Kaskus

Story

sinsin2806Avatar border
TS
sinsin2806
Catatan Seorang Hotelier
Catatan Seorang HotelierApakah ane sudah sah disebut sebagai seorang hotelier ? Walaupun ane baru 2 tahun berkecimpung di dunia perhotelan. Sah atau tidaknya ane rasa bukan masalah penting disini, yang penting di sini ane mau berbagi pengalaman selama ane kerja di hotel. Dengan tujuan apa? Supaya kalian, yang belum pernah terjun ke dunia perhotelan seengaknya jadi punya gambaran tentang crowded-nya dunia balik layar di hotel. Tapi cerita ini ga boleh dijadikan patokan ya! Dunia perhotelan itu sangat luas. Ane hanyalah staff back office dengan seklumit pengalaman, apalagi hotel tempat ane berkecimpung adalah hotel budget dengan SDM terbatas, jadi semua staf disana dituntut wajib multitasking. 

PROLOG

Kalian yang sekarang sedang belajar jurusan Perhotelan pasti lagi penasaran-penasaranya tentang gimana sih rasanya kerja di Hotel? Enak ga sih? Gajinya gede ga sih? Terus bener ga sih hotel tuh tempatnya orang mesum? Terus yang kerja disana semuanya mesum juga dong? Secara main di got, pasti ikut kena comberaan kan !

Lah ga gitu juga kali filosofinya !

Hotel memang identik dengan kemesuman, ga cuma hotel, diskotik, tempat karaoke acap kali di pandang sebagai tempat mesum, gudang nya "ena-ena" . Tapi ga berarti kita yang kerja didalemnya juga suka "ena-ena", karena balik lagi semua itu kan tergantung individunya mau kerja didunia gelap atau terang, kalo emang udah dari sononya "nakal" kerja ditempat begini ya bakal tambah liar. Tapi kalo yang kalem-kalem macem ane ya diambil sisi positifnya aja, jadi kita tau sisi gelap dan kehidupan liar kota Jakarta itu kaya gimana sih. Yang paling penting, pinter-pinter jaga diri aja. Betul ga ?


Ane dulu kerja di salah satu hotel bintang kecil di kota Jakarta dari Maret 2017, awalnya ane ikut psikotes dan interview di hotel ini cuma buat iseng-iseng aja, dapet ya syukur, ga dapet ya ga masalah toh ane waktu itu masih kerja jadi auditor di-KAP. Ga disangka, gaji yang ditawarin lebih gede ketimbang gaji ane di KAP, otomatis ane tergiur dong apalagi gaji yang ditawarkan belum termasuk service dan insentif lainnya. Singkat cerita masuklah ane ke hotel ini, jadi Accounting.

Awal kerja disini ane ga pernah mikir dunia perhotelan akan sejungkir balik ini. Ane pikir ya pasti sama lah kaya kerja di kantor-kantor biasa. Berangkat kerja jam 8 paggi pulang jam 5 sore, weekend libur. Ga ada yang istimewa. Tapi setelah terjun langsung ke tempat kerja, Wow ane baru tau sisi gelap kehidupan kota ternyata seperti ini. Selain itu hotel tempat ane kerja ternyata mempunyai history kelam yang berdampak sampai saat ini.

Hari pertama ane kerja, ya biasa lah pengenalan sana-sini, basa basi sana-sini, ngobrol sana-sini. Maklum ketika ane masuk posisi yang ane dudukin ini udah kosong selama 1 bulan karena staf yang dulu keluar tanpa notice. Jadi ga ada yang namanya handoverdokumen atau kerjaan. Ane hanya dapet arahan sedikit dari chief accounting pusat ane mengenai tugas apa yang harus ane kerjakan daily, weekly dan monthly nya.

Sementara ane masih belum ada kendala, setiap step ane lakuin pelan-pelan. Ane cari history datanya, terus ane sambung-sambungin. Oiya diruangan ane ini ada 5 orang yang stay didalemnya, diantaranya Pak Sam (Manager Operasional), Pak Setia (Manager Marketing), Ci Franda (Purchasing Hotel), Pak Wawan (Purchasing Resto) dan ane.

Siang itu, kebetulan ane ada di office sendirian, karena Pak Sam dan Pak Setia sedang meeting dikantor pusat, Pak Wawan selaku purchasing resto sedang mengecek beberapa stok di dapur, dan Ci Franda ada di gudang housekeeping di lantai 3. Wis pokoknya ane sendirian di office, sebenernya awal masuk ke office ane ngerasa hawanya aneh dan dingin. Cuma ane gamau berspekulasi apapun, ane baru disini, mungkin memang hawa office seperti ini karena ane ga liat ada jendela diruangan ini, dan sinar matahari juga ga bisa masuk ke office karena posisinya ada di dalem.

Tiba-tiba ada dering telepon masuk di meja tengah, ane gatau itu telepon untuk siapa dan dari siapa. Tapi karena diruangan itu cuma ada ane sendiri, ane inisiatif buat angkat telepon itu. Dan ternyata itu adalah telepon dari tamu.

Ane : "Halo selamat siang"

Tamu : "Halo siang, ini dari kamar 202, boleh minta bantuan?"

Ane : "Iya apa yang bisa saya bantu bu?"

Tamu : "Minta tolong ke kamar saya, cepetan ya mb jangan pake lama"

Ane : "Baik bu, saya akan segera kesana" 

Ane tau ini sama sekali bukan tugas ane, tapi ane bingung mau minta tolong ke siapa. Ane belum tau extension front desk ataupun department lain. Masa iya ane harus lari-lari dulu ke lobby buat nyari housekeeping, kelamaan dong pikir ane. Padahal tamunya minta cepet, yaudah ane nekatin aja buat meluncur langsung ke kamar si tamu tadi toh kamarnya deket ini masih satu lantai.

Ane ketok kamarya "tok-tok" masih belum ada jawaban, ane ketok lagi "tok-tok". Ane liat yang buka pintu cewek abis mandi. Jangan nanya kenapa ane tau dia abis mandi nih ! Secara rambut sama badannya masih basah, udah gitu pake anduknya aduh kok gitu banget dah (keluh ane dalam hati) engga dililitin ke badan, tapi cuma dipake seasal buat nutupin bagian-bagian tertentu aja gitu loh. Gila sih ini kalo yang dateng cowok, bisa copot bola matanya. Tamunya nyodorin uang lembaran merah selembar Rp. 100.000 ke ane, awalnya ane bingung. Tapi tetep ane terima, terus si tamunya bilang.

Tamu : "Mba tolong dong beli kondon xxxxxxx yang ada rasanya, cepetan ya mb!"

Seketika tamunya nutup pintu, ane belom sempet jawab apa-apa ini. Sumpah ane bingung banget, duit mau ane balikin tapi pintu udah ditutup, mau ane ketok lagi takut salah. Mau ane beliin, ya gila aja beli beginian malu dong. Mana ane juga gatau kondom yang ada rasanya model nya kek apa bentuknya kaya gimana, ane kan masih polos wkwk.

INDEX :

Part 2. Pendalaman Profesi
Part 3. Penglihatan Mrs. Jean
Part 4. Kasus 1
Part 5. Lanjutan Kasus 1
Part 6. Personel Baru "NADYA"
Part 7. Persahabatan VS Duit
Part 8. Persahabatan VS Duit (2)
Part 9. Si Centil Nadya
Part. 10. Rating Yang Hampir Berujung Maut
Part 11. Rating Yang Hampir Berujung Maut (2)
Part 12. Si Tukang Kesurupan Adit
Part 13. Anak Kecil Di Lantai 5
Part 14. Story Pak Wawan
Part 15. Adit
Part 16. Berak Di Hotel Sendiri
Part 17. Kasus Pertama Tio
Part 18. Dilema Pak Sam
Part 19. Adit dan Kamar 503
Part 20. Management Pusat (1)
Part 21. Management Pusat (2)
Part 22. Goodbye Pak Sam
Part 23. Insiden (1)
Part 24. Misteri Pelaku Insiden I
Part 25. Affair Nadya dan Dodi Maintenance
Part 26. Hari yang Super Crowded

Diubah oleh sinsin2806 06-05-2020 14:46
soioplayerAvatar border
yogasbAvatar border
ian.keselekAvatar border
ian.keselek dan 37 lainnya memberi reputasi
38
20.6K
135
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Stories from the Heart
Stories from the Heart
KASKUS Official
32.7KThread51.4KAnggota
Tampilkan semua post
sinsin2806Avatar border
TS
sinsin2806
#91
Part 21. Management Pusat (2)


Perselisihan dengan tim kreatif pusat bukan hanya karna program City Tour, banyak event lain seperti "event beauty class" yang sudah menyewa Professional MUA 2 orang, sudah menyiapkan souvenir serta lunch (makan siang) nyatanya tiket yang terjual hanya 20, itupun kebanyakan peserta adalah karyawan kantor pusat.

Pernah juga , diajukan proposal program live music dengan performer band indie lokal oleh tim kreatif. Yang awalnya digadang-gadang akan bisa menarik minat tamu untuk nongkrong di Bar dan mendongkrak omset Bar. Sejak awal pak Sam ga setuju diadain live music band, kenapa? ya jelas suara bisingnya pasti akan mengganggu tamu hotel. Kalo bar hotel seluas ballroom okelah mau diadain live music band ga ada masalah, suaranya bisa nyebar ke ruangan yang luas. Lah ini ruangan Bar aja cuma secuil ada kali 15*10 m mungkin, pkoknya luas bar ya cuma sekitar 2 x lipet kamar reguler. Sedangkan posisi bar ada di samping lobby dan lorong kamar lantai 1 ada dibelakang bar. Bar ga kedap suara juga loh. Kebayangkan seberapa bisingnya tamu dilobby dan dilantai 1 kan? padahal dari lantai 3 aja suaranya masih kedengeran. Akibatnya apa, baru seminggu diadain live music, banyak banget tamu longstay yang komplain karena berisik. Apalagi tamu yang bawa anak kecil.

Singkat cerita Pak Sam nyoba ngomongin masalah live music ini ke Pak Donny, beliau ga ada respon apa-apa, karena dia ngeliat dengan adanya program ini omset Bar naik. Iya emang naik, tapi cuma sekitar 7-8% dari omset sebelumnya. Ga signifikan banget kan, buat apa gitu? omset bar naik segitu, tapi omset hotel turun? sama aja boong dong.

Belum 1 bulan program ini jalan, ada rating jelek dan beberapa komen di OTA Booking.com yang intinya mereka komplain karena kondisi hotel yang terlalu bising bikin orang gabisa tidur. Secara live music nya sendiri emang mulai malem dari jam 7-23. Ya akhirnya management pusat mutusin, cuma ngabisin kontrak sama si band performernya aja satu bulan, abis itu program selese. Aneh ya , giliran ada komen sama rating jelek aja baru ditindak lanjutin, pas Pak Sam ngomong ga ada yang respon.

Masih banyak program/promo kecil-kecil lainnya dari tim kreatif yang gagal total, ga ada abisnya kalo nyeritain tim satu ini. jadi skip sampe sini aja.

Bukan cuma masalah sama tim kreatif yang bikin Pak Sam jengah, pak Donny selaku direktur juga kayak ngepepet posisi pak Sam terus. Padahal kepala di hotel kan Pak Sam dong, tapi dia ga pernah dikasih wewenang buat ambil keputusan, sekalinya pak Sam ambil keputusan, dianggepnya ya salah aja salah terus pokoknya. Ane sadar akan hal itu, makanya Pak Sam juga lebih milih kalo ada masalah internal hotel sebisa mungkin selesein sendiri, karna kalo udah nyampe management pusat, beh urusan kecil aja hebohnya setengah mati.

Masalah kebijakan loss and breakage (hilang dan kerusakan) juga , ane gondok banget sih masalah ini. Karna kami karyawan sehotel jadi korbannya. Hotel manapun pasti punya alokasi dana untuk loss and breakage, besarnya berapa tergantung kebijakan masing-masing management. Kalo dihotel ane alokasi dana-nya diambil dari service charge hotel. Jadi 91% service dibagikan rata ke karyawan, dan sisanya 9% dialokasikan untuk loss and breakage. Nah pengalokasian dana ini untuk apa sih sebenernya? sudah pasti untuk menggantikan barang-barang/property hotel yang rusak/hilang diluar tanggung jawab tamu. Contohnya : cap lampu kamar pecah, pas tamu checkout gaketahuan. Maka teorinya, pergantian cap lampu ini menggunakan alokasi dana loss and breakage. Kalo pas checkout cap lampu ketahuan pecah gimana? udah pasti jadi tanggungan tamu dong.

Prosedur pencairan dana loss and breakage ada, setiap tahun Pak Sam selalu berusaha nyairin dana ini untuk ngelengkapin barang-barang hotel. Form, foto, sampe bangke barangnya semua uda dikumpulin dan dilengkapin, dilakukan sesuai prosedur juga. Tapi saat pengajuan kepusat selalu ditolak, dengan berbagai macam alesan. Yang katanya nominalnya terlalu besar lah, saat ilang/pecah ga ada laporang langsung kepusat lah jd gabisa dicairin,yg ga valid lah, padahal lampiranya foto ada, form ada, kronologi ada, apa perlu semua barang pecah belah yang udah rusak digotong-gotong kekantor pusat gitu? Pengajuan belum pernah sampe ketangan owner, baru ditangan pak Donny uda dibalikin lagi pengajuanya.

Kalo barang-barang yang loss/ilang gamau ganti masih oke, karna ga ada bukti ilangnya kemana, bisa aja emang kelalaian karyawan. Tapi untuk yang break/pecah yang udah jelas ada bukti, ya sepatutnya dicairkan. Tapi management ane ga begitu, setelah melewati sekian kali penolakan ujung-ujungnya apa? Kerugian loss and breakage dibebankan sepenuhnya ke karyawan hotel. Apakah fair? terus selama ini dialokasikan dana loss and breakage untuk apa? Dibuat kebijakan pencairan loss and breakage untuk apa? kalau kerugian tetap dibebankan ke karyawan.

Ane tau beberapa anak-anak operasional ngegosipin Pak Sam dibelakang, mereka nge-judge Pak Sam gabisa fight ngelawan management pusat, sampe kerugian perusahaan aja harus karyawan yang nanggung, padahal gaji ga seberapa.

Ane dan semua penghuni office tau, Pak Sam bukanya gabisa fight, dia udah berusaha sebisa dia, sebaik mungkin. Tapi emang hasilnya ga maksimal, tolonglah dipahami.
nunuahmad
nunuahmad memberi reputasi
1
Ikuti KASKUS di
© 2025 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.