News
Batal
KATEGORI
link has been copied
148
Lapor Hansip
24-07-2020 07:26

Aneh, Anggaran Riset Vaksin Korona Jauh Lebih Kecil dari Sayembara Video New Normal

Aneh, Anggaran Riset Vaksin Korona Jauh Lebih Kecil dari Sayembara Video New Normal


JAKARTA, HALUAN.CO - Anggota Komisi XI DPR RI Anis Byarawati mempertanyakan alokasi anggaran dana riset vaksin Korona atau Covid-19 jauh lebih kecil ketimbang sayembara video inovasi new normal.

Mengapa ini penting: Alokasi anggaran untuk sayembara itu belum tentu mempercepat penanganan dampak Covid 19.

Konteks:

• Pwmerintah mengnggarkan untuk pusat penemuan vaksin virus Korona Rp35 miliar, malah dipotong lagi Rp1,4 miliar.

• Dana sayembara video inovasi new normal atau tatanan normal baru, Rp168 miliar.

Apa katanya: "Pemerintah salah prioritas dalam menetapkan anggaran untuk pandemi ini," kata Anis dalam diskusi “Vaksin Covid: Masalah atau Solusi?” di Media Center DPR, Kamis (23/7/2020).

Padahal kata politikus PKS itu, bangsa ini perlu memiliki kedaulatan vaksin yang diproduksi sendiri yang membutuhkan dana riset yang cukup besar.

Bagaimana dengan negara lain: Anis membandingkan dana vaksin dari berbagai negara.

• Amerika Serikat menggelontarkan dana satu miliar dolar atau sekitar Rp16,3 triliun untuk menghasilkan 1 miliar lebih vaksin.

• India melalui Serum Institute 100 juta dolar AS atau sekitar Rp 1,6 triliun untuk menyediakan vaksin selama satu tahun.

• Inggris menginvestasikan dana 65 juta Euro atau Rp1,1 triliun untuk penelitian penemuan vaksin Covid-19.

• Prancis menganggarkan dana darurat sebesar 50 juta Euro atau sekitar Rp880 miliar.



Berita Politik, Hukum dan Ekonomi Lainnya:
1. Kasus Positif Korona di Jakarta Melonjak, Anies Malah Bersyukur
2. Aktif Kampanyekan Protokol Kesehatan, Dokter Stella Malah Gelar Pesta Mewah
3. Survei: Ridwan Kamil Gubernur Terbaik Tangani Covid-19
4. Terapi Arak Bali Disebut Bisa Mempercepat Penyembuhan Pasien Covid-19
5. Mengintip Gaya Hidup Tak Biasa Manajer Leeds United
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adelianzw dan 23 lainnya memberi reputasi
22
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Aneh, Anggaran Riset Vaksin Korona Jauh Lebih Kecil dari Sayembara Video New Normal
24-07-2020 07:48
kemampuan kita nggak sampai untuk teliti vaksin sendiri dari 0. kalau mau kita harus siapkan lab riset & SDM dengan biaya triliunan & butuh waktu minimal 4 tahun. kemampuan kita cuma beli lisensi aja & produksi di biofarma, paling kalau ada penelitian pun terkait strain.
cap sapi protes tapi kalau mereka berkuasa pun macam di jabar zaman aher atau di depok, yang terjadi cuma urus hal2 remeh & dikaitkan ke agama.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 11 lainnya memberi reputasi
11 1
10
profile picture
kaskus maniac
24-07-2020 08:28
loe tolol sok tahu 😆🖕
0
profile picture
kaskus addict
24-07-2020 09:06
Org tolol emang selalu dijejali pikiran tidak mampu... Agar bisa selalu dimanfaatkan...

Semuanya dimulai dr tidak ada... Kemudian usaha lah ya bikin ada...
Usaha terjadi krn dipikiran selalu terucap "SAYA MAMPU"
6
profile picture
kaskus addict
24-07-2020 09:43
@superman313 lu pikir bikin vaksin gampang? lihat aja kualitas profesor di indonesia seperti prof nidom. bio farma levelnya masih beli lisensi kemudian di produksi sendiri
4
profile picture
kaskus maniac
24-07-2020 13:14
orang yang pikir riset biotek begini cukup dengan ngomong usaha aja sih kayaknya motivator odong2.
bidang ini bukan hal baru buat saya, 2 ex bos saya itu bos di biofarma sekarang. saya juga pernah bantu rekan senior yang ditugaskan menjajaki pembuatan lab BSL4, senior saya ini survey ke beberapa negara & kami hitung sih berat untuk buat lab BSL4, kalau nggak salah ingat itu lab BSL4 tiap 3 atau 5 tahun semua alat & perlengkapan harus diganti baru demi keamanan, ini belum biaya operasionalnya &. masalah kompetensi SDMnya. singapore aja mereka nggak mau buat BSL4, mereka ada lab BSL 3+ yang jika diperlukan sewaktu bisa jadi BSL4 dengan ada dana siaga untuk beli alat2nya.
jangankan vaksin, buat obat warung dari 0 aja kita belum bisa. bahan baku harus impor. kalau mau bahan baku lokal maka kita harus punya industri kimia dasar yang kuat. saya pernah hitung biaya buat beberapa jenis obat warung dari 0 dengan rekan assoc profesor teknik kimia asal indonesia di aussie. untuk pendirian pabrik bahan bakunya aja butuh sekitar Rp 5T & waktu 2 tahun. pabrik ini harus dipastikan dapat suplai kimia dasar memadai & pabrik obat yang bakal membeli bahan baku hasil produksinya dalam jumlah yang besar. rekomendasi: lebih murah beli impor bahan baku.
9
profile picture
kaskus addict
24-07-2020 14:33
kelamaan loading ini negara.

udah 74 tahun masih aja ketinggalan, china 20 tahunan udah terbang keluar angkasa.

Habibi aja lebih seneng main di jerman dari pada indonesia, disini karya habibi kagak dihargai.
2
profile picture
kaskus maniac
24-07-2020 16:34
@billyns udah bre mereka itu haters berat jkw,cuekin aja percuma ente jelaskan panjang lebar...udah kagak normal otaknya.
pokoknya harus ikut mereka baru bener padahal otak aja mereka kagak punya emoticon-Ngakak
4
profile picture
kaskus maniac
24-07-2020 16:36
@rajin.meremas tul gan...indonesia pejabat2nya pikir isi perutnya aja banyak2,mana mereka mikir kemajuan negaraemoticon-Ngakak
1
profile picture
kaskus maniac
24-07-2020 16:51
@billyns jadi apakah sebenarnya SDM nya mampu bre?
2
profile picture
kaskus addict
24-07-2020 16:53
@bani.serbet profesor Nidom yang dulu koar koar mau ngeluarin obat corona gimana nih kelanjutanya emoticon-Big Grin
2
profile picture
24-07-2020 18:02
Tapi ya tetep ga masuk akal klo malah lnh gede anggaran sayembara video yg ga ada faedahnya. Pemenangnya pun jatim yg malah angka kasusnya tertinggi
1
profile picture
kaskus addict
24-07-2020 18:23
endon maunya instan aja....jangan heran mie instan laku keras.....mending bubar aja skalian
-1
profile picture
kaskus addict
24-07-2020 18:25
pake lab si wan penis bab itu yg katanya level dewa aja gan.
1
profile picture
kaskus addict
24-07-2020 18:30
Kita punya indofarma, gua kira ini anak intelek gak taunya asal bacot sesuai dg pesanan kakak pembina

Biofarma udah mkaanan sehari2 buat vaksin dan itu ekspor keluar
0
profile picture
kaskus maniac
24-07-2020 19:16
SDM kita mampu? sepertinya mampu tapi berserakan, ada di dalam & luar negeri. jumlahnya juga mungkin belum memadai, harus banyak sekolahkan lagi ke luar negeri.
indofarma itu pabrik pengolahan obat dari bahan baku obat jadi obat jadi. nggak ada kemampuan indofarma buat obat dari kimia dasar jadi bahan baku obat atau riset obat dari 0 macam raksasa2 farmasi di luar negeri. di bawah biofarma selain indofarma ada kimia farma & pharos.
biofarma itu pabrik penghasil vaksin, bukan riset vaksin dari 0 (penemuan baru). jadi soal vaksin covid19, biofarma nanti akan beli lisensi dari luar negeri.
3
profile picture
kaskuser
24-07-2020 19:33
@billyns Indonesia ada industri dasar apa aja sih gan? Setau ane, bahkan produsen tahu tempe aja perlu masukin bahan dari luar. Kalo pake bahan lokal, ga cukup & bikin rasanya berubah, rakyat jelata ga suka.
1
profile picture
kaskus maniac
24-07-2020 19:36
wah, saya nggak tau, bukan bidang yang saya kuasai. mungkin agan2 yang lain tau. saya hanya jawab apa yang saya tau aja.
1
profile picture
kaskus addict
24-07-2020 19:43
@billyns bro bijak komen lu. Di jawab pakai fakta karena ternyata elu yang komen dengan fakta yanf lo tau. Org kan emg beda beda. Ada yang asal tembak karena otak mereka beda pemikiran. Pikiran org yang ibaratnya game aja mesti pakai cheat biar menang. Makasih bro ud komen dengan santun. BLS4 dan BLS 3+ mereka bingung apa nantinya wkwkwk
2
profile picture
kaskus maniac
24-07-2020 19:49
@manekenek ane loh salah satu pengagum postingan bre @billynsemoticon-Ngakak
0
profile picture
kaskus maniac
24-07-2020 20:02
BSL gan, bukan BLS.
pas zaman milis kita harus jawab sesuai kompetensi kita, bukan info cuma hasil googling doang tanpa paham atau punya dasarnya. saya bisa aja googling pertanyaan agan tadi tanpa perlu paham, tapi rasanya semua orang juga bisa kerjakan. risiko salah juga besar. semoga di forum macam kaskus kita bisa saling bagi pengetahuan. saya banyak belajar juga dari agan2 yang sudah sudi berbagi di kaskus.
3
profile picture
kaskus maniac
24-07-2020 20:10
di atas ada yang menyebut habibie. disclaimer: saya kebetulan pernah kerja di industri komponen pesawat asal amrik jadi sedikit banyak saya dapat banyak informasi di bidang ini walau aeronotika bukan bidang saya.
bj habibie itu pintar, tapi di zamannya, bukan di zaman sekarang. sebetulnya ada beberapa pakar aeronotika asal indonesia yang setara bahkan (menurut sesama pakar aeronotika) lebih pintar dari habibie, cuma mereka nggak berpolitik. yang jelas habibie nggak bisa bisnis, IPTN hancur secara bisnis, sampai sekarang masih belum bangkit.
dia juga bukan pintar segalanya walau pernah jadi bos 25 perusahaan & lembaga sekaligus. secara kemampuan sosial politik dia nggak menguasai. di salah 1 milis di masa lalu ada wartawan senior yang cerita bahwa habibie nggak tau ada profesi pengamen jalanan di negeri ini.
1
Memuat data ...
1 - 20 dari 24 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia