mbsus
TS
mbsus
Kaskuser Sejak 2008 tapi Masih Newbie, Kok Bisa?


dokumen pribadi



Terinformasi, Kaskus didirikan pada tahun 1999 oleh 3 mahasiswa di Seattle, Amerika Serikat. Kemudian forum tersebut dikelola secara profesional pada tahun 2008. Sejarah lengkapnya bisa dibaca di sini.


Tak lama dari itu ane mendaftarkan diri menjadi member, tepatnya pada bulan Juni 2008. Dua belas tahun ane menjadi Kaskuser, tetapi sampai detik ini masih merupa newbie. Lha kok bisa?


Begini, waktu itu ramai-, ramainya "main internet" ditandai dengan merebaknya bisnis warung internet (warnet) dan Internet RT-RW.


Tentang warnet pasti agan dan sista tahu dong, yaitu usaha perorangan yang menyewakan perlengkapan dan koneksi internet dengan imbalan. Sedangkan internet RT-RW adalah koneksi internet yang dikelola di lingkungan kecil, seperti kompleks perumahan. Dihubungkan melalui kabel dari server ke komputer ke rumah-rumah dengan mengutip biaya langganan.

Nah dari mengelola internet RT-RW inilah ane mendapatkan informasi tentang Kaskus yang sedang ngetren. Daftarlah ane sebagai anggota. Asyik juga berselancar di Kaskus waktu itu, bisa membaca kisah-kisah sehari-hari yang menginspirasi maupun tentang hiburan. Bahkan cerita seputaran dunia esek-esek, untung sekarang sudah tidak ada yang beginian.

Detil format platform-nya sih sudah lupa, tapi yang jelas mudah ditelusuri. Selama itu pula, ane hanya membaca thread yang ada alias sebagai silent reader. Tidak pernah posting atau berkomentar. Kemudian sekitar tahun 2011 ane tidak pernah mampir lagi ke Kaskus.

Menjelang berakhirnya tahun 2019 atau awal tahun 2020, beberapa teman kaskuser aktif mengajak agar membuka-buka kembali Kaskus. Tapi ane lupa username dan password-nya. Kebanyakan kali ye? Setelah melalui prosedur "lupa password", maka akun dan password dipulihkan.

Dengan itu, ane bisa memberikan komentar dan reputasi kepada teman-teman yang sebelumnya dikenal di WAG. Ane belum berani bikin thread, karena --sepertinya-- para penulis di Kaskus hebat-hebat. Juga terbersit kekhawatiran akan dicaci-maki oleh anggota lain menyikapi thread ane yang kurang berkualitas.

Baru kemarin ane mencoba untuk membuat thread. Posting tiga thread recehan dan tidak penting. Kekhawatiran ane tidak terbukti. Lumayan, dengan menayangkan thread tersebut ane mulai berani menulis di forum terhormat ini, Kaskus. Meskipun ane belum terlalu familiar dengan fitur-fitur yang tersedia. Butuh waktu, pastinya.


Quote:



Melalui thread, yang sudah dan akan ditayangkan pada masa mendatang, ane berharap bisa berguru serta memperoleh ilmu berharga dari agan dan sista sekalian.

Terimakasih.
drajadgalihMnsukragusdampd10
gusdampd10 dan 81 lainnya memberi reputasi
80
10.3K
706
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Yuk bergabung agar dapat lebih banyak informasi yang dibagikan di Komunitas Heart to Heart
Heart to Heart
Heart to Heart
icon
21.5KThread25.9KAnggota
Tampilkan semua post
sumarnisaja
sumarnisaja
#3
ane belum ada sebulan di sini, udah berubah jadi aktivis kaskus. Sering komentar pun dihitung thread. Ayo, kita ramaikan lagi forum ini.
x.jagabeltamachillesmrc
achillesmrc dan 14 lainnya memberi reputasi
15
Tutup
Hot Threads
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.