Kaskus

Story

sinsin2806Avatar border
TS
sinsin2806
Catatan Seorang Hotelier
Catatan Seorang HotelierApakah ane sudah sah disebut sebagai seorang hotelier ? Walaupun ane baru 2 tahun berkecimpung di dunia perhotelan. Sah atau tidaknya ane rasa bukan masalah penting disini, yang penting di sini ane mau berbagi pengalaman selama ane kerja di hotel. Dengan tujuan apa? Supaya kalian, yang belum pernah terjun ke dunia perhotelan seengaknya jadi punya gambaran tentang crowded-nya dunia balik layar di hotel. Tapi cerita ini ga boleh dijadikan patokan ya! Dunia perhotelan itu sangat luas. Ane hanyalah staff back office dengan seklumit pengalaman, apalagi hotel tempat ane berkecimpung adalah hotel budget dengan SDM terbatas, jadi semua staf disana dituntut wajib multitasking. 

PROLOG

Kalian yang sekarang sedang belajar jurusan Perhotelan pasti lagi penasaran-penasaranya tentang gimana sih rasanya kerja di Hotel? Enak ga sih? Gajinya gede ga sih? Terus bener ga sih hotel tuh tempatnya orang mesum? Terus yang kerja disana semuanya mesum juga dong? Secara main di got, pasti ikut kena comberaan kan !

Lah ga gitu juga kali filosofinya !

Hotel memang identik dengan kemesuman, ga cuma hotel, diskotik, tempat karaoke acap kali di pandang sebagai tempat mesum, gudang nya "ena-ena" . Tapi ga berarti kita yang kerja didalemnya juga suka "ena-ena", karena balik lagi semua itu kan tergantung individunya mau kerja didunia gelap atau terang, kalo emang udah dari sononya "nakal" kerja ditempat begini ya bakal tambah liar. Tapi kalo yang kalem-kalem macem ane ya diambil sisi positifnya aja, jadi kita tau sisi gelap dan kehidupan liar kota Jakarta itu kaya gimana sih. Yang paling penting, pinter-pinter jaga diri aja. Betul ga ?


Ane dulu kerja di salah satu hotel bintang kecil di kota Jakarta dari Maret 2017, awalnya ane ikut psikotes dan interview di hotel ini cuma buat iseng-iseng aja, dapet ya syukur, ga dapet ya ga masalah toh ane waktu itu masih kerja jadi auditor di-KAP. Ga disangka, gaji yang ditawarin lebih gede ketimbang gaji ane di KAP, otomatis ane tergiur dong apalagi gaji yang ditawarkan belum termasuk service dan insentif lainnya. Singkat cerita masuklah ane ke hotel ini, jadi Accounting.

Awal kerja disini ane ga pernah mikir dunia perhotelan akan sejungkir balik ini. Ane pikir ya pasti sama lah kaya kerja di kantor-kantor biasa. Berangkat kerja jam 8 paggi pulang jam 5 sore, weekend libur. Ga ada yang istimewa. Tapi setelah terjun langsung ke tempat kerja, Wow ane baru tau sisi gelap kehidupan kota ternyata seperti ini. Selain itu hotel tempat ane kerja ternyata mempunyai history kelam yang berdampak sampai saat ini.

Hari pertama ane kerja, ya biasa lah pengenalan sana-sini, basa basi sana-sini, ngobrol sana-sini. Maklum ketika ane masuk posisi yang ane dudukin ini udah kosong selama 1 bulan karena staf yang dulu keluar tanpa notice. Jadi ga ada yang namanya handoverdokumen atau kerjaan. Ane hanya dapet arahan sedikit dari chief accounting pusat ane mengenai tugas apa yang harus ane kerjakan daily, weekly dan monthly nya.

Sementara ane masih belum ada kendala, setiap step ane lakuin pelan-pelan. Ane cari history datanya, terus ane sambung-sambungin. Oiya diruangan ane ini ada 5 orang yang stay didalemnya, diantaranya Pak Sam (Manager Operasional), Pak Setia (Manager Marketing), Ci Franda (Purchasing Hotel), Pak Wawan (Purchasing Resto) dan ane.

Siang itu, kebetulan ane ada di office sendirian, karena Pak Sam dan Pak Setia sedang meeting dikantor pusat, Pak Wawan selaku purchasing resto sedang mengecek beberapa stok di dapur, dan Ci Franda ada di gudang housekeeping di lantai 3. Wis pokoknya ane sendirian di office, sebenernya awal masuk ke office ane ngerasa hawanya aneh dan dingin. Cuma ane gamau berspekulasi apapun, ane baru disini, mungkin memang hawa office seperti ini karena ane ga liat ada jendela diruangan ini, dan sinar matahari juga ga bisa masuk ke office karena posisinya ada di dalem.

Tiba-tiba ada dering telepon masuk di meja tengah, ane gatau itu telepon untuk siapa dan dari siapa. Tapi karena diruangan itu cuma ada ane sendiri, ane inisiatif buat angkat telepon itu. Dan ternyata itu adalah telepon dari tamu.

Ane : "Halo selamat siang"

Tamu : "Halo siang, ini dari kamar 202, boleh minta bantuan?"

Ane : "Iya apa yang bisa saya bantu bu?"

Tamu : "Minta tolong ke kamar saya, cepetan ya mb jangan pake lama"

Ane : "Baik bu, saya akan segera kesana" 

Ane tau ini sama sekali bukan tugas ane, tapi ane bingung mau minta tolong ke siapa. Ane belum tau extension front desk ataupun department lain. Masa iya ane harus lari-lari dulu ke lobby buat nyari housekeeping, kelamaan dong pikir ane. Padahal tamunya minta cepet, yaudah ane nekatin aja buat meluncur langsung ke kamar si tamu tadi toh kamarnya deket ini masih satu lantai.

Ane ketok kamarya "tok-tok" masih belum ada jawaban, ane ketok lagi "tok-tok". Ane liat yang buka pintu cewek abis mandi. Jangan nanya kenapa ane tau dia abis mandi nih ! Secara rambut sama badannya masih basah, udah gitu pake anduknya aduh kok gitu banget dah (keluh ane dalam hati) engga dililitin ke badan, tapi cuma dipake seasal buat nutupin bagian-bagian tertentu aja gitu loh. Gila sih ini kalo yang dateng cowok, bisa copot bola matanya. Tamunya nyodorin uang lembaran merah selembar Rp. 100.000 ke ane, awalnya ane bingung. Tapi tetep ane terima, terus si tamunya bilang.

Tamu : "Mba tolong dong beli kondon xxxxxxx yang ada rasanya, cepetan ya mb!"

Seketika tamunya nutup pintu, ane belom sempet jawab apa-apa ini. Sumpah ane bingung banget, duit mau ane balikin tapi pintu udah ditutup, mau ane ketok lagi takut salah. Mau ane beliin, ya gila aja beli beginian malu dong. Mana ane juga gatau kondom yang ada rasanya model nya kek apa bentuknya kaya gimana, ane kan masih polos wkwk.

INDEX :

Part 2. Pendalaman Profesi
Part 3. Penglihatan Mrs. Jean
Part 4. Kasus 1
Part 5. Lanjutan Kasus 1
Part 6. Personel Baru "NADYA"
Part 7. Persahabatan VS Duit
Part 8. Persahabatan VS Duit (2)
Part 9. Si Centil Nadya
Part. 10. Rating Yang Hampir Berujung Maut
Part 11. Rating Yang Hampir Berujung Maut (2)
Part 12. Si Tukang Kesurupan Adit
Part 13. Anak Kecil Di Lantai 5
Part 14. Story Pak Wawan
Part 15. Adit
Part 16. Berak Di Hotel Sendiri
Part 17. Kasus Pertama Tio
Part 18. Dilema Pak Sam
Part 19. Adit dan Kamar 503
Part 20. Management Pusat (1)
Part 21. Management Pusat (2)
Part 22. Goodbye Pak Sam
Part 23. Insiden (1)
Part 24. Misteri Pelaku Insiden I
Part 25. Affair Nadya dan Dodi Maintenance
Part 26. Hari yang Super Crowded

Diubah oleh sinsin2806 06-05-2020 14:46
soioplayerAvatar border
yogasbAvatar border
ian.keselekAvatar border
ian.keselek dan 37 lainnya memberi reputasi
38
20.6K
135
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Stories from the Heart
Stories from the Heart
KASKUS Official
32.7KThread51.4KAnggota
Tampilkan semua post
sinsin2806Avatar border
TS
sinsin2806
#90
Part 20. Management Pusat (1)

Ane belum pernah nyinggung susunan management sebelumya. Oke pengenalan dulu. Jadi, owner ane ini punya grup yang terdiri dari berbagai jenis bisnis. Bisnis terbesar owner ane yaitu dibidang multifinance, karna cabangnya sudah tersebar di kota-kota besar seluruh Indonesia. Untuk hotel, ini adalah bisnis hotel pertama yang dibangun sama owner, makanya baik sistem, sampe promo yg diadain dihotel sifat nya masih percobaan.

Untuk hotel jabatan direktur diduduki oleh Pak Donny. Tugas pak Donny apa? Selama ane kerja dihotel ane belum pernah liat Pak Donny dateng kehotel selayaknya direktur ngasih pengarahan kesana-kesini atau sekedar diskusi masalah hotel. Setau ane beliau kehotel ya cuma buat nginep dikamar, itu doang. Kalau dikantor pusat ya memang, beliau bertugas mengecek ulang semua pengajuan hotel. Untuk pengajuan yang udah lulus sensor, beliau yang mengajukan ke owner.

GM (General Manager) diduduki Pak Endra. Beliau adalah manager Keuangan di kantor pusat yang merangkap menjadi GM Hotel. Tentu jabatan GM hotel ini hanyalah status, karena beliau sama sekali tidak pernah ikut campur masalah hotel. Pak Endra ini sudah terkenal karna sifatnya yang kurang ramah dengan orang lain, sulit untuk berbaur. Ane pernah sekali ketemu Pak Endra di dalem lift kantor pusat, pas ane nyapa "Selamat pagi pak Endra" beliau cuma ngelirik ane sambil senyum tipis di bibir, buset ni orang sombong banget, batin ane. Padahal kita bareng di lift dari lantai 1 sampai lantai 7 kebayang kan canggungnya kayak apa. Ane bahkan pernah denger cerita dari Ci Franda, katanya Pak Endra pernah ngamuk ke security kantor pusat gegara mobilnya baret tapi gaketahuan siapa yang ngebaretin.

HM (Head Manager) tentu Pak Sam. Oke itulah jajaran management atas. Untuk department, di part awal ane cuma nyebutin yang stay di Office Hotel cuma ane (accounting), ci Franda (purchasing hotel + admin GA), Pak Wawan (Purchasing resto), Pak Setia (Marketing) terus apa ga ada department lain? kok karyawanya dikit amat? ga ada HRD ?recruitment? finance and treasury? PR ? Audit? Ada semuanya lengkap, semua department ada di kantor pusat, tapi mereka ini bukan department khusus hotel, mereka adalah department group yang menghandle semua urusan group termasuk hotel. Ane sendiri punya Chief Accounting di kantor pusat, atasan langsung ane bukan Pak Sam, tapi si chief accounting ini. Beliau sudah resign dan sampai sekarang belum ada penggantinya.

Ane tau selama ini Pak Sam ga pernah akur sama management pusat, begitu juga dengan Pak Setia (marketing). Awal Pak Setia sulit bekerja sama dengan management pusat karena beliau merasa tidak pernah dilibatkan untuk masalah pemasaran hotel, baik promo atau kegiatan apapun. Tapi ketika promo atau kegiatan tsb gagal atau mangkrak Pak Setia selalu dijadikan tumbal seolah-olah beliau ini tidak bisa menjalankan promo/ kegiatan yang sudah dibuat. Padahal nyatanya bukan karna tidak bisa menjalankan, ide promo/kegiatan tersebut yang memang tidak komersil.

Nah siapa sih pelopor promo/kegiatan ngawur ini? Jadi di kantor pusat ane kaya ada Tim Kreatif yang beranggotakan 5 orang, tugas mereka ini melakukan inovasi dibidang pemasaran untuk tujuan meningkatkan omset. Program terbaru yang mangkrak saat ane masuk adalah, Program City Tour. Program ini sudah dibahas matang dikantor pusat oleh Tim Kreatif dan owner tentunya. Awalnya kami orang hotel sama sekali tidak tau akan diadakan program ini, sampai tiba-tiba ada security kantor pusat drop 2 kardus brosur untuk dibagikan ke tamu, dan besoknya datang cewek yang megaku sudah ttd kontrak sebagai tour guide untuk program City Tour. Pak Sam dan kami semua tentu bingung, ini kenapa ga ada satu orangpun yang konfirmasi ke hotel, seharusnya minimal libatkanlah Pak Sam jika ingin membuat program untuk hotel. Karena mau bagaimanapun orang yang paling tau tentang hotel kan Pak Sam.

Setelah lama ditunggu ga ada info apapun, akhirnya Pak Sam konfirmasi ke Pak Donny meminta penjelasan terkait program ini, dan galama datenglah mb Saga dia ketua tim kreatif. Dia ngejelasin panjang lebar mengenai program ini, jadi Program City Tour ini adalah program khusus untuk turis mancan negara, dimana dengan program baru ini kita bisa menyediakan fasilitas jalan-jalan ke berbagai tempat wisata di kota Jakarta, seperti Monas, Kota Tua, Tanah Abang, TMII dan beberapa tempat wisata lain, range harganya mulai dari 250k - 500k tergantung tempat yang dipilih. Brosur sudah dibuat, tour guide sudah di rekrut, mobil sudah disiapkan, supir juga standby.

Pak Sam ga serta merta nerima program ini, karena setelah semua brosur, mobil diantar kehotel Tim Kreatif seperti lepas tangan. Lho pak Sam tentu gamau lah bertanggung jawab kalo programnya gagal. Apalagi dari penilaian Pak Sam program ini ga cocok buat hotel kita, karna orientasi tamu hotel kita bukan turis mancan negara, ini hotel kecil macem hotel budget, kebanyakan tamu yang nginep disini adalah tamu daerah yang sedang perjalanan dinas kekota. Perjalanan dinas cuma 2-3 hari mana sempet city tour, ada lagi tamu yang booking hotel cuma buat ena-ena aja, mana mau jalan-jalan. Turis yang nginep dihotel ane bisa diitung pake jari per harinya plaing cuma 2/3 orang, dan kebanyakan dari mereka adalah backpaker yang nginep di Dormintory.

Nyatanya bener kan, udah jalan 2 bulan cuma ada 1 orang yang mau ikut City Tour. Dipanggilah Pak Setia dan Pak Sam untuk meeting dikantor pusat, management pusat tentu nyalahin Pak Setia dan Pak Sam karena gabisa menjalankan program, padahal semua kebutuhan untuk program tsb sudah didukung. Pak Sam tentu ga diem aja, dia berargumen kenapa bisa program hotel dibuat tanpa melibatkan orang hotel. Program untuk hotel seharusnya didiskusikan dengan orang hotel yang lebih tau dan paham kondisi hotel. Apa tim kreatif sudah melakukan riset sebelum membuat program? Apakah tim kreatif tau selama ini orientasi tamu kita itu siapa?

Nyatanya ini bukan perselisihan pertama antara Tim kreatif dan Pak Sam, banyak sekali program dan promo yang mangkrak dan merugikan hotel.

reza.ling
nunuahmad
nunuahmad dan reza.ling memberi reputasi
2
Ikuti KASKUS di
© 2025 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.