News
Batal
KATEGORI
link has been copied
172
Lapor Hansip
28-03-2020 11:33

Fatwa MUI: Umat Islam yang Meninggal karena Corona Mati Syahid

Quote:Majelis Ulama Indonesia (MUI) memfatwakan bahwa umat Islam yang meninggal dunia akibat dijangkiti corona, sama saja mati syahid. Hal itu ditulis dalam fatwa terbaru MUI yang mengatur pedoman pengurusan jenazah Muslim yang terinfeksi COVID-19.

"Umat Islam yang wafat karena wabah COVID-19 dalam pandangan syara’ termasuk kategori syahid akhirat," dikutip dari fatwa bernomor 18 tahun 2020 pada Jumat, 27 Maret 2020.

Karena syahid akhirat, orang yang meninggal dunia karena corona itu mendapat pahala syahid layaknya Muslim yang wafat di medan perang. Hanya, hak-hak jenazahnya haruslah dipenuhi karena Muslim itu meninggal dunia akibat wabah.

"Hak-hak jenazahnya wajib dipenuhi, yaitu dimandikan, dikafani, dishalati, dan dikuburkan," dikutip dari fatwa.

MUI, juga merujuk Fatwa Nomor 14 Tahun 2020 angka 7 yang menetapkan bahwa jenazah Muslim yang meninggal dunia karena corona, harus diurus sesuai protokol yang ditetapkan ahli medis, dengan memerhatikan syariat. Fatwa ini sendiri, ditetapkan Jumat ini, serta ditandatangani Ketua Komisi Fatwa MUI Hasanuddin AF, serta Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh.

"Pengurusan jenazah (tajhiz al-jana’iz) yang terpapar Covid-19, terutama dalam memandikan dan mengafani harus dilakukan sesuai protokol medis, dan dilakukan oleh pihak yang berwenang, dengan tetap memperhatikan ketentuan syariat," dikutip dari fatwa.

Berikut tata cara lengkap pengurusan jenazah Muslim yang dijangkiti corona, merujuk fatwa MUI:

spoiler



SUMBER

fatwa yg luar biasa dari MUI
jadi, kalian masih tunggu apa lagi?
segera mudik dan "bersilaturahmi" ke rumah sanak saudara
bila terjangkit corona dan "beruntungnya" MATI
akan mendapatkan pahala syahid layaknya Muslim yang wafat di medan perang

eitssss, jgn lupa ramaikan masjid
ibadah tetap jalan, mati karena corona pun adalah mati syahid

emoticon-Belgia emoticon-Belgia emoticon-Belgia
Diubah oleh pasti2periode
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 21 lainnya memberi reputasi
14
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Fatwa MUI: Umat Islam yang Meninggal karena Corona Mati Syahid
28-03-2020 11:46


fatwa ini di peruntukan untuk yang mabok agama nya kuat,dengan fatwa ini, jasad keluarga yang meninggal karna korona di atur/di mandikan oleh medis...jadi keluarga ga usah bongkar2 body bag lagi,ga usah juga repot kebumikan..semua di atur oleh medis..

kalo kyk kemarin2 yang bongkar jasad dari body bag dan di cium2 lagi,bisa binasa ini indonesia..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rgenpeninsula dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
profile picture
kaskus maniac
28-03-2020 12:11
tetap saja salah
"orang yang meninggal dunia karena corona itu mendapat pahala syahid layaknya Muslim yang wafat di medan perang"

lah pahala di tentukan manusia atau tuhan?
jadi bisa main mainkan "pahala" supaya pada taat hukum?
jadi manusia sudah bisa menggantikan tuhan dalam memberikan pahala?


atau mau mengakui pada dasarnya
tuhan adalah imajinasi manusia?
emoticon-Big Grin
8
profile picture
kaskus addict
28-03-2020 13:41
@pasti2periodeanda mungkin tidak percaya Tuhan tapi kalo anda terlalu mempermasalahkan syahid atau nga ny seseorang mati karna covid,berarti anda salah satu yang mabok agama juga(agama yang tidak percaya adanya Tuhan)?

mereka yang meninggal dan masuk surga atau nga bukan urusan kita juga.....

apa yang MUI fatwakan adalah untuk mencegah penyebaran covid,mau mereka bilang mati karna covid = syahid, ya tidak ada rugi nya bagi landa juga,malah mungkin bisa menyelamatkan anda dan keluarga lu dari terjangkit corona.

MUI memang bukan Tuhan,tapi rata2 umat islam berpatokan dengan fatwa mereka,selagi mereka men-fatwakan yang baik2 dan untuk kepentingan bangsa indonesia kita harus mendukung.

bayangkan kalo mereka fatwakan korban covid harus tetap di mandiin keluarga sesuai ajaran islam...

jadi apa yang MUI fatwakan tidak ada rugi nya bagi semua orang..
0
profile picture
kaskus maniac
28-03-2020 13:58
@aingbau
kok post ini membuat saya "ngerasa" familiar ya

emoticon-Leh Uga

-----------------------------------------------------------------------------------
balik ke topik

loh
kan saya merasa ada kejanggalan

lantas klo merasa janggal dan ga boleh berpendapat?
berpendapat = mabuk agama?

"yg baik baik" menurut elu
tar klo fatwa ini membuat makin banyak orang berkumpul di masjid
karena sudah tidak takut corona
karena anggap itu syahid

apakah masih "baik"?

tidak ada rugi bagi semua orang?
hahaha

emoticon-Smilie
3
profile picture
kaskus addict
28-03-2020 14:03
@pasti2periode yang dari fatwa MUI itu kan yang ga sengaja kena covid,kalo dalam keadaan(wabah covid) masih ke mesjid kan sengaja ke jangkit = bunuh diri,hukum bunuh diri di islam ga tau gimana tapi yang jelas kan tidak bisa syahid lagi..

MUI juga ada himbauan jangan sholat ke mesjid kan..
0
profile picture
kaskus maniac
28-03-2020 14:06
@aingbau
tolong carikan 1 kalimat "tidak sengaja kena covid" di berita itu

yg ada adalah
umat Islam yang meninggal dunia akibat dijangkiti corona, sama saja mati syahid

emoticon-Smilie
2
profile picture
kaskus addict
28-03-2020 14:13
@pasti2periode bisa di asumsikan begitu(ga sengaja kena covid=mati syahid) kan karna yang sengaja kejangkit(sudah tau ga boleh kumpul2 masih sholat berjemaah) = bunuh diri kan...kalo sudah bunuh diri mana bisa syahid
0
profile picture
kaskus maniac
28-03-2020 14:26
@aingbau
asumsi di pakai
jika lom mengetahui faktanya

lah di berita sudah jelas kok seperti itu
lantas ngapain pakai asumsi?
pakai saja faktanya

jadi MUI salah atau benar dalam berita ini?

emoticon-Smilie
1
profile picture
PC Games Enthusiast
28-03-2020 15:43
@pasti2periode @aingbau Nggak usah pake asumsi gan. bicara faktanya aja. dan inti permasalahannya bukan disitu.

tau sendiri kan rakyat indo banyak yg miskin literasi? kalau untuk ente dan kaum intelek lainnya mungkin paham dengan maksud MUI tapi kalau yg nggak paham gimana? rakyat indo punya kebiasaan buat telan mentah2 suatu berita tanpa difilter atau dipahami maksudnya. hoax aja ditelan mentah2 kok apalagi yg beginian bersumber dari MUI pula. benar kata agan @pasti2periode. yang beginian bisa menimbulkan salah paham di kalangan mabok agama malah bikin mereka makin nekat ke mesjid karena udah dijamin mati syahid
0
profile picture
kaskus maniac
28-03-2020 19:17
@pasti2periode @aingbau emangnya artinya fatwa apa sih??? serius nanya
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia