News
Batal
KATEGORI
link has been copied
70
Lapor Hansip
30-03-2020 06:33

Edan, Bank BUMN dan Swasta Tidak Gubris Perintah Jokowi: Tolak Penangguhan Cicilan

Perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan berbagai kemudahan kepada sejumlah sektor usaha dan masyarakat yang terkena dampak dari wabah virus corona (Covid-19) bakal sia-sia. Terutama, soal penangguhan cicilan untuk rakyat kecil.

Jokowi memberikan kemudahan setelah mendengar berbagai keluhan dari kalangan pelaku usaha, mulai dari pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), hingga tukang ojek dan supir taksi. Sebelumnya, pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga sudah memberikan kelonggaran kepada debitur perbankan.

"Keluhan yang saya dengar dari tukang ojek, supir taksi, yang sedang memiliki kredit motor atau mobil atau nelayan yang sedang memiliki kredit," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Bagi paran tukang ojek, sopir taksi, maupun nelayan yang saat ini memiliki cicilan kredit, Jokowi mengatakan, diputuskan bahwa pembayaran bunga atau angsuran akan diberikan kelonggaran selama 1 tahun ke depan.

"Sampaikan ke mereka tidak perlu khawatir karena pembayaran bunga atau angsuran diberikan kelonggaran selama 1 tahun," kata Jokowi.

Ironisnya, perintah Jokowi itu hanya dianggap angin lalu bankir BUMN, swasta dan lembaga pembiayaan. Berdalih belum siap, mereka menolak menerapkan peringah Presiden soal penangguhan cicilan kredit.

Berdasarkan surat pernyataan yang diterima oleh berbagai nasabah, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menyatakan bahwa pihaknya belum menerima informasi terkait arahan Presiden tersebut.

“Bank BTN untuk saat ini belum ada informasi terkait penangguhan angsuran, jadi dihimbau bagi nasabah yang memiliki kewajiban pembayaran angsuran di Bank BTN, dibayar tetap seperti biasanya,” tulis surat pernyataan BTN yang beredar di nasabah dan diterima oleh bizlaw.id di Jakarta, Kamis (26/3/2020).

Sekretaris Perusahaan BTN Ari Kurniawan seperti diberitakan infobanknews menyebutkan bahwa produk surat pernyataan tersebut bukan berasal dari kantor pusat.

Tak hanya itu, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) juga terlihat belum menjalankan imbauan tersebut secara luas dengan beredarnya surat pernyataan kepada nasabah bahwa BRI belum menerima informasi khusus mengenai penanggugan kredit tersebut. Meskipun begitu, sebelumnya kantor pusat telah menyiapkan skema dalam relaksasi kredit UMKM.

“BRI menyambut baik kebijakan relaksasi stimulus perekonomian yang di keluarkan oleh OJK pada hari Kamis (19/03). Sebagai tindak lanjut, BRI sudah menyiapkan beberapa mekanisme khusus, seperti relaksasi restrukturisasi dan relaksasi kebijakan kredit terdampak wabah covid-19,” tulis keterangan resmi BRI (24/3).

Ekonom dan juga bankir senior Sigit Pramono menilai, kebijakan penghapusan dan atau keringanan pajak, restrukturisasi kredit secara masif sangat dibutuhkan untuk menyelamatkan sektor riil. Presiden, Menkeu, Ketua OJK sudah pernah menyampaikan kebijakan-kebijakan tersebut, tetapi menurut Sigit juklak dan juknis belum ada.

“Bank-bank juga belum siap menerapkan. Padahal jika sektor riil diibaratkan orang yang sedang tenggelam, air sudah setinggi dagu,” tukas Sigit.

Oleh karena itu kepedulian semua pihak untuk bergandeng tangan menanggulangi dampak dari penyebaran virus corona sangat diperlukan untuk memitigasi pelemahan ekonomi yang mungkin saja dapat terjadi.

https://m.bizlaw.id/read/20097/Edan-...-Kredit-Corona

Siapa sing edan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Edan, Bank BUMN dan Swasta Tidak Gubris Perintah Jokowi: Tolak Penangguhan Cicilan
30-03-2020 06:39
Yg edan itu yg milih 2x kemarin, keledai aja gk jatuh dilubang yg sama emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
geforce9800gtx dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
profile picture
Auto Banned
30-03-2020 15:08
jadi, maksudmu kemaren mau pilih si Wowo? yang cuma setingkat mentrinya JOkowi? emoticon-Big Grin

Jokowi itu jelas gak bisa diandalkan selain dari masalah infrastruktur, tapi Prabowo ngalahin Jokowi saja gak mampu .. malah sekarnag dibawah keteknya Jokowi emoticon-Big Grin

Ya udah benar milih jokowi karena cuma itu pilihan yang paling baik saat itu.
0
profile picture
kaskus addict
30-03-2020 15:42
@Jizyah101 yg tau doi akhirny jadi mentri juga siapa emoticon-Ngakak
Milih wakil aja disetir2, ente milih doi apa milih partaikny doi yg jadi pemimpin dimari?
Tapi ya suka2 ente aja berpendapat daripada bikin ribut, ntar quote2an caper lagi ah
0
profile picture
Auto Banned
30-03-2020 16:41
@FS9HELL lah harusnya kau lebih malu karena junjuganmu, setelah semua kebutukan jokowi yang kau katakan itu .. si junjunganmu yang kau pilih, malah mau jadi jongosnya presiden yang milih wakilnya aja disetir2.
0
profile picture
kaskus addict
30-03-2020 17:29
@Jizyah101 mau dipilih jadi mentri itu hal yg memalukan apa gmn? Apa doi ngemis2 minta jadi mentri? Lagi figur bukan alasan utama gua dalam memilih, latar belakang orang2 dibelakang figur tsb punya pengaruh lebih besar daripada figur tsb sendiri,
Oke andai hal tsb memalukan, trs hal yg bikin elu bangga sama doi ada?
Apa cuma ngejadiin lawan politik jadi babu itu membanggakan?
Gk bisa gitu membanggakan ekonomi meroket? Bumnny sehat, gk ngeklaim merugi trs?
Trs ini masalah covid, ada tindakan nyata gk? Kok gua ngeliatny kayak berharap keadaan membaik dgn sendirinya?
0
profile picture
Auto Banned
31-03-2020 18:17
@FS9HELL gw gak perduli apakah beliau mengemis2 minta dipilih jadi menteri .. tapi dengan mau menerima jadi menteri seorang presiden yagn kau anggap jongos partai .. jongos Mega .. berarti si Prabowo sudah meletakkan dirinya sendiri lebih rendah dari sang jongos partai.

btw, kau lupa, bahwa dulu Mega dan Prabowo pernah berpasangan jadi capres dan cawapres ? dan kalah? berarti dulu Prabowo cuma dibawah Mega .. dan sekarang? Jokwoi dibawah Mega dan Prabowo dibawah Jokowi... berarti posisi Prabowo sudah jauh terdegradasi dibandingkan dengan dulu ..

si jokowi itu gobloknya punya slogan Poros Maritim tapi yang dipercaya justru jendral AD kayak junjunganmu itu emoticon-Big Grin .. sudah jelas AD itu gagal total .. selama 32 tahun orang2 AD lah yagn menghancurkan negara ini..

dan terbukti, apa bisanya si Prabowo? bahkan sekarnag dia jadi Mentri Pertahanan, apa yagn dia lakukan? emoticon-Big Grin gak ada emoticon-Big Grin bahkan menyelesaikan jual beli Sukhoi 35 dengan Rusia aja dia gak mampu .. dan bahkan lebih jauh dari itu .. dia gak mau shift dari sulitnya membeli heavy fighter ke light fighter .. padahal jika saja dia punya ide untuk mengalihkan pembelian heavy fighter kayak Sukhoi yang sulit direalisasikan ke light fighter, berapa banyak light fighter yang akan kita punya ? emoticon-Big Grin si Prabowo otaknya gak sampe kesana emoticon-Big Grin

gak usah kau campur pembahasan dengan covid .. kita bahas saja si Jokowi dan Prabowo .. biar gw buka betapa gobloknya jokowi dan iditonya prabowo emoticon-Big Grin
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia