Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

TimeRiderAvatar border
TS
TimeRider
Refund Penuh Tokopedia Disertai Ongkir Atau Tidak?
Selamat malam agan2 sekalian.
Ane igin menanyakan pengalaman-pengalaman dari agan sekalian barangkali ada yang tahu jawabannya.

Pertanyaan simplenya adalah: Bila transaksi di tokopedia dibatalkan karena barang salah kirim dengan posisi barang sudah diterima pembeli, apakah dana yang dikembalikan pembeli hanya sebesar harga barang, atau juga disertai ongkir?


Kronologinya seperti ini:
1. Ane beli barang A seharga 10.000, ongkirnya 20.000. (harga ane bulatin biar simple, intinya ongkir kena dua kali lipat harga barang gan)

2. Barang diterima ane langsung, ternyata tidak sesuai deskripsi

3. Ane bikin komplain 'Penggantian Barang' di tokopedia, kemudian disetujui oleh tokopedia.

4. Pihak tokopedia memberikan waktu pada penjual untuk memberikan alamat pengembalian dalam 24 jam. Jika tidak, maka dana akan dikembalilan ke pembeli sebesar 30.000 (10.000+20.000)

5. Penjual mengatakan barang yang sesuai deskripsi sudah tidak tersedia. Dan mengatakan tidak perlu mengembalikan barang, anggap saja sebagai amal, daripada ribet sana sini.

6. Dari percakapan tersebut, tokopedia menyudahi komplain, tanpa menunggu 24 jam.

7. Nah, dana yang dikembalikan ke ane adalah 10.000. Hanya sebatas harga barang, tanpa ongkir. Berbeda dengan perkataan awal dari tokopedia sewaktu menyetujui komplain.

8. Ane mengubungi CS tokopedia melalui layanan bantuan. (Karena komplain sudah tertutup dan tidak bisa mengirim pesan melalui fitur komplain yg ane buat lagi)

9. Pihak tokopedia mengatakan dana ongkir tidak bisa dikembalikan ke pembeli karena sudah terpakai untuk pengiriman barang.

10. Pihak tokopedia mengatakan dana sudah diteruskan ke penjual. Karena penjual menggunakan fitur resi otomatis JnT.


Disini ane nggak mencoba menyalahkan pihak manapun atau mencari pembenaran. Hanya ingin mencari jawaban apakah memang seperti itu prosedur yang berlaku. Karena sejauh ane cari2, tokopedia hanya mengatakan akan merefund "dana penuh" apabila terjadi masalah transaksi, tanpa menjelaskan penuh yang dimaksud disini disertai biaya ongkir atau tidak.


Terima kasih atas jawaban dan pencerahan agan2 sekalian.
solusiprogram
solusiprogram memberi reputasi
1
750
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Tampilkan semua post
solusiprogramAvatar border
solusiprogram
#2
Kasihan juga nih TS sudah nulis rapi banget tapi tidak ada yang responemoticon-Smilie

Jawaban singkatnya menurut saya adalah "tergantung admin tokopedianya".
Pada prinsipnya memang ongkir tidak bisa direfund karena sudah terpakai di kurir. Tapi saya pernah sebagai penjual di tokopedia menerima keputusan tidak adil karena barang dinyatakan tidak bisa digunakan oleh pembeli padahal saya masih dalam proses mengajari pembeli cara menggunakan barang. Pembeli lalu mengembalikan barang lewat J&T COD (DFOD) namun saya tidak bersedia bayar ongkirnya sehingga barang balik lagi ke pembeli. Admin tokopedia lalu minta pembeli kirim ulang tanpa COD (pembeli bayar ongkir dulu) namun ongkir itu nanti juga akan direfund karena dana saya sebagai penjual sudah dihold oleh admin sebesar ongkir yang bahkan lebih mahal dari ongkir saat barang dikirim pertama dulu. Mengapa lebih mahal? Karena sepertinya pembeli sengaja membuat paket itu terkena hitungan volume, sehingga ongkirnya menjadi 3X lipat yaitu 135rb. Jadi ujung-ujungnya saya jualan bukan untung malah buntung.

Dari pengalaman saya, tokopedia cenderung lebih berpihak pada pembeli. Mungkin karena filosofi brandnya di mana "toko" adalah tempat membeli.
Beda dengan bukalapak, cenderung berpihak pada pelapak. Mungkin karena filosofi brandnya di mana "lapak" adalah tempat jualan.
0
Tutup
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.