News
Batal
KATEGORI
link has been copied
11
Lapor Hansip
06-07-2020 18:32

Bupati Lumajang Cekcok dengan Pengusaha Truk Pasir Saat Sidak Jembatan Rusak




Bupati Lumajang Jawa Timur, Thoriqul Haq terlibat cekcok mulut dengan pengusaha armada truk pasir saat melakukan sidak terkait penarikan biaya portal truk pasir di Jalan Desa Kalibendo, Kecamatan Pasirian pada Jum’at (03/07).
Pengusaha armada truk pasir berdalih penarikan biaya portal tersebut sebagai pengganti biaya perbaikan jembatan darurat, yang ambles akibat tidak kuat menahan beban truk pasir.

Adapun besaran uang yang ditarik dari masing-masing sopir truk sebesar 10 ribu ripuah setiap kali lewat.

Bupati marah dengan adanya penarikan tersebut, karena perbaikan, yang dilakukan oleh sejumlah pemilik armada truk dan penambang pasir, merupakan langkah keliru. Karena perbaikan jembatan yang rusak tersebut menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah.

Bupati juga marah saat sidak, karena jembatan yang ambles justru ditumpuki pasir dan batu oleh warga. Warga beralasan menumpuk batu dan pasir agar jembatan tersebut bisa dilalaui kendaraan truk pasir.

“Padahal sudah ada kesepakatan sejak dari awal bahwa seluruh kendaraan tambang pasir harus melewati jalan khusus, yang telah dibuat bersama oleh para penambang, bukan malah lewat jalan umum” ujar Cak Thoriq, sapaan akrab Bupati Lumajang.
Bupati Lumajang Cekcok dengan Pengusaha Truk Pasir Saat Sidak Jembatan Rusak
Beruntung saat cekcok terjadi, polisi segera mengamankan pengusaha armada pasir tersebut sehingga tidak terjadi hal-hal tidak diinginkan.

Dalam sidak tersebut, Pemerintah setempat sempat mengecek jembatan yang rusak dan menghitung berapa biaya yang dibutuhkan untuk membangun kembali jembatan.
“Tadi sudah saya tanyakan ke PU, biaya sekitar 1 Miliar lebih, karena kami harus bangun konstruksi baru, tidak mungkin menggunakan konstruksi yang sekarang ini (yang sudah rusak)” lanjut Cak Thoriq.

Untuk sementara waktu, armada truk tambang pasir masih diperbolehkan melintas jalan tersebut agar tidak terjadi pengularan kendaraan di jalan.

Bupati akan memutuskan apakah jalan tersebut ditutup atau tidak bagi armada pasir, setelah Bupati beserta TNI dan Polri memantau jalan tambang, yang dilaporkan rusak oleh para penambang. 


https://www.kompas.tv/article/91533/...embatan-rusak


Diubah oleh LordFaries3.0
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bringsik100 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Bupati Lumajang Cekcok dengan Pengusaha Truk Pasir Saat Sidak Jembatan Rusak
06-07-2020 19:32
Gak yakin itu pengusaha truk, paling ormas disekitar
0 0
0
profile picture
kaskus addict
06-07-2020 21:01
biasanya sih pengusaha truk dan yang punya tambang pasir masih sodara atau teman dekat kepala desa, jadi ya gak heran mereka berani lawan bupati.
1
Memuat data ...
1 - 1 dari 1 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia