News
Batal
KATEGORI
link has been copied
174
Lapor Hansip
08-07-2020 08:47

Sah Kemenkes Tetapkan Tarif Atas Rapid Test, Tak Boleh Lebih Dari 150 Ribu!

Sah Kemenkes Tetapkan Tarif Atas Rapid Test, Tak Boleh Lebih Dari 150 Ribu!

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) secara resmi telah menetapkan batas tarif tertinggi biaya rapid test antibodi yang dilakukan di fasilitas layanan kesehatan.

Direktur Jenderal Pelayanan masyarakat Kemenkes Bambang Wibowo menyatakan bahwa tarif tertinggi rapid test antibodi sebesar Rp 150 ribu. 

"Kepada pihak terkait agar menginstruksikan kepada fasilitas pelayanan kesehatan dalam memberikan pelayanan pemerikaaan rapid test antibodi untuk mengikuti batasan tarif maksimal," kata Bambang melalui surat edaran Kemenkes No. HK.02.02/I/2875/2020 Tentang Batasan tarif Tertinggi Rapid Test Antibodi yang diterima suara.com, Rabu (8/7/2020). 

Ia menambahkan, tarif maksimal itu berlaku bagi masyarakat yang melakukan rapid test antibodi atas permintaan sendiri.

Selain itu, rapid test juga harus dilakukan oleh tenaga kesehatan yang memiliki kompetensi dan berasal dari fasilitas layanan kesehatan. 

"Surat edaran ini dimaksudkan untuk memberikan kepastian bagi masyarakat dan pemberi layanan rapid test antibodi agar tarif yang ada dapat memberikan jaminan bagi masyatakat agar mudah mendapat layanan pemeriksaan rapid test," ujar Bambang.

Menurut Bambang, pemerintah perlu ambil peran dalam menetapkan tarif tertinggi rapid test. Lantaran harga yang bervariasi di layanan kesehatan bisa membuat masyarakat bingung. 

"Untuk itu diperlukan peran serta pemerintah dalam masalah tarif pemeriksaan rapid test antibod agar masyarakat tidak merasa dimanfaatkan untuk mencari keuntungan," ucapnya.

Diketahui, Berdasarkan Pedoman Pencegahan dan Pengendalian virus corona SARS COV-2 di Indonesia, Kementerian Kesehatan telah menetapkan dua jenis rapid test, yakni rapid test antibodi dan rapid test antigen.

Kedua tes itu bisa digunakan untuk menapis adanya infeksi Covid-19 di kelompok OTG, ODP, dan PDP oada wilayah yang tidak memiliki fasilitas RT-PCR atau tidak mempunyai media pengambilan spesimen. 

Rapid test hanya sebagai penapisan awal dan perlu dikonfirmasi dengan menggunakan tes RT-PCR. 

https://www.suara.com/health/2020/07...-dari-150-ribu

SERBA TERLAMBAT

CORONA MASUK RI, GA BEREAKSI

HARGA TEST MELAMBUNG TINGGI, BARU DIKABARIN MURAH SETELAH 4 BULAN DARI PSSB LE NEW NORMAL
Diubah oleh nevertalk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pt.tsm.import dan 32 lainnya memberi reputasi
27
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Sah Kemenkes Tetapkan Tarif Atas Rapid Test, Tak Boleh Lebih Dari 150 Ribu!
09-07-2020 16:17
harga swab test perlu di standarinn juga!!!!

ane di daerah bogor nemuin 1 rumah sakit yg harga swab test nya nyampe 4,5juta dengan hasil 4-7hari, dan setelah ane cek di google bbrp rumah sakit di jakarta sama bogor harganya 1.2 - 2.5 juta dengan hasil 4-7hari

kalo ane boleh share nama rumah sakitnya ane share nih disini
0 0
0
profile picture
kaskus addict
10-07-2020 06:22
share aje udah gan. bongkar semua kebobrokan RS2 sialan.. ini pandemi ada nyata, tapi kayak ada yg ogah ini cepet ilang. lahan bisnisnya terancam, kalo corona kelar..
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia