Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Inilah sirkuit balap pertama indonesia sebelum adanya Sirkuit Sentul

GantenkzzAvatar border
TS
Gantenkzz
Inilah sirkuit balap pertama indonesia sebelum adanya Sirkuit Sentul
Inilah sirkuit balap pertama indonesia sebelum adanya Sirkuit Sentul
Sebelum adanya Sirkuit Internasional Sentul yang terletak di bogor, ternyata Indonesia memiliki sirkuit balap pertamanya yaitu Sirkuit Ancol . Sirkuit Ancol merupakan Sirkuit otomotif pertama di Indonesia, Sirkuit ini dibangun pada sekitar tahun 1970, lokasi Sirkuit ini di Ancol Jakarta Utara terletak di dalam arena rekreasi taman impian jaya Ancol.

Saat itu sponsor mengalir dari mana-mana, Astra dan PT Indocement menyumbang Rp 30 juta kepada, sedangkan Rp 120 juta sisanya ditanggung PT Pembangunan Jaya. lalu berhamburan sponsor lagi dari Pertamina, Honda, Yamaha, dan Suzuki.

Setelah Om Tinton suprapto dan teman-teman balap lainnya menyutujui menggunakan ancol sebagai lintasan balap, kemudian Gubernur Soeprapto mengirim desposisi kepada Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) yaitu Hutomo Mandala Putra atau yang biasa akrab dipanggil Tommy Soeharto. yang berisikan, boleh menggunakan Sirkuit Ancol sampai ada penggantinya.
Inilah sirkuit balap pertama indonesia sebelum adanya Sirkuit Sentul

Pengelola bukan pemilik. Maka, Ciputra tetap mengklaim kawasan itu sebagai haknya. Ia memang tak pernah berniat untuk melepas lahan itu. "Sirkuit itu cuma dipinjamkan. Jadi, hanya sementara saja sifatnya", ujar bos real estate itu. Menurut perhitungannya, setelah sepuluh tahun, kawasan itu tak lagi ideal sebagai arena balap. Setelah sepuluh tahun, Sirkuit itu dikepung oleh perumahan mewah milik Jaya Real Estate. Luas arena yang awalnya 40ha, mengecil menjadi 12ha. dan pemilik rumah dekat Sirkuit Ancol merasa terganggu karena Polusi asap kenalpot dan deru mesin balap yang mengoyak telinga warga pemukiman.

Inilah sirkuit balap pertama indonesia sebelum adanya Sirkuit Sentul

Ada hal menarik dari para penonton di Sirkuit Ancol saat balapan berlangsung, setiap hari sabtu semua penonton tidak ingin menonton dari tribun, tetapi malah nongkrong diatas mobil di sekeliling Sirkuit, sambil nungguin malem diterusin pacaran dipinggir pantai, karena letak sirkuit nya dekat dengan pantai.

Tidak hanya Prancis saja yang memiliki event balap ketahanan, Indonesia pun juga membuat event balap ketahanan yang bernama "STARKO ENDURANCE". bedanya kalau balap ketahanan di Prancis 24 jam sedangkan di Indonesia hanya 15 jam saja, saat itu om Tinton yang menggarap balap bersama Helmy Sungkar dari Trendypromo Mandira. Balap ini digelar di Sirkuit Ancol pada tahun 1991. kalau saja balap ketahanan ini diadakan lagi, kayak nya seru juga yaa hahaha.

Inilah sirkuit balap pertama indonesia sebelum adanya Sirkuit Sentul

Lama-kelamaan sarana di dalam arena sendiri banyak yang rusak, Barangkali satu-satunya yang masih mulus cuma lintasan aspal. Tiga tahun lalu, Ciputra berniat mengambil alih Sirkuit, tetapi Om Tinton sebagai pembalap yang punya jasa mengembangkan Sirkuit itu, menuntut ganti rugi. "Lho, petani penggarap saja dapat ganti rugi kalau tanahnya diambil, kenapa saya tidak," kata Om Tinton dengan nada tinggi.

Ikatan Motor Indonesia (IMI), pun memang sudah merencanakan membangun Sirkuit baru di daerah Sentul, Cibinong. yang saat ini dinamakan Sirkuit Internasional Sentul. Setelah Sirkuit Ancol diambil alih, Pada tahun 1993 Sirkuit Sentul pun resmi dibuka, dan semua Pembalap sekarang mengikuti ajang balap di Sirkuit Sentul.

Inilah sirkuit balap pertama indonesia sebelum adanya Sirkuit Sentul

Demikian sedikit cerita tentang sejarah Sirkuit Ancol

kalo bro & sist punya cerita dan informasi tentang Sirkuit Ancol, boleh di share yaa....
Beanszz
nona212
tien212700
tien212700 dan 188 lainnya memberi reputasi
185
9.7K
206
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.8KThread15.9KAnggota
Tampilkan semua post
kingoftkiAvatar border
kingoftki
#87
sebelom tinton, pengelola sirkuit ancol (sempat disebut sirkuit pertamina) adalah alm karsono (disitu berdiri puspita racing team, 1970). dibelakang karsono ada cv puspita (diambil dari nama depan anak perempuan dia, wita yg lahir 1966. adiknya moko) en java motors (dari dukungan JM , karsono mendapatkan mini cooper 1275gt yg masih ada ditgn moko, anak tertua alm)

mnrt alm ibnu sutowo , mustahil ada sirkuit itu tanpa dukungan pertamina (lokasi disamping kuburan tentara belanda itu tadinya dump area sejak jaman permina, ex konsesi royal Dutch shell). ' biaya bangun seharga 1 rolls royce, rp 60 juta' . gue inget omongan itu krn rekamannya ampe detik ini masih gue simpen (en abis itu gue di ganpar skali en diusir gara-gara gue tanya balik '60 juta' itu udah pakek nyatut apa belom'. besoknya dia telpon bos gue en minta gue balik terusin interview di hilton executive club en kirim supir+mobil u jemput gue tapi gue tolak baik-baik dgn alesan sibuk en sorenya dia nongol dikantor gue)

first overlay sirkuit itu tanggal 13 april 1970. kalok mo foto-foto soft opening bisa minta pontjo sutowo (yg wkt itu mewakili pt radar motor, jln blora menteng). pembalap pertama yg nyoba sirkuit, alm van vreden (jl surabaya timur 42) yg juga geolog pertamina . dia dateng dgn 2 mobil : 1967 honda n800 race version en 1970 mg-b track version (punya JM), tommy mannoch ( lupa motornya apa); alm grashuis (bawa fiat500 dgn mesin mazda luce rotary), ir wardiman (mewakili ali sadikin) jauh sblm jadi menteri pendidikan (wardiman bawa vw beetle 2000 milik alm piola panggabean), karsono (m.c 1275gt), beng siswanto (bmw 2002 m, milik tjahaja sakti motor.)

udah dulu kebanyakan nulis . pasti pd bosen mbacanya.silahkan para ahli nerusin.
Sinkhole
Kuerangi
putrateratai.7
putrateratai.7 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
Tutup
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.