News
Batal
KATEGORI
link has been copied
523
Lapor Hansip
05-08-2020 06:14

Mendikbud Perbolehkan Siswa Minta Kuota Ke Sekolah!

Mendikbud Perbolehkan Siswa Minta Kuota Ke Sekolah!
source image Tribun-Timur

Selamat Pagi Gan/Sist!
pagi-pagi ada kabar gembira bagi mereka yang masih berstatus pelajar, selamat ya!

Semangat Belajarnya!

ok, silahkan disimak dan diperkenankan untuk beradu pendapat argumentatif..

kutipan berita

Setelah ini adalah murni pendapat penulis mengenai analisis dari kebijakan baru tersebut. Penulis entah kenapa Suudzon dengan opin bahwa kebijakan tersebut akan membuka lembaran korupsi baru. Karena sudah menjadi rahasia umum di Indonesia ini bahwa apa saja bisa dikorupsi apalagi kalau itu adalah uang. Percaya atau tidak, itu benar terjadi di sebuah negara yang bernama Indonesia.

Berikut adalah hasil dari analisis penulis :

Dampak Positif
Quote:
Kebijakan ini tentunya akan berdampak baik terhadap keseimbangan perekonomian wali murid, terutama bagi wali murid yang berpendapatan menengah kebawah.

Seperti yang kita tahu bahwa kuota itu mahal terutama si provider plat merah. Ok saya tidak akan berpromosi!

Selama PSBB ini baik siswa dan juga wali murid keduanya sama tertekan, siswa tertekan dengan kendala kuota sementara wali murid tertekan dengan bengkaknya pengeluaran, terutama untuk kebutuhan sekolah online tersebut. Dengan adanya insentif kuota seperti ini tentu sangat meringankan beban anggaran tersebut. Dan siswa pun menjadi lebih tenang dalam mengikuti proses pembelajaran secara online atau daring tersebut.

Akan lebih baik bilamana pihak sekolah dengan salah satu provider sehingga biaya bisa ditekan secara efisien dan sama rata kepada setiap penerima insentif kuota tersebut. Mengingat tidak semua siswa menggunakan provider yang sama, sehingga akan ada perbedaan anggaran untuk jumlah kuota yang sama.

Untuk guru, insentif seperti ini tentu cukup membantu untuk berhemat lebih lanjut dalam situasi seperti ini. Namun perlu disadari bahwa pihak guru wajib memantau perputaran uang insentif kuota tersebut agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.


Dampak Negatif
Quote:
Seperti yang sudah saya utarakan diatas, dampak negatifnya adalah berupa peningkatan lembaran kasus korupsi di negeri ini.

Seperti yang kita tahu bahwa dana BOS yang pastinya tidak sedikit, selama pandemi tentunya kegiatan sekolah sudah tidak berjalan sesuai SOP normal seperti sebelum-sebelumnya, jadi saya rasa anggaran belanja sekolah tidak akan semasif sebelumnya.

Kali ini mungkin cukup sebatas insentif kuota, anggap saja satu siswa mendapatkan insentif kuota sebesar Rp. 50ribu tinggal dikalikan saja dengan jumlah penduduk sekolah efektif. Sehingga kita bisa memperkirakan kebutuhan anggaran bulanan dengan efisien demi menghindari tindakan penyelewengan anggaran tersebut.

Satu lagi dari sisi siswa, kebijakan ini harus disertai dengan syarat tertentu seperti kuota hanya bisa digunakan untuk kegiatan pembelajaran online dan tidak boleh digunakan untuk bermain game online ataupun sosial media lainnya yang tidak mendukung proses kegiatan pembelajaran. Agar siswa tidak jor-joran kuota alias ajimumpung, termasuk juga oknum sekolah!

Sebenarnya kebijakan seperti ini bilamana keluar di awal-awal pandemi atau sekitar bulan Februari - Maret pasti akan lebih meringankan wali murid, tak apalah terlambat daripada tidak sama sekali.

Masalah seperti diatas pihak guru pastinya yang lebih tahu, saya hanya sekedar pengamat anonim dan amatiran.

Ok sekian, bila ada yang mau menambahkan silahkan tuliskan di kolom komentar nanti akan saya update ke dalam thread utama. Mari kita berdiskusi!


TERIMA KASIH!
buat yang sudah mampir ke dalam thread ini.


REFERENSI
Tribun-Timur
Otak Penulis


Thread ini disponsori oleh :
Mendikbud Perbolehkan Siswa Minta Kuota Ke Sekolah!

profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 23 lainnya memberi reputasi
22
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Mendikbud Perbolehkan Siswa Minta Kuota Ke Sekolah!
05-08-2020 13:39
sudah saatnya kemendikbud membuat platform seperti ruang guru, beda nya adalah platform ini harus gratisss. alihkan budget kementrian ke cloud platform untuk bangun infrastruktur dan system nya.

pak nadiem harusnya paham sih.
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan quae memberi reputasi
2 0
2
profile picture
KASKUS Plus
05-08-2020 13:42
setuju gan, soalnya ini termasuk investasi jangka panjang dibidang pendidikan.. emoticon-Jempol
0
profile picture
kaskus maniac
05-08-2020 14:09
Bancakan lagi euy....
1
profile picture
KASKUS Plus
05-08-2020 15:08
@nowbitool ente kecipratan kagak?
0
profile picture
kaskus maniac
05-08-2020 16:18
@quae enggak.. Ane kan bukan kerja di dunia pendidikan
1
profile picture
KASKUS Plus
05-08-2020 16:32
@nowbitool kirain gan, lebih bagus sih kalau kuota di murahin lah, sekarang kemahalan..
0
Memuat data ...
1 - 5 dari 5 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia