News
Batal
KATEGORI
link has been copied
199
Lapor Hansip
28-03-2020 18:08

Jubir Pemerintah Sebut Si Kaya dan Si Miskin, Warganet: Saya Tersinggung


Jubir Pemerintah Sebut Si Kaya dan Si Miskin, Warganet: Saya Tersinggung

Quote:Juru Bicara Pemerintah untuk Penangananan Covid-19 Achmad Yurianto dianggap melontarkan kalimat kontroversial ketika memberikan keterangan pers soal perkembangan kasus corona di Indonesia. Dalam pernyataan itu, ia meminta orang kaya untuk melindungi orang miskin.

"Yang kaya melindungi yang miskin agar bisa hidup dengan wajar, dan yang miskin melindungi yang kaya agar tidak menularkan penyakitnya. Ini menjadi kerja sama yang penting," kata Achmad Yurianto seperti yang dilansir dari tayangan Kompas TV pada menit ke 22:40, Jumat (27/3/2020).

Pernyataan tersebut menimbulkan beragam respons dan protes dari warganet.

Yurianto dianggap telah mendiskriminasi warga kurang mampu sebagai pembawa penyakit.


Quote:Akun Twitter @borderrakyat mengunggah ulang potongan video pernyataan Ahmad Yurianto tersebut dengan membubuhkan keterangan, "Sudah ditelantarkan oleh negara. Orang miskin juga dituduh sebagai pembawa penyakit."

Ada pula warganet yang kesal dengan penggunaan label yang menandakan kondisi ekonomi masyarakat.

"Si miskin melindungi si kaya agar tidak menularkan penyakitnya, agar tidak menularkan penyakitnya? agar tidak menularkan penyakitny?? si miskin si kaya haduh bendi banget label ini," tulis @mitanilam.

Sementara itu, @hendralm berusaha mengingatkan kembali tentang pasien pertama covid-19 di Indonesia bukan lah dari kalangan miskin.

"Pak, kasus positif corona yang pertama di Indonesia itu bukan orang miskin loh. Saya kira yang bawa virus corona ini ke Indonesia pun bukan orang miskin karena orang miskin enggak sanggup buat jalan-jalan ke luar negeri," tulisnya.

Warganet bernama @muthiasf bahkan secara blak-blak mengaku tersinggung dengan pernyataan tersebut.

"Sebagai orang miskin, gue amat tersinggung. Menularkan penyakitnya??? Ngomongin virus aja pakai diskriminasi," ungkapnya kesal.

https://www.suara.com/news/2020/03/2...ya-tersinggung



Komentar TS:

Waduh Pak, mungkin Bapak lelah..

Semoga ke depannya lebih bijak dalam pemilihan diksi supaya tidak ambigu dan tidak menyinggung ya, Pak. emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 18 lainnya memberi reputasi
19
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Jubir Pemerintah Sebut Si Kaya dan Si Miskin, Warganet: Saya Tersinggung
28-03-2020 18:17
Tidak semua orang pinter bicara dan tepat olah kata
Tapi ane ngerti sih inti dan maksud kata2 beliau

Namany netizen itu gak beda ma setan, paling segalanya, anggap sebagai pecut prestasi saja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 15 lainnya memberi reputasi
13 3
10
profile picture
kaskus addict
28-03-2020 18:29
Coba diterangkan intinya apa
0
profile picture
kaskus geek
28-03-2020 18:32
@gilasusah intinya semua kalangan dan kelompok tak terkecuali utk ikut berkontribusi bersama2... lakukan apa yg bisa dia perbuat agar wabah tidak meluas dan lakukan apapun yg bisa dilakukan dari individu ataupun kelompok utk menanggulangi wabah ini agar cepat berlalu
4
profile picture
kaskus addict
28-03-2020 22:07
Ini jubir om. Kalau tidak pintar bicara dan tidak tepat olah kata, kenapa dijadiin jubir.
0
profile picture
kaskus geek
28-03-2020 22:15
@thekingisme ane jg pengen ini jubir ditatar lagi atau diganti, tapi budaya kita kayaknya gak sopan ya... Jadi kita saja lah yg ngalah... Ibarat kita kerja tim, ada anggota yg salah kita gk usah ribut2 malah bikin suasana gak enak, kita fokus saja ke info utamanya saja
1
profile picture
kaskus maniac
29-03-2020 09:56
coba ente googling, "juru bicara" itu apa, kualifikasinya kudu gimana

ane curiga ini orang dipilih jadi jubir bukan karena kompetensinya, tapi gara2 kalah hompimpa alaihum gambreng
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0
profile picture
kaskus geek
29-03-2020 10:01
@kureno23q mangkanya kalo bakat juru bicara dan olah kata jangan obsesi jd pemimpin... emoticon-Big Grin
0
profile picture
kaskus maniac
29-03-2020 10:04
@xrm ada bakat yg tertukar rupanya
emoticon-Leh Uga
0
profile picture
kaskus holic
30-03-2020 18:50
maslahnya beliau ini bukan Orang Pinter tp Jubir. mohon bedakan
0
profile picture
kaskus geek
30-03-2020 19:31
@captain.hyo kalo ada yg gak pinter, kita jangan ikutan gak pinter donk,,, apalagi emosian... Bertindak berdasarkan emosi apalagi kedengkian...Bijak lah bersikap
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia