News
Batal
KATEGORI
link has been copied
36
Lapor Hansip
16-03-2020 09:46

Germany confirms that Trump tried to buy firm working on coronavirus vaccine

CureVac boss was at the White House last week to discuss its vaccines plans.

The Donald Trump administration offered "large sums of money" to get exclusive access to a coronavirus vaccine being developed by a German company, Die Welt reported Sunday.
According to the article, Trump was trying to get the Tübingen-based CureVac company — which also has sites in Frankfurt and Boston — to move its research wing to the United States and develop the vaccine "for the U.S. only."

A spokesperson for Germany's Health Ministry quoted in the article appeared to acknowledge the U.S. approach and said that Berlin was "very interested in ensuring that vaccines and active substances against the new coronavirus are also developed in Germany and Europe."
On Sunday afternoon, Germany's Health Ministry told Reuters that its spokesperson had been quoted correctly in the newspaper article, confirming that Washington had attempted to take over the biopharmaceutical company. Government sources indicated that Berlin was now offering CureVac financial incentives to remain in Germany.
German Interior Minister Horst Seehofer said at a press conference Sunday that he had heard about the CureVac reports and that it would be discussed at a crisis team meeting Monday.
Richard Grenell, the U.S. ambassador to Germany, said on Twitter that the Welt report was "wrong."
Last week CureVac CEO Daniel Menichella was among the pharmaceutical representatives invited to the White House to discuss coronavirus vaccine development with Trump, Vice President Mike Pence and members of the president's Coronavirus Task Force.
In a press release, the company said that Menichella had told U.S. officials about the vaccines it had in development, and revealed its hope to have an experimental vaccine ready by early summer.
The news prompted angry reactions from German politicians who demanded that Berlin do everything possible to prevent the U.S. from controlling access to an eventual coronavirus vaccine.
"The American regime has committed an extremely unfriendly act," said Social Democrat MP Karl Lauterbach, who said that German health workers on the front lines — as well as people around the world — needed to have access to something developed in Germany, and that no country should be able to purchase exclusive access to the vaccine.
"Capitalism has limits," he said.
____________________________________________________________________________________
source


Berita sejenis :
https://thehill.com/policy/internati...secure-rights
https://www.reuters.com/article/us-h...idUSKBN2120IV
https://www.nytimes.com/2020/03/15/w...-germany.html
https://www.vox.com/policy-and-polit...e-house-trump
https://www.ft.com/content/cf7ec42a-...-da70cff6e4d3
https://www.cnbc.com/2020/03/15/coro...-vaccine.html

Kelakuan Negara supa powaa....

emoticon-Hammer (S)
profile-picture
profile-picture
anasabila dan koi7 memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Germany confirms that Trump tried to buy firm working on coronavirus vaccine
16-03-2020 10:27
apa salahnya kalo mo beli
kalo nyolong ato minta gratis ato ngejiplak tanpa izin, nah itu laen lagi
emoticon-Toast
0 0
0
profile picture
kaskus maniac
16-03-2020 10:31
Bukan beli, lebih tepatnya diakuisisi untuk kepentingan sendiri.
Vaksinnya belum ada, sedang dikembangkan, tapi dari AS mau memonopoli perusahaan di Jerman untuk pindah base ke AS dan memproduksi vaksin khusus untuk AS (dalam arti bakalan dijual untuk profit ke negara lain)

Tanggal 3 Maret kemarin CEO CureVac bertemu dengan petinggi di Washington, akhirnya langsung kena pecat dan diambil alih sama foundernya sendiri.

Makanya di forum luar sana pada ngamuk semua, termasuk masyarakat AS sendiri.
0
profile picture
kaskus addict
16-03-2020 10:43
@Schivver tetep aja kaga nyolong ato maksa
jerman kaga mo jual ya udah
kalo nyolong, minta gratisan ato kalo vaksinnya udah jadi n dijiplak tanpa izin, boleh komplain
0
profile picture
kaskus maniac
16-03-2020 10:47
@ikyu828
Berarti menurut lu boleh dong ya kalo seandainya gw ketemuan sama semua pemilik pabrik/ importir masker seindonesia, gw bilang gw beli semua masker kalian harga lebih mahal, tapi jangan jual ke masyarakat.
Abis itu gw jual per lembarnya 50rb ke masyarakat, dan gak ada satupun yang bisa mendapatkan masker selain beli dari gw.
0
profile picture
kaskus addict
16-03-2020 10:50
@Schivvern rencananya trump emank ente tau semua apa gimana?
emank trump udah bilangin ente dia mo jual vaksin n obat corona dgn mahal kalo udah jadi
kalo ada buktinya bawa sini
0
profile picture
kaskus geek
16-03-2020 10:52
Doi cuma menduga tetapi emang ga begitu meleset karena potensi pfofit gedhe...emoticon-Ngacir
0
profile picture
kaskus maniac
16-03-2020 10:52
@ikyu828
Quote:Trump was trying to get the Tübingen-based CureVac company — which also has sites in Frankfurt and Boston — to move its research wing to the United States and develop the vaccine "for the U.S. only."
0
profile picture
kaskus addict
16-03-2020 10:53
@Schivver tetp aja kaga bilang kalo bakal jual vaksin n obat dgn harga berlipat
die mo prioritasin warga negaranya duluan ya kaga heran
mo pemilu gitu
0
profile picture
kaskus addict
16-03-2020 10:54
@wahrifson imo sih bukan pofit tapi lebih ke politik
incomenya amrik mah kaga bakaln nambah byk dari jualan obat n vaksin corona
0
profile picture
kaskus maniac
16-03-2020 10:57
@ikyu828
Perusahaan di Jerman mau dilobi buat keuntungan dia sendiri ?

Silakan dilihat, dibaca, dan dihayati sendiri, kenapa sampai semua orang ngamuk termasuk orang AS sendiri.
https://www.reddit.com/r/politics/co...d_to_buy_firm/
https://www.reddit.com/r/worldnews/c...pts_to_secure/

Itu perusahaan juga ada di Boston, tapi diminta agar pusat penelitian pindah ke AS.
Bahkan Jerman sampe bikin rapat khusus untuk membahas masalah ini hari ini.
0
profile picture
kaskus addict
16-03-2020 10:59
@Schivver emank buat kepentingan amrik
tapi ngga ada buktinya mo dijual berlipat harganya obat n vaksin corona
0
profile picture
kaskus maniac
16-03-2020 11:06
@ikyu828
Yak, memang bisa dibilang hanya spekulasi.
Tapi atas dasar apa lagi kalau mencoba untuk mengambil alih perusahaan di negara dengan "menyuap" ?
Sudah sangat tidak etis kalau di saat seperti ini mencoba untuk mengambil alih perusahaan di negara lain untuk kepentingan negara sendiri.
Yang pasti ini blunder terbesar dari Trump karena hampir seluruh dunia jadi marah atas kejadian ini.
0
profile picture
kaskus addict
16-03-2020 11:10
@Schivver n apa salahnya kalo presiden mau prioritasin wn-nya sendiri
kalo amrik nyolong ato jiplak hak patennya tanpa izin, ente mo maki2 terserah
n kalo ente mo maen fitnah pake alasan bakal dijual berlipat itu juga laen lagi

tapi kalo dia mo beli secara legal tanpa paksaan kenapa kaga boleh
0
profile picture
kaskus maniac
16-03-2020 11:15
@ikyu828
Legal juga ada batasannya. Disini bukan masalah legal atau ilegal, tapi etis atau tidak etis.

Jadi menurut lu kalo ada orang memonopoli masker sampai orang lain tidak menemukan tempat lain selain beli ke dia, secara hukum itu legal kan? Namanya bisnis.
Tapi apakah itu etis ?
0
profile picture
kaskus addict
16-03-2020 11:22
@Schivver n udah ada buktinya blon amrik bakal monopoli vaksin n obat corona
ente dari tadi bawanya konspirasi mulu tanpa bukti

so far yg trump bilang america 1st, prioritasin wn-nya sendiri
kalo amrik yg keluar duit besar2-an apa salahnya wn-nya yg diprioritasin duluan

kalo kaga mo diambil alih amrik ya udah negara2 lean invest aja besar2-an buat monopoli research vaksin n obat corona, ngga ada yg ngelarang

tapi kalo kaga ada ya jgn malah mewek ke negara yg emank beneran serius dlm nanganin corona
0
profile picture
kaskus maniac
16-03-2020 11:35
@ikyu828
That's the most bullshit thing I've ever heard.

Kalo emang elu serius dan mau keluar duit besar2an buat riset vaksin, maka lakukan di negara lu sendiri. Pakai orang-orang di negara lu sendiri. Atau lu buka lowongan untuk nyari orang yang kompeten, bukannya main asal nyaplok. Kenapa mesti nyuap perusahaan dari negara orang lain ?

Btw,
Quote:The company lists Dietmar Hopp (the SAP founder) and Bill and Melinda Gates foundation among its investors. They definitely don't need the money

Dari perusahaan tersebut juga jelas uda bilang, kalau vaksin yang mereka buat akan dipakai untuk kepentingan dunia (semua negara).

Sama sekali gak ada alasan yang logis untuk menyuap terus pindah pusat penelitian.
0
profile picture
kaskus addict
16-03-2020 11:42
@Schivver yg punya duit die
dunia olahraga aja nyomotin pemaen dari luar
kenapa kalo bidang iptek kaga boleh
kalo org jermannya emank lebih ahli nanganin corona kenapa kaga boleh diambil

n ada paksaan kaga, jerman nolak diancem mo dibom amrik kaga?

ente mo bilang bullshit terserah, so far tuduhan ente juga kaga ada bukti sama sekali
0
profile picture
kaskus maniac
16-03-2020 12:00
@ikyu828
Beda kasus woi.
Ini lagi krisis internasional.

https://www.curevac.com/news/curevac...ople-worldwide
Dari perusahaannya sendiri sudah bilang kalau vaksinnya akan bisa diakses oleh seluruh dunia.

Kenapa Trump mesti maksa mau suap buat pindah ke AS ?

Btw, gw uda males ngomong panjang lebar sama elu yang gak ngerti sama sekali masalah etika.

Pertanyaan terakhir dari gw.
Seandainya elu jadi orang tua, lagi sakit, dan satu2nya anak lu yang ngejaga elu diajak pacarnya untuk nikah dan tinggal sama dia dan ninggalin elu.
Secara hukum sah-sah aja kan ?
0
profile picture
kaskus addict
16-03-2020 12:08
@Schivver woiiiiiiiiiiiii
ente mo terus2-an ngomong konspirasi tanpa bukti ya sama aja omong kosong, sadar kaga

kalo ane sakit-an apalagi penyakit menular kaya corona
malah itu ide yg bagus
masa punya penyakit menular tanpa ada obat n vaksin mo ngajakin mati bareng2
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia