News
Batal
KATEGORI
link has been copied
195
Lapor Hansip
08-06-2020 12:44

Tentukan Sikap Kalian, Setuju Atau Gak Setuju Soal Polemik Ganjil Genap untuk Motor?

Tentukan Sikap Kalian, Setuju Atau Gak Setuju Soal Polemik Ganjil Genap untuk Motor?


Gegara virus corona, urusannya makin panjang lebar sampe kemana-mana. Sekarang ini muncul lagi polemik yang merupakan efek samping dari pandemi virus corona tentang kebijakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang mengatur pengendalian arus keluar masuk moda transportasi dengan sistem ganjil genap dalam rangka menyongsong penerapan masa PSBB transisi. Salah satu yang menjadi perdebatan bagi masyarakat adalah karena kendaraan jenis sepeda motor juga termasuk kedalam salah satu moda transportasi yang diatur.

Untuk lebih jelasnya berikut bunyi aturan yang tertuang dalam Pasal 17 Bab VI Pergub yang diteken oleh Gubernur Anies Baswedan:

“Pengendalian moda transportasi sesuai dengan tahapan masa transisi kendaraan bermotor pribadi berupa sepeda motor dan mobil beroperasi dengan prinsip ganjil genap pada kawasan pengendalian lalu lintas,”


Gak cuma sampai disitu aja, di Pasal 18 juga semakin dipertegas penjelasannya yang menyebut kalay kendaraan roda dua maupun roda empat dengan pelat genap hanya boleh melintas di ruas jalan di DKI Jakarta pada tanggal genap. Begitu pun sebaliknya.

Tentukan Sikap Kalian, Setuju Atau Gak Setuju Soal Polemik Ganjil Genap untuk Motor?



KONTRA
Melihat kebijakan tersebut, tentunya reaksi masyarakat pun beragam. Sebagian pengendara motor yang rutin beraktivitas ataupun bekerja di wilayah DKI Jakarta merasa keberatan dengan adanya kebijakan ini. Mereka merasa pengendara sepeda motor tidak perlu dicurigai secara berlebihan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus corona asalkan sudah memakai atribut kendaraan yang sesuai dengan protokol kesehatan.

Selain itu masyarakat yang kontra dengan kebijakan ganjil genap terhadap sepeda motor ini pun juga merasa semakin khawatir jika nantinya harus menggunakan kendaraan umum agar tetap bisa berangkat kerja ke wilayah DKI Jakarta. Tentunya dengan pembatasan ini juga akan sangat berpotensi terhadap jumlah penumpang moda transportasi umum selama masa PSBB transisi.

Apalagi masih banyak juga beberapa kawasan di DKI Jakarta yang tidak memiliki akses moda transportasi umum yang cukup memadai untuk mengantarkan para pekerja ke tempatnya bekerja.

Tentukan Sikap Kalian, Setuju Atau Gak Setuju Soal Polemik Ganjil Genap untuk Motor?



PRO
Tapi tidak semuanya kontra dengan kebijakan ini. Di sisi lain juga masih ada sebagian masyarakat yang pro dengan aturan ganjil genap yang diberlakukan untuk sepeda motor.

Salah satu alasan masyarakat yang pro dengan kebijakan ini adalah karena aturan tersebut merupakan hal yang mau tidak mau harus diterapkan selama masa pandemi virus corona. Dalam menghentikan penyebaran virus, pastinya akan selalu ada pihak yang dirugikan, dan itu sudah menjadi semacam konsekuensi yang sangatlah realistis.

Apalagi arus transportasi berjenis sepeda motor yang masuk dan keluar di wilayah DKI Jakarta jumlahnya sangat banyak. Dengan adanya pembatasan melalui sistem ganjil genap, diharapkan dapat membuat jumlah kerumunan sepeda motor bisa ditekan hingga setengahnya saja. Soalnya udah gak heran kan pasti dengan kemacetan di DKI Jakarta yang kerapkali memperlihatkan jarak antara sepeda motor sangatlah berdekatan? Dengan adanya kebijakan ini masyarakat yang pro berharap upaya physical distancing saat berkendara bisa tetap terjaga.

Tentukan Sikap Kalian, Setuju Atau Gak Setuju Soal Polemik Ganjil Genap untuk Motor?



CATATAN
Jika kebijakan ganjil genap terhadap sepeda motor sudah bersifat final dan tidak ada revisi, diharapkan Pemprov DKI Jakarta harus mengoptimalkan moda transportasi umum agar tetap memperhatikan secara serius physical distancing antar penumpang di dalam kendaraan. Mungkin bisa dengan cara menambahkan armada kendaraan serta memperluas rute perjalanan untuk memudahkan akses masyarakat yang bertujuan ke kantornya.

Namun jika kebijakan ganjil genap sepeda motor ini direvisi, Pemprov DKI Jakarta nampaknya harus menerjunkan lebih banyak lagi jumlah aparat yang berjaga di berbagai ruas jalan di sekitaran wilayah DKI Jakarta. Dengan catatan harus memastikan arus lalu lintas berjalan lancar dan meminimalisir potensi kemacetan yang dapat menyebabkan kerumunan kendaraan. Honestly, nampaknya pada bagian ini agak sulit jika berbicara tentang arus lalu lintas di DKI Jakarta.

Tentukan Sikap Kalian, Setuju Atau Gak Setuju Soal Polemik Ganjil Genap untuk Motor?



So, kalian berada di pihak yang mana nih Gan?
Setuju atau tidak setuju dengan penerapan aturan ganjil genap terhadap sepeda motor?
emoticon-Angkat Beer


Quote:Referensi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Artikel.Terunik dan 35 lainnya memberi reputasi
34
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Tentukan Sikap Kalian, Setuju Atau Gak Setuju Soal Polemik Ganjil Genap untuk Motor?
08-06-2020 18:41
gue sih ga peduli. toh ada motor 2 dan plat nya ganjil sama genap. hoho
0 0
0
profile picture
kaskus geek
08-06-2020 18:56
enaaakk niihh kalo ada 2 motor plat ganjil genap.. tetep bisa bawa motor everyday ahahahah
0
profile picture
kaskus addict
08-06-2020 19:27
yah. sista tau sendiri kebanyakan oramg itu 1 rumah punya 2 motor/bahkan lebih. jadi yaaaa, menurut ane ganjil-genap buat roda 2 itu ga efektif emoticon-Big Grin
0
profile picture
kaskus geek
09-06-2020 07:40
@ario.bagaskoro wkwkwk iya juga sih.. yang kasian sih kalo yang udah motornya lebih dari satu tapi genap semua atau enggak ganjil semua. apes deh tuh
0
Memuat data ...
1 - 3 dari 3 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
KASKUSER BERTANYA, KASKUSER MENJAWAB
kaskuser-bertanya-kaskuser-menjawab
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia