana ya ?

Proyek KFX ini udah lama sejak zaman sby
Yang teken bukan jokowi malah sekarang yang disalahin emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
profile picture
kaskus geek
07-09-2020 11:25


Trus gimana sby yang suruh bayar 6.2 trilyun nya???
Emang presiden nya siapa??
-1
profile picture
kaskus addict
07-09-2020 12:41
@anti.suap
Yang ambil kontrak siapa ?
pemerintah sekarang lagi kekurangan
Gara gara pandemi pemasukan kurang banyak ekonomi ga jalan
Makanya nunggak emoticon-Big Grin
Sekarang gw tanya sekarang gini urgensi buat bayarnya apa ? Toh proyek kfx ini emang mandek kan emoticon-Big Grin
0
profile picture
kaskus geek
07-09-2020 16:54
@sosismalam ya udah trus 7 taun ini ngapain aja bisa sampe nunggak 6T?
-1
profile picture
kaskus addict
08-09-2020 03:46
@anti.suap kok 7 tahun ?
Dari 2009 kali ni proyek
Sekarang mah lagi proses renegoisasi

Pembayaran itu agustus kemarin pas masa pandemi
Jadi lu milih apbn buat pengembangan pesawat yang paling cepat kelar 2025 daripada
Buat nanganin covid ?
Luar biasa emoticon-Leh Uga
0
profile picture
kaskus maniac
09-09-2020 20:31
ebong sbuk pleciden pleciden

nunggak ma jgn bnyak alesan la

ksian kang kredit nagih trus,
yg punya utang mala lebih galak
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
-1
profile picture
kaskus addict
10-09-2020 02:53
@anuku20cm
Iya nih
Prabowo sebagai kemenhan kok diem aja ya kementriannya punya utang pesawat besar ,
APBN kemenhan padahal sekerang udah gede
Gimana sih nih prabowo ga becus jadi mentri emoticon-Embarrassment
0
profile picture
kaskus maniac
10-09-2020 03:24
@sosismalam
gk becus ya tinggal pecat ja
gtu aj repot
emoticon-Ngakak
0
profile picture
kaskus addict
10-09-2020 17:45
@anuku20cm
Ya tunggu direshuffle lah emoticon-Big Grin
Untung ga milih wowo cuma jadi mentri aja ga becus ngurus utang di kementriannya emoticon-Ngakak
Gimana mau mimpin indonesia emoticon-Ngakak
0
profile picture
kaskus maniac
10-09-2020 18:07
@sosismalam emoticon-Wkwkwk

Milih okowi aj, meroket
0
profile picture
kaskus addict
11-09-2020 02:40
@anuku20cm
Jelaslah masa pilih yang jadi bawahan aja ga becus emoticon-Leh Uga
0
profile picture
kaskus maniac
11-09-2020 03:21
Sebelum pandemi dah gak bayar kok, masih periode 1 kalau gak salah, waktu pameran logo ifx gak ada, cuman kfx doank.
0
profile picture
kaskus addict
11-09-2020 03:42
@Tokainosuke
Kfx/ifx is a mess
Dari skandal jendral korea sam SAAB
delay terus menerus
Masalah TOT juga
0
profile picture
kaskus maniac
11-09-2020 04:02
@sosismalam bawahan ja gk becus gmn ledernya
emoticon-Wkwkwk

Kolam kolam
pa lgi cmn jdi pion di luar kolam

Dungu unlimitedemoticon-Wakaka
0
profile picture
kaskus addict
12-09-2020 04:45
@anuku20cm
Yang jadi pionnya pion gimana tuh ?
Sudah teriak curang curang tidak sah eh diajak jadi kacung alias mentri mau emoticon-Ngakak
Sudah gitu utang kementriannya nunggak pula emoticon-Ngakak
0
profile picture
kaskus maniac
12-09-2020 14:03
@sosismalam
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Msi aj ngurusin si wowo
Ni kolam
0
profile picture
kaskus addict
13-09-2020 03:06
@anuku20cmloh wowo kan mentri pertahanan jelas ada hubungannya dong dengan utang kementrian emoticon-Ngakak
0
Memuat data ...
1 - 16 dari 16 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia